Cara Mengatasi Duplicate Meta Description di Blogger/Blogspot


Kasus duplikasi meta tags, terutama meta description (meta deskripsi) lazim dialami blog berplatform Blogger lantaran template blogger mempunyai aturan-anggaran umum tertentu yang berlaku bagi semua page (XML template). Dalam satu blog, beberapa laman bisa mempunyai pelukisan yg sama. Hal ini terjadi lantaran Google spider menemui pelukisan tersebut di setiap laman yg di-crawl. Karena Google sekarang telah mengabaikan meta keywords, maka yg acapkali terjadi adalah duplikasi meta deskripsi page-halaman suatu blog berplatform Blogger.

Sebagai model, gambar berikut merupakan hasil dokumentasi duplikasi meta description dalam halaman blog tentang-soal.blogspot.com pada search engine pada saat-saat awal blog ini terbuat. Homepage blog dan laman file blog ditampilkan menggunakan pelukisan yg sama.

Apa Efek Duplicate Meta Description bagi SEO?

Dalam SEO, duplikasi meta tags dapat mengurangi kualitas hasil pencarian karena deskripsi yang sama dapat menghambat relevansi pencarian. Mengapa? Karena Google mengasumsikannya menjadi duplikasi konten! Tentunya hal ini sangat terlarang dan tabu bagi global search engine optimization, khususnya SEO of Google. Akibatnya, kekuatan SERP suatu page blog di search engine menjadi lemah.
Maka, sangat krusial buat memperbaiki error duplikasi tadi agar usaha SEO blog lebih mantap ke depannya. 

So, Inilah Solusi Duplikasi Meta Deskripsi:

(Sebelumnya, bagi sobat Blogger yg belum memasang meta tags pada blog, silahkan cek Cara Memasang Meta Tags pada Blogger/Blogspot).

Seperti halnya melakukan pengecualian (atau pengkhususan) atas suatu tampilan / fungsi di template Blogger, kita bisa menambahkan tag "if" dalam sebuah kondisi (persyaratan eksklusif [cond]) hanya dalam suatu halaman, dalam hal ini: homepage (halaman primer blog). Selain mampu dibaca oleh browser, tag ini mampu juga dibaca oleh search engine (spider/robot/crawler). 
Berikut langkahnya:
1. Masuk Dashboard >Design/Layout > Edit HTML/Edit Template.
2. Cari tag meta description serta meta keywords. Seperti yg sudah aku posting sebelumnya, meta tags biasanya diletakkan di bawah atau yg terdekat (cari pakai Ctrl+F).
3. Tambahkan pasangan tag berwarna biru sebelum meta description dan sehabis meta keywords sinkron model berikut:


Fungsi di atas merupakan buat memberikan pengecualian dan menampilkan meta description & meta keywords hanya buat page utama (homepage). Meta keywords lebih baik juga hanya ditampilkan di homepage blog karena, meskipun Google telah nir memperhitungkan meta keywords, ada baiknya pula berjaga-jaga buat search engine lain, contohnya Bing & Yahoo.
Have a nice Blogging, folks!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © tentang-soal.blogspot.com
Regards,

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Duplicate Meta Description di Blogger/Blogspot"