Cara Integrasi Profil Blogger dengan Profil Google

Google+ saat ini menjadi brand social media yg semakin matang serta memiliki fitur yg selalu berkembang. Baru saja Google+ memperkenalkan Google+ Pages yg menjadi media promosi bisnis, brand, organisasi, hingga web/blog.  Sebagai salah seorang pengguna Blogger, saya melihat begitu banyak keuntungan Google+ Pages, diantaranya adalah untuk menyatukan fan atau follower blog dalam sebuah media besar serta berfungsi sebagai media informasi bagi mereka mengenai update blog. Berkaitan dengan profil, tentunya penggunaan profil yang integrated (bersumber berdasarkan satu profil untuk semua jenis layanan Google) mempermudah kita buat masuk ke berbagai layanan hanya dengan sekali klik tanpa wajib login berulang-ulang. Ada satu layanan yang masih memiliki profil individual, yaitu Blogger. Meskipun pada umumnya profil Google general account juga berfungsi sebagai login Blogger, namun profil Blogger belum terintegrasi dengan Google+. Sehingga jika sobat punya akun Blogger dan G+, jadi ada 2 jenis profil. Nah, Blogger kini mulai mempertimbangkan penyatuan dua profil tersebut dan sedang mengujicobakannya.

Apa Keuntungan Penyatuan Profil Blogger dengan Google+?

Saya meihat setidaknya terdapat tiga laba sinkron menggunakan yang telah diutarakan Blogger:
1. Mendapatkan akses informasi update fitur-fitur Google+ secara langsung melalui Blogger.
2. Highlight (penandaan) post/artikel sobat pada hasil pencarian di Google oleh user Google+ yg terkoneksi dengan sobat. Ini tentunya juga berkaitan dengan penggunaan Google +1.
3. Semua akun akan memiliki 1 bukti diri resmi.

Sistem kerja profil Google+ pada Blogger:

1. Profil Google+ menggantikan profil Blogger.
2. Gadget profil yg ditampilkan di blog menampilkan informasi sesuai dengan informasi pada profil Google+, bukan profil Blogger.
3. Posting blog serta comment yg dibuat akan memiliki link langsung ke profil Google+ dan menggantikan link ke profil Blogger.
4. Perubahan profil akan menghipnotis seluruh profil yang ditampilkan pada blog-blog pada akun Blogger yang sama.

Cara Menyatukan Profil Blogger dengan Profil Google+

Jika sobat tertarik buat melakukan integrasi/sinkronisasi profil Blogger menggunakan Profil G+, ikuti cara berikut:
1. Pastikan sebelumnya telah memiliki akun Google+. Jika belum, login ke akun Google sobat dan buat akun serta profil di Google Plus.
2. Sebelum melakukan integrasi, pastikan profil Google+ sobat telah diset ke "Public". Masuk ke halaman profil Google+,  pilih tab "about", scroll ke bawah, dan lihat pada Profile discovery. Jika tertuliskan Profile visible in search, maka profil sobat telah diset untuk bisa ditemukan oleh publik. Jika belum, klik tombol "edit profile" di sebelah kanan atas dan ganti settingnya.
3. Setelah beres. Masuk ke Dashboard > Pilih tab/menu Google+. Lalu pilih Upgrade to Google+.

Note: ada informasi penting yang perlu diperhatikan sebelum melanjutkan penggantian profil:
a. Setelah melakukan switching (memindahkan, mengganti, mengintegrasikan, atau apalah istilahnya :-P) profil dari Blogger ke Google+, sobat memiliki  waktu maksimal hingga 30 hari jika ingin mengembalikan (revert back) ke profil Blogger sebelumnya. Setelah 30 hari, profil tidak mampu dikembalikan lagi.
b. Informasi yg ada pada profil Blogger tidak akan dipindahkan ke profil Google+, so apabila sobat ingin informasi yg tampil di profil Google+ sama dengan di profil Blogger sebelumnya, copy serta simpan fakta profil Blogger, lalu isikan ke profil Google+.
3. Apabila telah konfiden, lanjutkan menggunakan mencentang "I've read the above and fully understand..." yg artinya sobat telah membaca informasi dan ketentuan serta siap memindahkan profil Blogger ke Google+.
4. Klik tombol "Switch Now".

Setelah proses selesai, Blogger akan menampilkan profil Google+ (nama, gambar profil, serta informasi) pada gadget profil blogger (jika dipasang) serta ketika sobat membuat posting atau komentar baru (nama dan gambar profil), namun posting & komentar lama tidak berubah.

Cara Mengembalikan Profil Blogger dari Google+

Jika sobat tidak puas menggunakan integrasi profil Blogger ke Google+, jangan risi. Profil blogger dapat dikembalikan misalnya semula dengan syarat, misalnya yang sudah disampaikan di atas, pengembalian (revert back) profil Blogger dari Google+ tidak lebih berdasarkan 30 hari sesudah integrasi dilakukan.
Caranya?
Cukup masuk ke Blogger revert profile and you are done!

Happy blogging.
© tentang-soal.blogspot.com. All rights reserved.

Tidak ada komentar untuk "Cara Integrasi Profil Blogger dengan Profil Google"