Nikmati Fitur Baru Blogger Custom Permalink URL Editor


Setelah dinantikan-tunggu, fitur custom permalink Blogger akhirnya datang jua, meskipun masih berupa draft. Dengan kehadiran custom permalink ini, kita bisa dengan gampang melakukan kostumisasi terhadap permalink sebelum menerbitkan (publish) posting.

Sebelum kehadiran fitur edit permalink blogger ini, saya mesti mengakali istilah-kata di dalam judul posting agar kata-kata di pada permalink tidak terputus dan nir kehilangan makna. Saya wajib menuliskan kata-istilah penting terlebih dahulu, buat pengunjung maupun untuk mengoptimalkan keyword dalam permalink. Caranya merupakan menuliskan dulu istilah-kata krusial pada kotak judul, publish, lalu edit judul lagi. Tentu ini tidak efisien serta kurang memuaskan.

Nah, kini fitur custom permalink sudah hadir pada Blogger. Kita tidak perlu lagi bolak kembali mengedit judul posting. Yang dibutuhkan cuma menuliskan nama permalink melalui fitur "Permalink" di post editor Blogger. Usaha mengoptimalkan keyword buat SEO pada pada url permalink bisa lebih aporisma. Meningkatkan SEO blog pun jadi lebih gampang.

Langkah-langkah menggunakan fitur Custom Permalink Blogger

1. Karena masih berupa draft, akses dashboard melalui draft.blogger.com. Update: Now, you can access it directly via Blogger Dashboard. Blogger Draft telah pensiun serta sekarang semua fitur ujicoba juga resmi pribadi bisa di akses melalui Dashboard.
2. Buka post editor (new post, posting baru), misalnya saat hendak menuliskan posting baru.
3. Perhatikan pada "post settings" pada sidebar kanan, terdapat beberapa fitur buat melakukan kostumisasi posting, lihat "Permalink", klik.
4. Akan ada 2 opsi, "automatic URL", dan "custom URL". Yang pertama adalah default, url menyesuaikan judul. Kemungkinan terpotong sangat Besar. Untuk melakukan kostumisasi permaling, pilih opsi ke 2.
5. Setelah memilih opsi "custom URL", ketikkan nama permalink posting sesuai harapan. Ada satu hal penting yg perlu diperhatikan: Jangan terdapat spasi. Beri hypen/strip (-) diantara setiap istilah, sinkron jenis permalink Blogger.
contoh: buka-misteri-blogspot-custom-permalink
6. Klik Done. Anda bisa melanjutkan menciptakan posting atau eksklusif "publish".

Review serta Catatan Fitur Blogger Custom Permalink

Seperti yang sudah disampaikan di atas, lantaran masih berupa draft, maka fitur ini belum sepenuhnya, atau 100% bebas dari masalah. Bahkan belum tentu fitur ini selanjutnya dirilis secara resmi. Update: Sekarang sudah resmi. Ada beberapa hal yg saya lihat dari fitur ini, baik kelebihan maupun kekurangannya:
1. Jumlah karakter pada permalink, sehabis saya cek, mampu mencapai lebih kurang 45-80an karakter (mungkin lebih dikit), disesuaikan dengan panjang karakter url secara holistik. Artinya, batasan jumlah karakternya tergantung panjang nama blog. Semakin panjang nama blog, semakin sedikit jumlah karakter yg sanggup dibentuk pada custom permalink.
2. Ada satu kelemahan yg relatif signifikan sehingga menurut aku nir terdapat perubahan besar menggunakan adanya fitur ini. Custom permalink hanya bisa dibentuk sebelum sebuah posting diterbitkan. Artinya, sesudah sebuah posting diterbitkan maka permalink nir dapat diedit lagi. Tidak misalnya WordPress dimana penggunanya bisa mengedit permalink pada jenis posting apapun (draft juga published posts). Anda wajib menghapus posting lama , apabila ingin menciptakan versi url baru.
3. Custom permalink ini hanya berlaku pada nama file. Jika kemarin ada yg menanyakan mengenai mengubah struktur permalink, maka fitur itu nir (atau setidaknya belum) ada. Maksudnya adalah, penanya ingin menciptakan url permalink clean, tanpa embel-embel folder sesuai bulan tahun (Contoh: 2012/07). Fitur ini diklaim url rewrite, serta keduanya adalah fitur yang jauh tidak sama. Fitur ini melibatkan htaccess, dan Blogger tidak mengizinkan/menyediakan akses ke sana (cPanel). Blogger juga tidak mengizinkan penggunaan plugin/addon.
Yup, itu dia. Meskipun ada banyak kekurangan, saya rasa fitur ini cukup poly membantu dalam upaya penyusunan keyword pada permalink tanpa wajib edit judul posting. Hope this post useful, have a nice blogging, then. :)
© tentang-soal.blogspot.com. All rights reserved.

Tidak ada komentar untuk "Nikmati Fitur Baru Blogger Custom Permalink URL Editor"