Cara Menyembunyikan Pesan Status di Halaman Label/Search Blogger

Selamat malam, pagi, siang serta sore untuk yg baca. :) Artikel ini adalah post request sang seseorang sobat Blogger yang ingin sekali menghapus, menghilangkan atau menyembunyikan pesan status (status message) yang umumnya timbul di atas page label blog atau halaman hasil pencarian Blogger. Istilah menurut Blogger nih, "Status Message Bar". Mungkin memang tampak kurang elegan serta menarik bila pesan status label/pencarian ini timbul pada permukaan perpaduan posting yang dikelompokkan dari label atau output pencarian. Bagi sebagian orang, tampilan ini justru merusak desain blog secara keseluruhan. Sobat seluruh tentu sangat seringkali melihat "status", atau yah... Katakanlah "liputan", seperti ini ketika mengunjungi page label:

Showing posts with label BlogosphereShow all posts

Atau pada hasil pencarian menggunakan mesin pencari milik Blogger, keliru satu tampilannya misalnya ini:
Jika anda memakai Google Custom Search, tentu pesan ini nir akan timbul.

Masih banyak lagi variasi pesan yang digunakan pada label dan search tergantung parameter dan kueri yg dipakai.

Pesan status ini diatur melalui engine dan server Blogger dengan permintaan sebuah tag XML tertentu. Jadi, sebagaimana konsep struktur template Blogger, Status Message Bar ini masih bersifat "widgetized", adalah sebuah widget, sama seperti bagian posting, widget sidebar, dll. Kemudian, masih di server Blogger, pesan tersebut pada atur tampilannya melalui CSS default. 

Nah, berdasarkan kedua konsep yg digunakan oleh Blogger tersebut, kita dapat melakukan hack kecil-kecilan buat menghapus atau menghilangkan pesan status pada page label dan search menggunakan dua cara:
1. Menghapus tag XML status message bar.
2. Menyembunyikan tampilan status message bar menggunakan memakai CSS baru (menggunakan "class" yg sama persis), dan menumpuki aturan CSS defaultnya.

Menghilangkan Pesan Status Label/Search dengan Menghapus Tag-nya

Berikut caranya:
1. Masuk ke dashboard > template > Edit HTML.
2. Centang "Expand Widgets Template" di sudut kanan atas.
3. Cari tag berikut:
4. Hapus tag tersebut. Note: pada template eksklusif umumnya ada dua, hapus semuanya.
5. Save template.
Cara ini digunakan buat benar-benar menghapus permintaan pesan status dalam laman label serta page search. Jadi nir akan ada perintah kepada Blogger buat menampilkan pesan tersebut.

Menyembunyikan Pesan Status Label/Search menggunakan CSS

Cara ini cukup sederhana, yaitu menggunakan memakai property display buat menyembunyikan:
1. Masuk ke dashboard > template > Edit HTML (tidak perlu "expand widget templates")
2. Masukkan kode CSS berikut, sempurna di atas ]]> :
.status-msg-wrapdisplay:none !Important;
3. Save template.
Setelah melakukan salah satu cara di atas, lihat hasilnya dalam halaman label dan search. Jika caranya sahih, maka pesan status nir akan tampil.

Kesimpulan serta Tips

Saya menyampaikan dua metode hack di atas agar bisa dipilih mana yang terbaik untuk dipakai. Namun demikian, sebagai saran, sebaiknya pakai cara ke 2, karena cara ini cenderung lebih kondusif dan nir membarui peta susunan tag apapun di pada template. 

Dari penggunaan hack melalui CSS, berarti didapat juga kesimpulan bahwa kita bisa melakukan yg lebih buat desainnya. Ingin membuat tampilan Status Message Bar pada blog sobat lebih menarik? Dalam kesempatan mendatang, saya akan segera mengembangkan beberapa desainnya. 

Perlu diperhatikan pula kita tidak bisa mengubah ISI pesan karena semua diatur pada dalam engine Blogger, bukan berdasarkan template. Yang mampu dilakukan merupakan MENGGANTI-nya. Ini dua konsep yg kentara tidak selaras. Caranya? Wait! Saya segera balik dengan topik, tips blog, dan tutorial menarik lainnya. :) Have a nice blogging on Blogger!

© tentang-soal.blogspot.com.2019 - 'Til drop! All rights reserved.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menyembunyikan Pesan Status di Halaman Label/Search Blogger"