Ekspansi Google Dalam Social Network 15 Service Andalan Google

Google memang tidak tanggung-tanggung lagi. Setelah kesuksesan besarnya di dunia search engine (sanggup dibilang sebagai dewa search engine ^_^), Google semakin memantapkan eksistensinya dengan merambah dunia social network sekaligus, beberapa di antaranya telah memiliki sukses yang besar dan tentu saja mencengangkan. Apakah ini langkahnya untuk 'berperang' dengan Facebook?

Google menyatukan banyak unsur dan fitur menjadi satu melalui Google Public Account/Profile-nya. Bahkan account ini juga sudah banyak berintregasi dengan banyak situs. Ini mengingatkan kita pada integrasi Facebook yang telah digunakan oleh banyak situs. Salah satu situs yang mengintegrasikan account ini tentu saja kerajaan video terbesar yaitu Youtube, yang notabene adalah milik Google sendiri. Sebuah langkah awal yang excellent. Anda tidak akan menemui unsur Facebook satupun di situs tersebut.

Apa sampai disitu saja? Tentu tidak. Komponen-komponen fitur Google memiliki wilayah yang luas dan mencakup hampir seluruh media social network yang saat ini semakin nge-trend. Berikut beberapa fitur dan layanan /service Google yang telah dan akan dijalankan.:

1. Google Buzz. newsfeed Google.
2. Google Profile. Profile account buat user yg sanggup digunakan buat general access ke beberapa layanan.
3. Picasa Web Albums. Web photo sharing serta penyimpanan/host foto.
4. Android/The Android Maket. Platform baru buat mengoperasikan beberapa aplikasi (termasuk games)
5. Chrome. Termasuk diantaranya Chrome Browser, Chrome OS, Chrome Web Store, dan Chrome Extension Gallery.
5. Google Latitude. Layanan pencarian lokasi dan update lokasi seseorang.
6. Blogger. Blog personal yang kaya akan fitur.
7. Gmail. Layanan email, chat, dan video chat.
8. Google Calendar. Layanan pengorganisasian schedule dan event secara online.
9. Google Docs Penyimpanan dan akses doukumen tertulis online.
10. Google Apps. Integrasi aplikasi untuk keperluan pada institusi dan komunitas usaha dan pendidikan.
11. Aardvark. Layanan Q & A.
12. Google Reader. Pencarian fakta dan links berdasarkan situs ke situs dalam satu tempat.
13. Knol. Hampir seperti Wiki, tempat sharing ilmu pengetahuan dan topik. Sebenarnya nir mirip2 amat, bahkan mampu dibilang misalnya halaman-page warta-nya Facebook. (lagi-lagi?)
14. Google Music. (Ditunda).
15. Google Earth dan Google Maps. Pencarian kabar geografis suatu daerah secara visual bahkan hingga jeda yang dekat (street view feature).

Banyak sekali layanan-layanan Google, ada beberapa yang tidak ditambahkan di atas karena kita semua sudah tahu, misalnya Google Search, Google Sites, Google Code, Google Gadgets, dan lain-lain.

Ekspansinya memang luar biasa. Beberapa fitur dan layanan di atas memang layak diperhitungkan lantaran sudah memiliki penggemar yg luas. Tapi buat penggemar dari kalangan anak muda? Tunggu dulu. Lantaran terbukti Facebook masih menjadi bos-nya. :)

Tidak ada komentar untuk "Ekspansi Google Dalam Social Network 15 Service Andalan Google"