Cara Membuat Fitur Reply Comment Balas Komentar di Blogger

Fitur Reply to Comment (Balas Komentar) tak jarang kita temui di blog-blog Wordpress juga Blogger. Perbedaannya, WordPress sudah menyediakannya menjadi fitur bawaan. Selain itu, fitur reply comment WordPress mengandung threads yg independen. Masing-masing komentar bisa memiliki kesinambungan urutan seperti thread forum atau board. Di Blogger, fitur reply to comment pun bisa dibubuhi, namun sifatnya masih sangat sederhana. Hasil balasan komentarnya pun berupa komentar terbaru serta bukan thread. Tapi, nir terdapat salahnya menambahkan fitur ini menjadi bagian dari tampilan desain blog yang tentunya akan menaruh kesan profesional dalam blog Blogger anda.

Cara Membuat Reply To Comment (Balas Komentar) di Blogger/Blogger

Hack ini dipakai buat menambahkan link fitur balas komentar Blogger. Ketika link tadi di klik, maka akan muncul pop up window komentar baru, sama dengan bila anda melakukan setting kotak komentar supaya timbul menjadi window baru serta bukan menyatu menggunakan bagian posting (berada pada bawah posting).

Langkah-langkah menambah fitur reply to comment:

1. Copy kode berikut ke notepad atau text editor yg lain:
Reply
2. Cari ID blog anda. Dari dashboard, buka halaman design, comment, post, atau yang lainnya. Lihat ke kotak url di bagian atas browser. Lihat bagian belakang url. Di bagian itu akan terlihat ID blog.
Contoh:
//www.blogger.com/post-create.G?BlogID=3293775847481849705 
Di bagian berwarna merah itulah ID blog anda. Copy angka ID blog tadi. Jangan hingga ada kekeliruan pada meng-copy.
3. Ganti  ID-BLOG-MU  menggunakan nomor ID blog yg sudah pada copy tersebut.
4. Ganti Reply menggunakan text lain yg diinginkan.
5. Masuk ke edit HTML/Template.
6. Centang/klik 'Expand Widget Templates' (ni yang sering banget kelupaan, bis tu komen marah2 bilang kode yg harus dicari ga ada meskipun berulang2 dicari pe jenggotnya tambah panjang lima meter)
7. Cari kode berikut:
8. Masukkan semua kode yang sudah diganti ID-nya tersebut tepat DI BAWAH / SETELAH-nya.
9. Save Template.

Mengganti Text 'Reply' Comment menggunakan Gambar/Image Button

Jika ingin membarui text 'Reply' dengan gambar, relatif ganti text tersebut menggunakan script gambar.
Selengkapnya, copy kode berikut:
" />Balas Komentar Ini
"/>
Ganti menggunakan url gambar tombol/icon reply buat blog.
Kostumisasi Posisi Tombol/Gambar Reply Button 
Ganti //urlgambar.com/gambar.jpg  dengam url gambar reply button. Ganti right dengan left apabila ingin gambar berada pada sebelah kiri (tepat di sebelah nama komentator). Atur nilai padding 4px buat memberi besaran ruang kosong pada sekeliling gambar. Ganti Balas Komentar Ini dengan kalimat atau perintah lain. Atau, tinggalkan begitu saja.

Gambar Tombol/Button Comment Reply

Untuk menerima gambar reply button yg sesuai, anda bisa dengan mudah mencarinya di Google atau gunakan gambar berikut sebagai tombol reply komentar:
Penting! Upload serta host sendiri gambar-gambar tersebut karena sewaktu-ketika gambar-gambar tersebut  dapat dihapus. Klik kanan, pilih 'save as'. Upload gambar ke Blogger (Picasa) atau lainnya.
Catatan: Beberapa persoalan yg timbul umumnya bersumber pada pencantuman ID blog yang galat serta kesalahan pada mencari kode yg sama persis. Pastikan sahih mencentang 'Expand Widget Templates',  jika tidak ketemu, cari tanpa pertanda < serta >.

DOnE!

Thanks to Paul Crowe yang telah mengajarkan membuat hack ini step by step.
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © mengenai-soal.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Fitur Reply Comment Balas Komentar di Blogger"