Cara Mengubah/Mengganti Jenis Font di Blog Blogger CSS Styling

Terkadang, jenis font (">
Pada kesempatan ini, aku terlebih dahulu akan membahas mengenai mengganti jenis Font dengan CSS Fonts serta bukan dengan Custom Font, yg memakai javascript dan biasanya bersumber dari API Google. Penggantian font menggunakan font CSS lain, meskipun sederhana tampilannya, tetapi cukup aman serta cepat di load, karena Browser dan Computer telah memiliki database font-font tadi (dianggap "Web Safe Fonts").

Sekilas Tentang Jenis Font (font family) pada CSS

Jenis font pada CSS dinyatakan dengan properti ....;atau dipersingkat dengan shorthand (dituliskan dengan font saja):
p font: "Times New Roman";....;
Ada dua kategori jenis font:
a. Font family: Nama-nama utama (root name) font, misalnya "times", "arial", courier", dll.
b. Generic family: Nama-nama font turunan, misalnya "serif", "sans serif", "cursive", dll.

Penulisan ">Contoh:
p ...;
Note: perhatikan indikasi kutip pada Times New Roman. Tanda kutip digunakan dalam nama font yg mempunyai jeda spasi kosong (white space). 

Selalu tuliskan CSS jenis font menggunakan aturan misalnya pada atas buat berjaga-jaga bila browser yg dipakai pengunjung nir mempunyai database font yang diinginkan, sehingga browser bisa langsung melompat ke jenis font lainnya.

Font Pada Template Blogger

Pada dasarnya font di dalam template Blogger dipengaruhi dengan CSS styling, sehingga bila harus membarui jenis font, maka kentara perubahan dilakukan pada CSS-nya. Ada 2 cara yg umumnya dipakai buat membuat default font pada template Blogger:
1. Menuliskan variable CSS font buat bagian-bagian (elements) tertentu, contohnya judul blog, deskripsi blog, judul posting, footer posting, footer, judul sidebar, serta seterusnya. Kemudian menuliskan variable tersebut pada /span>. Contoh variable-variable-nya:
.......................
type="font"
default="normal bold 117% Arial, sans-serif" value="italic normal 80% Arial, sans-serif"
 >
name="postTitleFont" description="Post Title Font"
type="font"
default="normal bold 180% Georgia, Times, serif" value="normal bold 142% Trebuchet, Trebuchet MS, Arial, sans-serif"
 >
.......................
Sebagai contoh, jika saya ingin untuk menyatakan jenis font yang dipakai dalam judul posting (header posting), saya menggunakan nama variable (name=) postTitleFont sebagai perwakilan jenis font pada properti font family nama blog yang telah dituliskan pada variable. Nama variable yang digunakan sebagai deklarator dituliskan dengan diawali tanda $:
.post h3 {/span>:  $postTitleFont;}
2. Menuliskan langsung jenis Font pada property-nya (/span> atau font). Contoh:
 .post h3 {/span>: "Georgia, times, serif;...;

Dengan demikian poin serta cara untuk mengubah/mengganti jenis font di Blogger begitu mudah. Lanjut!

Mengubah Jenis Font di template Blogger/Blogspot

Sesuai dengan dua cara untuk menentukan font pada template Blogger di atas, maka pastinya cara untuk menggantinya pun ada 2, yaitu mengubah font pada variable atau langsung mengubah property /i>. Mengubah variable sangat riskan karena ada nilai default dan value yang merupakan aturan general pada elemen-elemen utama blog.. Oleh karenanya, lebih baik ganti font langsung pada properti font family-nya. 

Cara mencari dan mengubah jenis font family pada setiap elemen CSS:
1. Buka Edit HTML/Template Blogger.
2. Cari elemen CSS yang ingin di ubah, letaknya antara dan .
3. Setiap elemen CSS di template Blogger memiliki nama tidak sinkron sesuai yg sudah diberikan oleh pembuatnya, tapi secara generik, nama-nama itu hampir mirip serta mempunyai deklarator generik yg sama:
Misalnya: Untuk elemen judul posting, umumnya dituliskan menggunakan .post h3, .post h2, #post h3, #post h2, .H3, .H2, (h menyatakan header atau judul/title, berlaku pula buat judul sidebar, dll), serta masih poly lagi. Untuk isi posting umumnya dinyatakan dengan .post. Demikian dengan sidebar, terdapat banyak variasi namun bisa dipastikan seluruh mengandung kata yang sama: sidebar.
3. Setelah menemukan element yg dicari, selanjutnya cari property ">.post h3 {...;
Ganti bagian font yg berwarna biru dengan font-font lain.
atau biasanya jua ditampilkan dengan nama variable:
.post h3 {}
Ganti bagian font yg berwarna biru dengan font-font lain.
4. Anda pula bisa menambahkan jenis font baru pada elemen yang belum mempunyai aturan ">Misalnya. Bagian comment blog saya belum memiliki anggaran jenis font spesifik, maka aku dapat menambahkan padding: 15px 20px 15px 20px; text-align: left; color: #4c4c4c; border: 1px solid #ccc;background:#fff;
Sesudahnya:
#comments margin: 0px 0px 0px 0px;padding: 15px 20px 15px 20px; text-align: left; color: #4c4c4c; font: "Times New Roman", Trebuchet, Serif; border: 1px solid #ccc; background:#fff;5. Untuk mengetahui jenis-jenis font, cek CSS Web Safe Fonts.
6. Setelah terselesaikan mengubah atau menambah font, save template.
Jika ada persoalan atau pertanyaan lebih lanjut mengenai font, pengubahan font, serta elemen CSS blog yang belum diketahui, feel free to use the comment form below. Apabila ingin membarui font blog menggunakan Custom Web Fonts simak Cara Menggunakan/Memasang Custom Font di Blogger.
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © mengenai-soal.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengubah/Mengganti Jenis Font di Blog Blogger CSS Styling"