Link Building Pentingkah untuk SEO Blog Ya Penting

"Penting! Link building sangat krusial buat SEO Blog!" Itu merupakan statemen yang benar-harus diteriakkan sang saya berkaitan menggunakan bisnis peningkatan SEO blog/website, alasannya adalah sih nanti saja, belakangan. Haha.

Jadi, apa itu link building?
Link building merupakan proses buat membuat serta mempertinggi jumlah dan kualitas inbound link, yaitu link yg mengarah ke suatu laman blog/website.
Mengapa dilakukan proses itu? Karena semakin tingi jumlah serta kualitas link yg mengarah ke suatu laman blog/website, semakin tinggi juga popularitas serta visibilitasnya. Dalam kaitannya dengan SEO, ranking suatu page bisa meningkat seiring menggunakan meningkatnya popularitas serta visibilitas tersebut. Artikel baru dari suatu blog yang sudah populer di mata search engine juga akan cepat terindeks serta cepat memiliki SERP yg baik.

Oke sebelum pembahasan mengenai link building diarahkan lebih jauh, kita pahami dulu apa itu sebenarnya "link". Link merupakan connector (penghubung) antara dua laman web, baik dari suatu halaman utama (homepage) maupun dari suatu sub laman ke sub page yg lainnya (post/article page). Link adalah bagian menurut navigasi website yang nir bisa dipisahkan. Link yang demikian diklaim sebagai internal link.
Lalu, terdapat pula external link, yaitu link suatu laman website yang berada pada page website yang lain, atau sebaliknya. Sebagai model, saat anda mensubmit artikel ke situs direktori artikel serta mencantumkan link artikel website/blog anda, maka terdapat koneksi yang terhubung menurut laman direktori ke page artikel anda melalui link tersebut. 
Dengan demikian, telah jelas bahwa link building juga berarti menciptakan link baik secara internal (internal linking) maupun secara eksternal (external linking).
Internal linking berarti membangun navigasi buat suatu webiste/blog di pada website/blog itu sendiri. Semakin baik internal linking, semakin baik jua navigasinya bagi pengunjung maupun di mata search engine. Logikanya, pengunjung dapat dengan mudah mencari artikel yg diinginkan serta berkaitan. Reference (surat keterangan) dari suatu page ke laman yang lain memberitahuakn adanya keterkaitan suatu isi satu sama lain. Selain itu, search engine dapat dengan gampang memetakan link-link yg ada di dalam website/blog.
Eksternal linking adalah usaha buat menciptakan reference dari suatu blog/website lain melalui link yang mengarah ke blog/website tertentu. Adanya reference ini menampakan bahwa isi suatu page website/blog itu penting di mata website/blog lain. So, semakin banyak dan berkualitas eksternal link yang mengarah, semakin penting pula halaman blog/website tadi. Search engine lalu melihatnya menjadi popularitas dan visibilitas suatu page website/blog, sang karenanya beliau kemudian menaikkan ranking-nya di dalam laman search engine (SERP). Kemudian, lantaran link halaman tadi direferensikan sang banyak blog/website yang pula memiliki nilai penting dan mempunyai keterkaitan yg baik di mata search engine (berkualitas), maka search engine (Google) menghadiahi halaman tadi menggunakan PageRank. :)

Nah, disini berarti kita sudah sampai pada SEO (Search Engine Optimization) dan relatif beralasan telah mengapa link building itu krusial. So, bagaimana melakukan proses link building yg baik bagi SEO? Dari apa yg sudah sedikit  dibahas di atas, kita ketahui bahwa kondisi link yang baik wajib memenuhi beberapa kriteria dan tidak hanya bergantung menurut jumlahnya namun juga kualitasnya, yaitu bersumber berdasarkan website/blog yg credible (bisa diartikan menjadi blog/website yang ber-PageRank lebih tinggi), berkaitan (memiliki topik/tema yg sama), serta mengandung anchor text yg sinkron.
Berikut tips buat melakukan link building yang baik:
A. Internal linking:
1. Buat navigasi-navigasi yang mengandung link-link blog serta mempermudah visitor.
2. Tanamkan link suatu halaman posting lain pada pada posting tertentu sinkron dengan anchor text serta keyword yg berkaitan. Ini juga memudahkan visitor buat memahami suatu hal yang tidak dijelaskan pada satu page posting blog tetapi dijelaskan pada halaman yg lainnya.
3. Hindari link ke dalam halaman blog lain yang menggunakan redirect link, karena search engine tidak memperhitungkan redirect link. Itulah mengapa aku tidak terlalu banyak memakai widget yang memakai redirect link. Satu 2 widget sih tidak masalah, akan tetapi jangan semuanya. Widget-widget eksternal biasanya menggunakan javascript yg melakukan generating feed menurut yahoo pipes, RSS/atom feed, ajax, dan lain-lain yg membuat redirect links.
B. Eksternal linking:
Eksternal linking dapat dilakukan dengan banyak cara, ekstrimnya hingga pada jual beli link (buy sell links), spam dan lain-lain. Tetapi aku nir akan mengetengahkan cara-cara tersebut disini. Selain karena nir pernah dan tidak memiliki pengalaman mengenai cara-cara tadi, Google jua telah menaruh warning-nya pada Guidelines Google mengenai Quality Content. So, disini kita akan belajar tentang link building secara natural di pada organic SEO
Yang wajib dipahami terlebih dahulu merupakan mengenai link yang berlabel dofollow serta nofollow. Link yg mengandung "rel=nofollow", akan diabaikan menjadi reference yg berkualitas sang Google, meskipun masih terhitung menjadi backlink. Tag tadi digunakan karena banyaknya web spam yang diindeks sang Google dan merugikan poly website lain yg berkualitas namun kalah pada SEO. Sedangkan Yahoo serta beberapa search engine lain tidak memperhatikan ini. Itulah mengapa kita bisa menggunakan mudah mendapakan puluhan ribu backlink Yahoo, sedangkan buat menerima 1 backlink saja dari Google susahnya setengah tewas. Selain itu, Google pula memperhatikan kualitas serta keterkaitan anchor text berdasarkan website/blog lain yang memberikan backlink.
So, berikut langkah-langkah dasar buat membentuk eksternal link:
1. Submit blog ke direktori serta social bookmark. Prioritaskan direktori serta social bookmark yang dofollow.
2. Blogwalking memang ampuh menjadi wahana buat membentuk link. Berkomentarlah menggunakan meninggalkan link yang ingin anda maksimalkan serta isi nama komentator dengan anchor text yg ingin dioptimalkan. Sekali lagi, buat backlink Google, prioritaskan pada blog-blog dengan comment dofollow.
3. Pastikan memiliki artikel yang original serta bukan contekan sehingga anda bisa mendapatkan linkback berdasarkan website/blog lain yang mereferensi atau meng-copy artikel blog anda. Jika terdapat yang copy-paste tanpa linkback/link asal, pastikan buat memintanya. Itulah mengapa aku sangat menekankan adanya link asal dalam artikel aku yang di-copas, ini demi kebaikan bersama. Lantaran sekali Google mengetahui sebuah artikel merupakan contekan, maka dia akan menurunkan ranking SERP-nya serendah mungkin, atau bahkan menghapus dari indeks hasil pencarian.
4. Perhatikan sahih-benar penggunaan anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan sesuai dengan target keyword yang ingin dioptimalkan di search engine, contohnya dalam blog ini saya memakai "tips-tricks blogger" sebagai keyword yg sedang dioptimalkan.
6. Link eksternal juga termasuk link-link menurut dalam blog yg mengarah ke website/blog lain. Memberikan link back pada situs-situs menggunakan dapat dipercaya dan rank yg baik juga bisa menaruh nilai tambah di mata search engine. Hindari memberi link pada situs-situs yg memiliki kredibilitas tidak baik, misalnya web spammer, auto content, agregator, search engine blog, blog yg tidak memiliki original content, dan situs-situs sampah lainnya  karena ini bisa menurunkan pouplaritas suatu web/blog. Kita nir dapat mengontrol siapa yg menaruh backlink ke blog/website kita, akan tetapi kita dapat mengontrol serta memperhatikan siapa yang kita beri backlink.
7. Untuk blog-blog baru, optimalkan terlebih dahulu link halaman primer (homepage) buat memperkuat otoritas serta popularitasnya.
Selain cara-cara di atas, anda dapat membangun link menggunakan misalnya menjadi guess blogger (menjadi penulis tamu di blog lain), namun untuk mengawalinya, saya lebih menekankan pada cara-cara tersebut di atas. Merawat blog tidak hanya dengan menghabiskan ketika beserta blog saja tanpa "berkelana" ke dunia luar, karena poly pelajaran serta manfaat yang bisa diambil termasuk dalam usaha menaikkan SEO blog melalui link building.
mencuri merupakan pekerjaan pengecut! © tentang-soal.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Link Building Pentingkah untuk SEO Blog Ya Penting"