Cara Cerdas Merawat dan Mengembangkan Blog


Ada yg bilang merawat serta menyebarkan blog merupakan masalah yg nir mudah. Ini benar, khususnya apabila sobat ingin mengembangkan dan merawat blog yg diperlukan sebagai sukses. Ada jutaan blog pada global, tapi tidak poly yang bisa mencapai titik tertentu seperti yg dibutuhkan sang pemiliknya. Pada kesempatan posting ini, aku akan menyebarkan beberapa hal sejauh yang pernah saya bisa pada melakukan blog maintenance & development, baik pada blog ini maupun beberapa blog lain.

Saat ini, kita dapat dengan gampang membuat blog dan melakukan kegiatan blogging. Ada poly blogging platform yg ditawarkan di Internet, sebagian akbar perdeo. Semua orang bisa membuatnya menggunakan gampang tanpa wajib mengerti berbagai macam bahasa web dan software web. Bahkan anak SD pun bisa membuat dan menulis blog pada waktu lima mnt saja. Jika demikian, mengapa setiap blog tidak sama? Mengapa satu blog memiliki pelanggan yg banyak sedangkan blog lainnya sepi? Karena ada sisi lain yang berpengaruh dan bahkan menjadi penentu, namun kadang diabaikan. Mudah menciptakan blog? Iya! Tapi tidak mudah buat menemukan blog yang dibangun menggunakan originalitas, antusiasme, kreativitas, ketekunan, kesabaran, kedisiplinan, dan ketersediaan ketika.

Banyak orang yang membuat blog dan memulai blogging dengan semangat tinggi, namun pada perjalanannya mereka bosan, melupakan, serta bahkan kehilangan ketertarikan sama sekali. Hanya sedikit yg kemudian terus melanjutkan blogging, menuliskan konten, serta berbagi pada pelanggan maupun pengunjung. Adakah rahasianya? Apabila sobat tertarik, silahkan lanjutkan pada beberapa poin tips pada bawah. Apabila sobat mulai merasa bosan menggunakan sedikit "basa-basi" ini, silahkan ditinggalkan. :)

Blogging merupakan menulis

Ya, blogging itu menulis. Satu hal yang krusial merupakan menulis apa yg diketahui dan sangat disukai, atau bahkan digila-gilai. Jangan pernah menulis apa yg tidak dikuasai, apalagi tidak disukai. Banyak yang mulai ngeblog menggunakan memilih topik-topik yang mengundang ketertarikan banyak orang, namun kadang tidak diketahui atau disukai sang diri mereka sendiri.

Pastikan memilih topik yang membuat sobat tertarik dan tinggalkan topik-topik yg nir disukai, bahkan meskipun topik-topik tersebut mungkin dapat menarik banyak traffic. Mengapa? Lantaran apabila sobat menentukan topik yg disukai, sobat tidak akan pernah bosan serta berhenti menulis. Oleh karena itu, sangatlah krusial buat menulis sesuatu yg menciptakan sobat senang ketika menulisnya. Apabila sobat belum sebagai ahli atau menguasai topik yg disukai tadi, sediakan ketika untuk mempelajarinya terus menerus serta memperluas pengetahuan mengenai hal-hal yg berkaitan. Seseorang yg bahagia akan sesuatu pasti tidak akan bosan mempelajarinya, bukan?

Ketika menuliskan artikel/posting baru, pastikan kandungan isinya adalah hal yg baru, dikemas secara menarik, dan penuh pemikiran. Suatu artikel adalah kandungan fakta dan pengetahuan; keduanya selalu berkembang. Apabila sobat mengembangkannya, maka itu adalah nilai plus. Hindari menuliskan hal yg sama yg sudah ditulis sang blogger lain. Kembangkan apa yang telah mereka tulis, contohnya temuan-temuan baru pada suatu topik atau jadikan goresan pena-tulisan tersebut sebagai referensi buat menuju suatu ide baru. Inilah yang membedakan antara satu blog dengan blog lainnya. Ambil sudut pandang menurut sisi pengunjung. Seorang pengunjung blog niscaya mencari-cari sesuatu yang baru buat memuaskan keingintahuannya. Apabila beliau melihat sesuatu yang menarik serta tidak dia temukan di blog lain, dia niscaya akan menciptakan evaluasi spesifik, bahkan memutuskan buat berlangganan. Suatu ketika beliau berkunjung ke blog lain dan melihat isi blog tersebut sama  persis misalnya yang telah dia baca, dia niscaya jua akan menilai, "Ih, kok sama sih! Jiplak pastinya. Ga banget deh!". Meskipun hanya dalam hati, pengunjung sudah menilai serta membuat suatu keputusan. Ini yg kemudian menentukan suatu blog akan sebagai berkembang dan besar atau tidak.

Kreativitas tidak mampu dipisahkan dari blogging

Sebagaimana poly hal lainnya, kreativitas sangat penting buat membuat blog sukses. Setelah memuat suatu artikel dengan pandangan baru eksklusif, jangan tulis lagi hal yg sama kecuali menjadi sebuah pengembangan atau update/perubahan menurut topik sebelumnya. Kualitas lebih krusial menurut kuantitas. Jangan terfokus dalam jumlah posting, tapi perhatikanlah kualitas berdasarkan artikel yang hendak disajikan. Mengadaptasi pandangan baru atau artikel berdasarkan blogger lain tentunya bukan wangsit yang mengagumkan. Tahan diri bila memang tidak ada ide baru. Apabila sobat ingin pelanggan dan pembaca blog yang setia, cobalah buat menekankan kualitas serta originalitas pada setiap posting. Kreativitas itu unik, jadi buat blog sobat menjadi unik, baik pada desain maupun isi. Meskipun suatu blog memiliki topik atau niche sama, tapi beliau akan sebagai tidak sinkron jika dikemas menggunakan ide yg segar serta original. Desain unik nir berarti glamor, akan tetapi relatif memberikan ciri yang hanya dimiliki oleh blog sobat. Boleh saja blog lain kemudian meniru desain blog sobat, akan tetapi orang yang melihat mampu membedakan serta menilai.

Bagus juga buat memikirkan pembaca. Blog sama seperti catatan tentang apapun yg terjadi atau tersimpan di benak penulisnya. So, pikirkan kebutuhan pembaca. Pastikan melakukan update artikel baru meskipun hanya satu atau 2 minggu sekali. Untuk blog baru, niscaya terdapat poly sekali wangsit yang tersimpan pada benak penulisnya. Oleh karenanya, upayakan update secara rutin.

Sosialisasi serta Komunikasi

Blog sejatinya merupakan thread. Cobalah buat menciptakan artikel yang sanggup sebagai bahan diskusi dan bersosialisasi. Dengan cara ini, pengunjung akan termotivasi buat berkomentar serta berdiskusi menggunakan sobat. Pancinglah menggunakan hal-hal yg menciptakan mereka bertanya atau beropini. Gunakan jua social media sebagai perluasan buat mempublikasikan artikel serta berbicara dengan pengunjung/pembaca.

Skill serta Pengetahuan

Apa yang ditulis dan disampaikan melalui goresan pena blog sama misalnya ketika kita berbicara buat menyampaikan pemikiran. Suatu blog merupakan benda meninggal, yg membuatnya hayati, berkualitas, berarti, menarik serta berkembang menjadi akbar adalah orang yg berada di belakangnya, sang blogger. Sangatlah krusial untuk terus mengasah skill serta pengetahuan, baik mengenai blogging maupun topik/tema/atau niche yang diusung oleh blog. Bisa dibilang, blog adalah perwakilan diri oleh blogger. Berkelanalah terus berdasarkan satu blog ke blog lain serta semua media buat mengasah skill, menaikkan pengetahuan, melakukan eksperimen, dan membentuk isi blog yg mampu diperhitungkan. Misalnya, apabila sobat berbicara soal photoshop pada blog, tidak mungkin sobat nir perlu menguasai photoshop, bukan? Tentu wajib mengetahui seluk beluk photoshop, membuat percobaan-percobaan desain, dan menghasilkan penemuan atau trik baru yang mampu tersaji.

Mentalitas

Internet merupakan global yang sangat luas, sama seperti dunia nyata yang kita tinggali ini. Ada puluhan juta, bahkan ratusan juta blog/web. Persaingan demikian besar . Apabila sobat nir bersabar, tekun, disiplin, serta tidak berusaha menguasai skill dan pengetahuan, otomatis blog nir akan berkembang.

Selain itu, internet adalah global dengan kemungkinan anonimitas terbesar. Siapa saja mampu berbicara, senang atau tidak suka . Dan orang-orang yg ditemui di dunia online sama saja menggunakan dunia offline, terdapat yang baik, pengertian, sabar, setiakawan, dan ramah; namun ada jua yg berperilaku jelek, jahat, tidak sabaran, iri, dengki, sirik, dan lain-lain. Pada bepergian blogging, sobat pasti akan menemui oknum yang menjelek-jelekkan, mengintimidasi, mengancam, memusuhi, menyerang, menikam berdasarkan belakang serta sejenisnya. Ini lumrah serta sobat wajib mempersiapkan mental serta bersikap bijak. Biasanya orang-orang seperti ini iri atau sirik menggunakan blog sobat. Dan memang demikian adanya. Jika ditinjau lebih pada berdasarkan sisi psikologi, orang yg memusuhi atau dendam merupakan orang yang memiliki tingkat kecemburuan tinggi. Orang misalnya ini cenderung bertindak konyol serta kekanak-kanakan. Hindari sikap atau respon yg sama. Sikapilah dengan jawaban yang tetap logis, ilmiah, serta nir menuruti emosi. Inilah yg membedakan sobat dengan mereka. 

Blog ini serta saya jua sering mengalami hal demikian, sama seperti beberapa blog sobat-sobat blogger aku yg lain. Biasanya ini terjadi lantaran saya mengingatkan mereka tentang co-pas dan link asal atau ada jua yg lantaran iri dengki. Bahkan terdapat cara mereka yg lebih esktrim: seluruh konten bersama seluruh desain blog ini dijiplak serta dipublish dalam blog yg (kebetulan) dinamai dengan nama yg hampir sama seperti blog ini (hanya berbeda pada satu huruf "a"). Bahkan bisa dipastikan ketika artikel ini saya publish, beberapa mnt kemudian artikel yg sama persis nongol pada blog itu. Hehe... Entah... Mungkin karena saking iri, dendam, dan konyolnya kali ya. Padahal sekali satu blog unik, ya terus unik selamanya. Blog, isi blog, desain blog, dll mampu dijiplak, akan tetapi si blogger bersama pandangan baru serta pemikirannya nir sanggup ditiru, itu yang menciptakan unik dan dapat dibedakan sang pembaca/pengunjung.

Intinya, jangan pernah menyerah waktu menemui situasi yang nir diperlukan misalnya: tidak ada inspirasi, blog sepi, gundah, bosan, dimusuhi, dan lain-lain. Ciptakan semangat tinggi serta jangan gampang putus asa serta terprovokasi. Cemungudt!

Kesimpulan

Kesuksesan blog 100% tergantung dalam diri sobat. Jika sobat memperhatikan beberapa poin krusial dalam blogging seperti yang sudah disampaikan pada atas, aku yakin blog sobat akan terus berkembang serta sukses. Have a nice blogging, brothers...

Tidak ada komentar untuk "Cara Cerdas Merawat dan Mengembangkan Blog"