Cara Buat & Redirect Feed Blog ke FeedBurner

Artikel ini merupakan lanjutan menurut sekuel pertama mengenai Feed dan URL Feed Blogger. Blogger memiliki default feed platforms yg tentu saja masih mempunyai beberapa kekurangan. Sehingga diperlukan adanya service atau layanan lain yang bisa mengoptimalkan publikasi feed agar dapat dijangkau lebih luas & bisa dipandang pada banyak sekali macam tampilan platform. Artikel ini juga diposting sebagai respon atas permintaan sobat-sobat blogger yang pernah menanyakan tentang FeedBurner & masih belum memakai layanan FeedBurner

FeedBurner adalah layanan gratis yang disediakan sang Google untuk melakukan manajemen serta kontrol feed blog/web yg lebih maksimal . Ada banyak fitur yang memungkinkan kita melakukan kostumisasi feed, analisis feed, optimisasi feed, serta publikasi feed dengan tampilan setting yang mudah serta mempunyai banyak opsi. Ada pula layanan yang memudahkan pengunjung blog buat berlangganan konten blog melalui email hanya dengan beberapa langkah saja. Bahkan dengan FeedBurner, anda bisa menyisipkan Adsense for Feeds bila anda memiliki account Adsense dan ingin memonetasi feed. Dalam tutorial ini, saya secara singkat akan menerangkan bagaimana cara membuat Feed pada FeedBurner & meredirect feed Blogger ke FeedBurner .

Pada dasarnya, url Blog Berplatform Blogger merupakan seperti contoh berikut:
//mengenai-soal.blogspot.com/feeds/posts/default
atau
//mengenai-soal.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Setelah diredirect ke FeedBurner, url feed sebagai seperti model berikut:
//feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia 
//feeds.feedburner.com/bukarahasia

Cara Membuat Feed pada FeedBurner

1. Masuk Ke FeedBurner & login dengan Akun Google.
2. Masukkan url feed blog Blogger ke kolom "Burn a feed right this instant."
contoh: //mengenai-soal.blogspot.com/feeds/posts/default. Kemudian klik tombol "Next".
3. Jika feed dibaca dengan baik, maka feed akan terverifikasi. Secara otomatis, nama feed (title) akan diambil dari feed Blogger yang terbaca dan url FeedBurner pun akan terbuat secara otomatis. Lakukan kostumisasi nama feed & URL sinkron dengan yang diinginkan melalui dua kolom yg tersedia. Kemudian klik "Next" buat melanjutkan proses feed burning.
4. Setelah proses terselesaikan, akan terdapat konfirmasi bahwa feed telah berhasil dibentuk dan siap dipublikasikan. Kemudian akan anda tawaran buat menambahkan fitur feed stats atau fitur buat melihat perkembangan statistik feed. Klik "Next".
5. Selanjutnya, centang beberapa opsi penampilan statistik, yaitu clickthrough, seberapa poly orang melakukan klik ke link yang menuju blog menurut feed, serta item views (jumlah view feed, misalnya pasgeview blog), jumlah sindikasi, popularitas, serta reach. Khusus buat podcast blog, centang jua item enclosure downloads. Bagi blog biasa, tinggalkan bagian tersebut.
6. Feed blog pada feedburner telah berhasil dibuat. Kini anda tinggal menggunakan link feedburner blog buat melakukan redirect dan pula bisa dipasang dimanapun supaya pengunjung gampang menemukan.

Cara Redirect URL Feed Blog Ke FeedBurner

Langkah membuat feed burner belum selesai karena url feed blog default-nya belum diredirect/diarahkan ke feedburner. Artinya, nanti setelah feed diredirect, setiap anda atau pengunjung masuk ke halaman feed blog asli (//mengenai-soal.blogspot.com/feeds/posts/default) maka akan diredirect ke feed di FeedBurner (//feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia).
Coba ketikkan saja pada browser: //mengenai-soal.blogspot.com/feeds/posts/default dan enter buat lihat hasilnya.
1. Masuk ke Dashboard > Settings > Other (Dashboard Blogger Baru) atau Dashboard > Settings > Site Feed (Dashboard usang).
2. Masukkan url feed blog pada feedburner ke kolom Post Feed Redirect URL.
3. Klik "Save Settings" 

Sekarang menggunakan menggunakan layanan FeedBurner, feed blog anda telah memiliki fitur yang lebih lengkap yg memungkinkan anda buat melakukan aneka macam macam optimisasi serta pengayaan fungsi.

Pada kesempatan lain, saya akan post mengenai penggunaan aneka macam fitur feedburner baik mengenai optimisasi, analisis, publikasi, maupun monetisasi feed. So, keep on watching for the updates through TENTANG ILMU feedburner Subscription.

Have a nice Blogging :)

Tidak ada komentar untuk "Cara Buat & Redirect Feed Blog ke FeedBurner"