Haruskah Menggunakan Dynamic Views Blogger


Blogger kini secara resmi telah menyempurnakan Fitur Dynamic Views serta, secara default, para user Blogger/Blogspot dapat mengaktifkan dan menggunakannya melalui Template Designer. User Blogger dapat mengubahsuaikan template blog dalam beberapa bentuk tampilan. Pada dasarnya dynamic views adalah kode otomatis untuk mengubah area-area div dalam template serta secara otomatis juga mengubah dasar tampilan (style sheet) ke dalam aneka macam macam tema dan rona. Fitur baru ini menaruh keleluasaan bagi pemilik blog buat membarui posisi post body, comment, & sidebar, yang merupakan 3 bagian inti template Blogger. Dynamic views mengatur ketiganya dengan cara streaming. Hasilnya berupa gambar preview (image thumbnails) atau table yang terdiri berdasarkan beberapa posting terkini.

Setelah melihat, mencoba, dan membandingkan dynamic views menggunakan tampilan orisinil template blog, saya melihat terdapat beberapa keuntungan juga kerugian penggunaan Dynamic Views. Secara singkat, saya akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan Dynamic Views terkini serta kelebihan serta kelemahan penggunaannya.

Cara Mengaktifkan Dynamic Views Blogger?

Ikuti beberapa langkah sederhana berikut untuk mengaktifkannya:
  1. Masuk ke Blogger (Dashboard) > Design > Template Designer
  2. Pilih salah satu jenis tampilan. Sekarang Blogger telah menambah beberapa tampilan baru sehingga terdapat 7 buah pilihan tampilan: classic, flipcard, magazine, mosaic, sidebar, snapshot, dan timeslide.
  3. Tekan tombol "Apply to Blog" pada sudut kanan atas.

Keuntungan - Kelebihan Menggunakan Dynamic Views?

Setelah melakukan beberapa uji coba Dynamic Views, terdapat beberapa keuntungan/kelebihan yg mampu didapat:
  1. Dynamics Views terlihat paripurna (compatible) pada beberapa browser primer misalnya Firefox, IE8, Chrome, Safari, dan Opera. Keuntungan yang didapat tentu saja tampilan blog akan terlihat sama dalam semua browser tersebut.
  2. Dynamic Views menggunakan theme (template) yang ringan, sebagai akibatnya mempunyai loading (load time) cepat. Setelah melihat isi kode (view source) pada layout theme, nampaknya kode-kode dibuat dan disusun dengan sempurna sebagai akibatnya masing-masing widget tidak berubah-ubah posisinya dan nir saling bertubrukan (crash) ketika diload. Dengan demikian dapat dipastikan load time sebagai lebih cepat.
  3. Lembar dasar tampilan (stylesheet)/CSS secara resmi dibuat oleh coder dari Blogger dan jarang sekali mengandung gambar (image). Sekali lagi, waktu loading akan terkurangi secara signifikan.
  4. Blog-blog berplatform Blogger yang menggunakan fitur ini dapat dilihat dengan baik (good readability), dapat dibrowse dan di-bookmark dengan mudah, serta bahkan dapat dilihat dengan sempurna di smart phone.

Kerugian - Kekurangan Menggunakan Dynamic Views?

Dalam melakukan uji coba, aku pula menemukan poly kerugian/kekurangan Dynamic Views Blogger:
  1. Pemilik blog (user) nir dapat memiliki kontrol penuh atas tampilan widget serta badan posting (post body). Ketika mencoba mengaktifkannya, banyak  widget yang berhenti bekerja/tidak berfungsi atau tidak muncul. Banyak widget yg tergantikan atau bahkan menghilang.
  2. Widget-widget krusial dan fitur-fitur yang saya masukkan tidak muncul karena nir masuk ke bagian widget Dynamic Views yg dikenali buat dimunculkan. Bagian sponsor, subscription, Facebook like box, dan beberapa yg lain tidak muncul. Tentu saja ini sangat merugikan bila blog anda masuk ke kategori professional serta di-monetize-kan.
  3. Dalam beberapa kasus, ketika melihat blog-blog sobat Blogger yg mengaktifkan Dynamic Views, loading browser berhenti dan hanya sampai pada bagian header saja, sehingga keseluruhan isi konten tidak muncul. Ini menandakan Dynamic Views belum tentu cocok dengan semua template dimana dia melakukan stream dan render.

Saran Mengenai Penggunaan Dynamic Views?

Setelah melihat beberapa aspek kelebihan dan kekurangan Dynamics views:
  1. Bagi pemilik blog yang mengarah ke bentuk profesional, sebaiknya nir menggunakan fitur ini, karena terdapat poly kelemahan dan sedikitnya kontrol akan konten yg ingin dimunculkan.
  2. Sebaliknya, bagi anda yang benar-sahih menggunakan blog sebagai online journal, personal blog, ataupun diary, memakai dynamic views sangat dianjurkan karena ada poly laba seperti yg sudah aku sampikan pada atas, antara lain merupakan kompatibilitas browser serta ketika loading blog.
Terlepas dari itu, tentu saja adalah keputusan anda sendiri buat memakai atau tidak memakai dynamic views.

Semoga berguna.
mencuri merupakan pekerjaan pengecut! © mengenai-soal.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Haruskah Menggunakan Dynamic Views Blogger"