Cara Membuat List HTML & Menu Sederhana Basic of Unordered List


Pada dasarnya, hampir seluruh pilihan menu menggunakan struktur HTML list, dalam hal ini merupakan unordered list (tag ul) atau daftar tak berurutan yg merangkum holistik list (tag li). Segala bentuk navigasi yg berupa pilihan menu menggunakan struktur menurut tag-tag tadi serta kemudian ditambahi dengan anggaran-aturan yg menciptakan tampilan, fungsi, serta imbas yg menarik (CSS serta Javascript).
Unordered list digunakan buat membentuk susunan list/daftar yang tidak disusun berdasarkan urutan nomor .  Sedangkan buat struktur list yg berurutan (ordered list
  1. ) disusun berdasarkan urutan angka; berdasarkan 1, 2, tiga, serta seterusnya. Tentang ini, akan aku bahas dalam kesempatan posting selanjutnya.
    Dengan sedikit styling, list tersebut akan muncul menggunakan diawali titik, gambar, ataupun simbol lain sinkron dengan anggaran list styling yang dibawa oleh template. Secara
advanced, dengan ditambahi styling, fungsi, dan imbas, list akan sebagai pilihan menu horizontal, vertical, atau menu-pilihan menu lain yg sangat menarik dan eye-catching.

Struktur dasar dari unordered list diawali menggunakan tag
  • serta ditutup dengan closing tag
    • . Di dalamnya masih ada susunan list-list yang masing-masing berada pada tag
    • serta .

  • text/item disini
  • text/item disini
  • text/item disini
  • text/item disini
  • text/item disini
Tanpa aturan luas dan tinggi, baik dengan HTML maupun CSS, tampilan list akan muncul dalam urutan per baris:
  • text/item disini
  • text/item disini
  • text/item disini
  • text/item disini
  • text/item disini
Ide penggunaan list sederhana ini akan mempermudah dalam membuat list secara manual, baik untuk kepentingan membuat list di pada posting juga membuat pilihan menu yang akan ditampilkan pada sidebar. Hampir seluruh navigasi menu di bagian sidebar blog ini aku buat menggunakan pilihan menu list manual. Mengapa? Ada beberapa alasan bertenaga mengapa aku membuat pilihan menu list secara manual:
  1. Kostumisasi isi lebih mudah daripada harus menggunakan widget spesifik, contohnya label. Kita bisa menggunakan mudah melakukan perubahan tanpa wajib mengedit Template HTML. Misalnya ketika harus mengganti anchor text, mengaplikasikan atribut (contohnya atribut nofollow) dalam label, dan bebas melakukan CSS styling.
  2. Tahukah bahwa sebagian besar widget yang memuat automatic generated list seperti popular post, recent post, dan widget-widget navigasi lain yang kebanyakan memakai feed links atau redirect links? Link-link semacam itu nir di-indeks sang search engine, sebagaimana yang telah dijelaskan Google dalam Panduan dan Kriteria Google Quality Content. Untuk memperkuat page structure, usahakan perbanyak link list yang langsung menunjuk ke link/halaman yg dituju.
  3. Dapat dengan sesuka hati mengatur isi menu, tanpa hasil generating dari widget yg kadang tidak sesuai dengan hasrat. Misalnya, buat popular post, anda dapat menggunakan mudah memanipulasi isinya untuk memaksimalkan posting yag jarang terjamah pengunjung. :P
  4. Dapat menciptakan list non menu (yg bukan digunakan sebagai navigasi) menggunakan mudah di bagian sidebar. Misalnya buat menciptakan list eksklusif yg berfungsi sebagai informasi (anda dapat melihat misalnya pada bagian sidebar kanan bawah, tepatnya di bawah logo copyscape  ^_^).
Untuk menciptakan list pilihan menu yang berisi link, relatif masukkan tag a bersama anchor text-nya pada pada tag li:
Contoh hasilnya:
Anda bisa menggunakan gampang membuatnya pada sidebar menjadi pengganti widget pilihan menu yang isinya dapat diatur secara manual, sehingga dapat pada-handle secara penuh. Untuk menciptakan list menu semacam ini di sidebar, masuk ke Dashboard > Design/Rancangan > klik add a gadget/tambah gadget > pilih HTML/Javascript. Beri judul sinkron isi menu dan susun list sinkron impian. Tampilan list pilihan menu akan mengikuti anggaran yang telah dibawa sang template blog (inherited).

Itulah dasar menurut unordered HTML list serta pilihan menu list. Selanjutnya ke depan saya akan presentasikan beberapa konsep lain berdasarkan aneka macam macam elemen dan struktur list web/blog beserta styling-nya dan jua akan ada beberapa pilihan menu horizontal dan vertical yg akan saya persembahkan (Insya Allah).

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat List HTML & Menu Sederhana Basic of Unordered List"