Cara Membuat Read More/Baca Selanjutnya di Blogger dan Wordpress

Suatu posting utuh yg memakan tempat terlalu panjang di page primer terkadang membuat pengunjung merasa nir tabah. Padahal mereka ingin segera melihat daftar posting yang lain pada bawahnya. Pengunjung tidak mau memahami mengenai hal ini, walaupun mungkin pada sidebar laman tadi terdapat ruang navigasi buat daftar posting, kategori, serta lain-lain yg mampu membawa pengunjung ke judul posting atau topik yang lain. Tetapi, tidak seluruh pengunjung bisa memperhatikan fitur tersebut. Hal ini menciptakan banyak posting kita yg lain tidak terbaca. Kalaupun terbaca, itu hanya yg berada pada halaman utama saja. Dan kemungkinan akbar pengunjung akan segera lari sehabis membaca satu (atau paling tidak beberapa) posting kita di halaman utama.

Nah untuk merampungkan kasus ini, dibuatlah link readmore yg nantinya akan membawa pengunjung ke page posting seutuhnya sesudah mereka membaca beberapa baris kalimat pada bawah judul posting itu.
Saat ini menciptakan readmore/baca selanjutnya sangatlah gampang, baik di blogger maupun di wordpress

Membuat readmore pada blogger (Fitur original bawaan Blogger, tanpa hack)
Di halaman posting baru/new post, terdapat beberapa panel pengatur tulisan misalnya font, font size, alignment, font color, background color,  dan lain-lainya, salah satu antara lain lagi adalah ‘jump break’. Panel inilah yang berfungsi sebagai pembatas posting anda di page primer dan akan memunculkan readmore. Letak tepatnya ada di kolom panel yang berisi ‘Link’, serta seterusnya. ‘Jump Break’ berada di posisi paling kanan menurut kolom panel tersebut, tampilan visualnya merupakan misalnya gambar kertas berwarna biru muda dan terbagi sebagai dua. Klik gambar tadi dan akan ada kotak pipih panjang berwarna abu-abu. Anda bisa menggesernya sedemikian rupa buat diletakkan pada baris yang anda inginkan

Membuat readmore di WordPress
Pada laman goresan pena/writing, diatas kolom tempat terdapat menulis posting, di bagian kanan terdapat 2 menu tab, yaitu ‘visual’ serta html’. Pilihlah tab html. Kemudian klik “more” yang terletak di bagian pojok kanan atas pada gugusan panel-panel editor html. Kemudian akan muncul pada kotak posting anda. Letakkan tulisan yg ingin ditampilkan pada halaman primer diatas indikasi tadi, serta sisanya letakkan di bawahnya.

Secara manual anda bisa menyisipkan kode itu sendiri di bagian post yg ingin anda potong. Lakukan cara ini melalui editor HTML di menu posting.

Note for Blogger/Blogspot:
Untuk membuat Auto readmore secara otomatis tanpa wajib membuatnya setiap kali posting, lihat: Cara Membuat/Memasang Auto Readmore pada Blogger/Blogspot (With Thumbnails).

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Read More/Baca Selanjutnya di Blogger dan Wordpress"