FaktaFakta Dibalik Celana Spongebob the Squarepants

Tidak ada yg nir mengenal SpongeBob. Semua niscaya mengenal tokoh kartun ini. Bahkan nir sporadis orang dewasa pun jua poly yg kecanduan nonton episode demi episodenya. Kalau soal apa yang menarik pada dalam filmnya sih, kita seluruh pasti sudah sepakat ya, akan tetapi.... Jika apa yang dibalik "celana" SpongeBob (baca: di balik pembuatan SpongeBob the Squarepants) semua telah tahu belum ya? Mari kita lihat!

    * SpongeBob diciptakan sang Steve Hillenburg, seseorang ahli biologi bahari serta mantan pengajar IPA yang lalu melanjutkan belajarnya ke sebuah sekolah seni buat belajar kartun.. Seperti halnya si SpongeBob, Hillenburg pernah bekerja sebagai juru masak pada sebuah restoran seafood.

    * Hillenburg, yg sangat suka menggambar kehidupan laut, berpikir bahwa spons adalah makhluk "paling aneh' diantara seluruh makhluk pada bumi ini. Tetapi beliau merasa bahwa bentuk spons yang bergumpal-gumpal kurang tepat buat karakter yg ingin beliau ciptakan. Sebuah spons yg tenggelam pada air ternyata ia lihat paripurna, begitu bersih serta begitu persegi, seperti SpongeBob yang telihat innocent serta tidak berpinggul.....

    * SpongeBob tinggal pada dalam tempat tinggal buah nanas lantaran nanas adalah motif umum dalam kerajinan Polinesia. Selain itu, Hillenburg berpikir bahwa SpongeBob "menyukai" rumahnya beraroma nanas. Sedangkan pembauan merupakan sebuah alat yang sangat krusial bagi fauna laut.

    * SpongeBob awalnya bernama SpongeBoy. Tetapi, ternyata lalu diketahui bahwa nama tersebut sudah menjadi merek dagang (dimiliki secara sah oleh) orang lain.

    * Squidward hanya memiliki enam kaki, tetapi dia tetaplah seekor gurita. Si pembuatnya berpikir apabila karakter tadi mempunyai delapan kaki, misalnya yg sesungguhnya, akan membuatnya tampak terlalu terbebani.

    * Tom Kenny, yang mendubbding suara SpongeBob, mengungkapkan bahwa bunyi tawa pada karakternya dimaksudkan buat menciptakan penonton teringat dengan bahari. Hal ini berdasarkan dalam bunyi panggilan khas buat memanggil lumba-lumba, yg berupa suara jeritan burung camar.

    * Tom Kenny juga mnejadi dubber karakter Dog di Catdog dan Walikota Townsville pada film Powerpuff Girls.

    * Menurut data di dalam Surat Ijin Mengemudi (SIM) milik SpongeBob, SpongeBob lahir dalam 14 Juli 1986. Tapi dia sudah sanggup hidup sendiri dan mencoba buat mendapatkan pekerjaan di Krusty Krab. Cerita ini timbul pada debut awal  acara SpongeBob yg ditayangkan pada tahun 1999.

    * Resep Krabby Patties merupakan rahasia yang dijaga ketat, akan tetapi penciptanya, Hillenburg, sudah mengisyaratkan bahwa burger misterius itu mungkin merupakan resep yg berbau vegetarian, karena jika tidak demikian, beberapa penghuni Bikini Bottom akan menjadi makhluk kanibal (alah, bisa-bisanya.... )

* SpongeBob selalu berusaha buat melakukan yang terbaik. Dia kini membantu Departemen Perlindungan Lingkungan Hidup kota New York dengan cara mengajak anak-anak membantu menyelamatkan air. Kampanye ini melibatkan replika SpongeBob pada bentuknya yg sangat akbar yang melambangkan kemampuannya buat menyerap air dalam jumlah yang akbar pula. Slogan kampanye ini merupakan: "Save Water—Don't Drip New York Dry!"

Hehe, mampu-sanggup aja ya. Tapi kalo dipikir-pikir, memang banyak sekali muatan nilai pada cerita si SpongeBob ini. Secara semiotis, banyak indikasi serta simbol yg mempunyai makna-makna akbar yg bisa kita baca di sana-sini. Mau tahu? Tunggu posting tentang semiotika SpongeBob yang akan tiba. Peace! :)
Dari aneka macam sumber

Tidak ada komentar untuk "FaktaFakta Dibalik Celana Spongebob the Squarepants"