Mengapa Jumlah Backlink Google Sedikit Ini Jawabannya

Jumlah backlink blog/web yang ditemukan Google pada situs lain diyakini masih berpengaruh terhadap rangking suatu halaman web/blog pada Google Search Engine juga dalam kaitannya dengan PageRank. Meskipun sebenarnya, sudah banyak ditegaskan oleh para master SEO bahwa kualitas backlink-lah yang lebih memilih. Seiring dengan pemahaman itu, poly yang mengeluh mengapa jumlah backlink Google selalu saja nampak sedikit padahal link building terus menerus dilakukan bahkan sudah tidak terhitung lagi jumlah link yang telah ditanam.
Suatu saat ada yg berbicara, "Blog ane jumlah backlinknya 6, kok PR-nya cuma 1 ya? Sedangkan Blog-nya si A jumlah backlink-nya cuma terdapat 1, tapi kok PR-nya 4? Kok bisa? Ada apa? Kenapa?!"

Seperti yang telah kita ketahui, cara paling generik buat mengetahui jumlah backlink merupakan dengan mengetikkan perintah eksklusif pada pada kotak pencarian Google:
link:url atau link:nama domain (semua tanpa spasi)
Contoh:
link://tentang-soal.blogspot.com atau link:tentang-soal.blogspot.com (masukkan www bila anda menggunakannya menjadi nama domain utama, serta sebaliknya, jangan gunakan www bila bukan adalah nama domain utama, karena hasilnya akan berbeda)
Biasanya, dan kebanyakan, kita hanya akan melihat beberapa domain atau halaman web/blog yg ada dalam output pencarian. Benarkah demikian jumlah backlink suatu web/blog yg telah ditentukan (masuk kriteria menjadi backlink) oleh Google?

Mungkin bagi beberapa pakar SEO, sudah sangat dipahami benar mengapa demikian. Namun, lantaran rasa penasaran, sekitar beberapa bulan yg lalu, aku melakukan googling serta mencari banyak sekali macam warta mengenai ketepatan jumlah backlink Google, termasuk mengunjungi blog Matt Cutts, aplikasi engineer-nya Google:
"The short answer is that historically, we only had room for a very small percentage of backlinks because web search was the main part and we didn't have a ton of servers for link colon queries and so, we have doubled or increased the amount of backlinks that we show over time for link colon, but it is still a sub-sample. It's a relatively small percentage. And I think that that's a pretty good balance, because if you just automatically show a ton of backlinks for any website then spammers or competitors can use that to try to reverse engineer someone's rankings."
Interpretasi bebasnya lebih kurang merupakan: Google hanya menyediakan ruang yg sedikit buat menampilkan output search query dalam backlink, sebagai akibatnya yg ditampilkan pun hanya sepersekian % saja. Ini karena fungsi pencarian diutamakan buat pencarian web secara generik. Itu beberapa tahun yang kemudian. Meskipun sekarang jumlah server Google jauh berkali lipat berdasarkan sebelumnya, dan jumlah backlink yg ditampilkan bertambah, tetapi itu masih beberapa persen saja berdasarkan holistik jumlah backlink yg dimiliki oleh sebuah website. Salah satu tujuannya merupakan buat menghindari spam ke situs-situs pemberi backlink dan merahasiakan backlink suatu situs dari situs-situs pesaing.

Telah kentara sekarang bahwa jumlah backlink suatu web/blog yang ditampilkan di output pencarian Google bukanlah jumlah backlink yang sesungguhnya serta Google sendiripun mengakuinya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang sesungguhnya? Setidaknya bagi webmaster/owner menurut sebuah blog/website? Menjawab ini, Matt Cutts kemudian melanjutkan,
"To see a much larger sampling of links to any verified site in Webmaster Tools:
1. On the Webmaster Tools Home laman, click the site you want.
2. Under Your site on the web, click Links to your site.
Note: Not all links to your site may be listed. This is normal"
Untuk melihat contoh backlink pada jumlah yg lebih besar , kita dapat memakai Google Webmaster Tools, dimana setiap pemilik website bisa melihat beberapa laporan dan melakukan analisis sederhana mengenai eksistensi website-nya di search engine. Setelah  masuk ke beranda Google Webmaster Tools (note: web/blog wajib sudah terdaftar serta terverifikasi pada Google terlebih dahulu), lalu klik web/blog yang ingin anda lihat. Setelah masuk ke dashboard salah satu web/blog anda, klik "Links to your site" atau "Link ke situs anda". Disana anda akan melihat 3 bagian krusial: Sampel dan jumlah situs teratas yg memiliki link ke situs anda, laman-halaman situs yang paling poly mempunyai link, serta keyword/phrase (anchor text) terbanyak menurut link-link terebut.

Sekali lagi (serta lagi-lagi!) Google juga menekankan bahwa nir semuanya ditampilkan serta itu normal. Jadi jawaban atas pertanyaan mengenai jumlah backlink Google terhadap suatu web/blog telah kentara sekarang.

Backlink blog ini, yg ditampilkan pada output pencarian Google, juga berubah-ubah. Kadang-kadang hanya dua. Pernah beberapa bulan kemudian saya cek ada 16 butir backlink yang ditampilkan. Dan, terakhir aku cek hanya empat backlink. Kemudian yg ditampilkan di Webmaster Tools pun jua nir stabil, terakhir aku cek ada 236 situs yang mempunyai backlink blog ini dan 3341 link halaman-halaman blog ini yang menerima linkback. 

Akan namun karena telah kentara duduk perkaranya, dari ekonomis saya, kita tidak perlu merisaukan jumlah backlink yg ditampilkan di search engine juga Webmaster Tools lantaran, misalnya halnya misteri Google dalam memilih PageRank dan ribuan faktor yg sebagai penentunya, kita tidak akan pernah tau jumlah backlink Google yang sesungguhnya. Lebih baik permanen penekanan pada bagaimana membentuk web/blog yg valuable buat pengunjung serta terus meningkatkan SEO-nya, bukan?
mencuri merupakan pekerjaan pengecut! © tentang-soal.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Mengapa Jumlah Backlink Google Sedikit Ini Jawabannya"