Hatihati dengan Aplikasi Facebook Berbahaya Who Is Checking My Profile

Setelah kasus pelaksanaan status tentang seorang gadis bunuh diri karena status ayahnya, akhir-akhir ini pulang timbul pelaksanaan baru di Facebook yang berbunyi seperti ini, "Who is checking my profile?", atau "Who is glancing thorugh my profile?", atau "Who visited your profile?" dan yg sejenisnya. Aplikasi-aplikasi ini menjanjikan service/layanan buat mencari memahami siapa saja yg sudah melihat profile Facebook seseorang. Bahkan ada pula yg mempunyai detil laporan yang sangat mendalam.

Beberapa menurut aplikasi ini kadang sangat mengganggu lantaran secara otomatis melakukan 'tag' foto dari teman-teman anda serta secara otomatis pula melayangkan comment seolah-olah anda yang membuatnya. Bahkan terdapat pula yang mengirimkan poly notifikasi baik di account Facebook sahabat juga notifikasi email. Hal ini bagi sebagian orang terasa sangat mengganggu.

Berhati-hatilah menggunakan pelaksanaan-pelaksanaan tadi. Telah ditegaskan sang pihak Facebook bahwa tidak ada pelaksanaan apapun yang mampu melakukan layanan ini lantaran database traffic dalam profile viewing merupakan privacy Facebook serta tidak sanggup diakses oleh pihak ketiga. Jadi data laporan pageview profile  serta jumlahnya sebenarnya merupakan data palsu yg diibuat menurut data  profile sahabat yg anda miliki. Facebook memang belum memiliki pelaksanaan serta fitur tersendiri misalnya Friendster yang telah memiliki semacam generator serta counter buat mengetahui siapa dan jumlah orang yg sudah melihat suatu profile. Aplikasi ini tidak hanya akan memasuki serta mengambil data berdasarkan wilayah privacy anda, karena, pastinya juga akan mengurangi kenyamanan dalam memakai Facebook. Selain itu, disinyalir aplikasi ini adalah scam. Apa itu scam? Berikut sedikit nukilan mengenai scam dalam dunia internet:
"There are many kinds of scam on Internet. This is somewhat subjective. But for the purpose of our work, we'll define it as obtaining money by means of deception including fake personalities, fake photos, fake template letters, non-existent addresses and phone numbers, forged documents.." ~ //www.eecl.org/scam/definition.shtml
Ada poly jenis scam di internet dan sifat definisinya sangat subjektif. Eecl.org mendefinisikannya sebagai cara untuk menerima uang menggunakan penipuan/pembohongan/pemalsuan termasuk antara lain data diri, foto, surat, alamat, nomor telepon, serta dokumen palsu. Dari definisi ini bisa ditarik jua konklusi bahwa termasuk diantaranya merupakan layanan/service pelaksanaan yang fraud atau palsu.

Parahnya, scam waktu ini nir hanya dilakukan dengan memberikan data palsu, namun juga dengan memasuki daerah privasi seorang melalui suatu trick/tipuan layanan agar orang tadi tertarik serta bersedia sebagai konsumen. Dengan cara ini, data pelanggan, termasuk yg berkaitan dengan data keuangan (credit card number contohnya), mampu dicuri dan dimanfaatkan. Carding termasuk dalam kategori misalnya ini.
Berikut langkah-langkah buat menghindari resiko dari pelaksanaan Facebook semacam itu:
  1. Jika anda mendapat notifikasi tentang pelaksanaan yang meminta anda buat meng-klik url //aps.facebook.com/xyz/ dan sejenisnya, yg memberi iming-iming layanan buat mengetahui siapa saja yang melihat profil anda, pastikan jangan klik link pelaksanaan tadi.
  2. Jangan mengklik 'like' dalam halaman atau 'join' group yang memperlihatkan layanan ini. Dapat dipastikan anda akan dibanjiri menggunakan banyak notifikasi ataupun message yang memperlihatkan suatu link. Apabila sudah terlanjur melakukan klik 'like' atau 'join', jangan klik link yang ditawarkan. Kebanyakan dari halaman atau group tadi akan meminta anda buat mengklik beberapa link  terlebih dahulu sebagai kondisi agar anda bisa mengetahui siapa yang melihat profil anda. Link-link tadi umumnya adalah link referral dan bahkan aplikasi scam.
  3. Jika news feed pada laman home Facebook anda menampakan terdapat sahabat yang menggunakan pelaksanaan semacam ini, sembunyikan saja (hide) atau pada hapus (remove) serta jangan klik link yang termuat disana.
  4. Ketahuilah bahwa Facebook Developers sedang berbagi fitur/pelaksanaan menggunakan fungsi demikian. Jadi, harap sabar karena pelaksanaan menurut pihak ketiga yang nir diverifikasi Facebook mampu jadi mengandung resiko besar yang nir terduga. Bermain aman sajalah. ^^

Tidak ada komentar untuk "Hatihati dengan Aplikasi Facebook Berbahaya Who Is Checking My Profile"