Tampilan Baru Dashboard Blogger dan Cara Menggunakannya

Blogger telah mulai mengaktifkan tampilan dashboard yg baru (new user interface [UI]). Tampilan Blogger Dashboard baru ini sanggup diakses menggunakan klik "Try the updated Blogger interface", baik melalui page Home, juga laman-page lain (new post, design, comments, dll). Seperti liputan yg telah saya sampaikan pada Fitur-Fitur Terbaru Blogger/Blogspot 2011, tampilan ini terlihat lebih elegan, powerful, handy, dan lengkap.

User akan disambut dengan tampilan dashboard Blogger baru seperti ini:
















Akses ke semua fitur/laman di pada control panel/dashboard blogger dengan meng-klik option pada sebelah kanan gambar "home". Akan muncul pilihan-pilihan seperti posts, comments, stats dll. Untuk pribadi masuk ke bagian design template/laman elements, klik "Layout" (dulunya design).
















Di halaman Layout, user sanggup menambah atau mengedit gadget seperti umumnya. Salah satu fitur baru pada page tadi adalah Blogger Custom Favicon dimana user dapat menggunakan gampang mengganti favicon (icon) blog. Tidak seperti dulu, dimana kita wajib mengupload file .ico pada hosting lain serta memasang script favicon melalui "Edit HTML".

Salah satu halaman tampilan yg pula baru merupakan overview, dimana kita dapat melihat summary menurut statistik blog secara lengkap pada satu laman, contohnya: jumlah pageview, jumlah posting, jumlah comment, reffering site terbanyak, blogger news, serta masih banyak lagi. Klik panel "Overview" di sebelah kiri atas buat mengaksesnya. Tampilan ini mengingatkan saya akan control panel/dashboard admin WordPress, tentu saja tidak sama persis.
















Fitur krusial lain yg sudah terdapat sebelumnya tetapi sempat menciptakan galau user saat mencarinya merupakan "Edit HTML". Dalam tampilan usang Blogger, Edit HTML diakses sehabis masuk ke design/rancangan > klik Edit HTML. Kini fitur ini diakses dan terintegrasi pada menu/opsi "Template" dengan nama "Edit Template".

















Di dalam pilihan menu itu, user bisa melihat tampilan live template yang digunakan sang blog, melakukan kostumisasi template, serta memilih serta membarui template. Tentu saja ini buat template blogger yang official/bawaan Blogger. Untuk melakukan editing HTML secara manual, scroll mouse hingga bagian terbawah laman. Terdapat tiga sub menu, pilih/klik "Edit Template" serta tampilan HTML editor akan pribadi timbul. Backup dan restore file XML template bisa dengan gampang dilakukan di pada halaman itu juga.

Salah satu fitur usang yg terpenting adalah "Post Editor". Dalam tampilan Blogger baru ini, layout Post Editor tampak lebih elegan dan mantap. Tetapi, tidak ada perubahan berarti pada fitur-fitur editing-nya.

Pastinya, butuh saat yang cukup bagi pengguna Dashboard blogger usang buat beradaptasi menggunakan tampilan serta fitur dashboard Blogger baru. However, it feels worth enough to try this Blogger Dashboard's new look and features, ain't it? :D
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © tentang-soal.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Tampilan Baru Dashboard Blogger dan Cara Menggunakannya"