Profil Negara India

Luaswilayah negara India yaitu 3.316.500 km2. Secara astronomis, wilayah Indiaterletak pada 80 Lintang Utara – 370 Lintang Utara serta 180Bujur Timur – 970 Bujur Timur. Batas –bataswilayah negara India yaitu sebagai berikut.
1.sebelahselatan berbatasan dengan Sri Lanka serta Samudra Hindia
2.sebelahbarat berbatasan menggunakan Pakistan dan Laut Arab
3.sebelahutara berbatasan menggunakan Nepal, Bhutan, serta Cina
4.sebelahtimur berbatasan menggunakan Bangladesh, Myanmar, serta Teluk Benggala


Ibukota India yaitu New Delhi dengan bentuk pemetintahannya yaitu republik. Kepalanegara dipimpin oleh seseorang presiden serta kepala pemerintahan yaitu perdanamenteri. Perdana menteri India yang pertama kali yaitu Jawaharlal Nehru,adalah kakek berdasarkan Rajiv Gandhi.

Indiamasih sebagai anggota persemakmuran Inggris, hingga waktu ini. Hari kemerdekaanIndia diperingati setiap tanggal 15 Agustus. Lagu kebangsaannya yaitu Jana GanaMana.

Bahasayang dipakai oleh penduduk India yaitu Hindi dan Inggris. Mayoritas penduduk India,beragama Hindu. Mata uang yang digunakan negara ini adalah Rupee.

Iklimdi India merupakan iklim animo tropis yang terbagi atas 3 ekspresi dominan, yaitu
1.musimpanas yang terjadi dalam bulan Maret sampai Mei, dalam animo ini bertiup anginmuson timur bahari yg kering, tetapi masih ada turun hujan, meskipun sedikit dandaerah pantai serta ujung selatan India memperoleh hujan yang relatif banyak
2.musimhujan yg terjadi pada bulan juni hingga september, bertiup angin muson baratdaya yg membawa hujan lebat.
3.musimdingin yg terjadi pada bulan Oktober sampai Februari, bertiup angim musontimur laut berdasarkan daratan Asia. Pada animo ini, India mengalami kering, kecualidibagian tenggara memperoleh sedikit hujan karena angin muson melewati telukbenggala yang membawa uap air.

Berdasarkanbentangan alamnya India, dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu menjadi berikut
1.daerahpegunungan himalaya
Terdiri menurut deretan pegunungan dengandataran tinggi serta lembah akbar antara lain yaitu dataran tinggi Khasmir danLembah Kulu.
2.dataranrendah gangga
Daerah ini terbentuk oleh Sungai Indus,Sungai Gangga, dan Sungai Brahmana. Daerah ini adalah wilayah aluvial denganpermukaan sangat datar. Lembah sungai gangga adalah wilayah pertanian yangterpenting di India lantaran dasar lembah ini adalah akumulasi pasir serta tanahliat dan merupakan daerah yg subur.
3.semenanjungbagian selatan
Daerah ini terdiri atas perbukitan danpegunungan. Tanaman terpenting di daerah ini merupakan kapas dan gandum. Di bagiantimur terdapat dataran tingi yang poly mengandung mineral. Daerah bagianbarat Dekan adalah plato tanah hitam banyak ditanami sorgum dan kapas.pantai darat merupakan jalur dataran rendah serta jalur lereng tebing yang sempit.

Sungai– sungai terbesar di India, yaitu
1.sungaigangga, yaitu sungai yang dipercaya kudus oleh penduduk India serta sungai inimengalir ke timur melalui dataran rendah yang luas serta bermuara didekatCalcutta pada teluk benggala.
2.sungaiindus, yang bermuara pada laut arab dan berhulu dibagian barat Himalaya. Disungai ini terdapat bendungan yang terbesar di India, yaitu Bendungan Sukkur.
3.sungaiBrahmaputra, berhulu dikaki utara Pegunungan Himalaya serta bermuara pada TelukBenggala. Sungai ini memperoleh airnya dari gletser.

Pendudukasli india, terbagi atas suku bangsa:
1.bangsaHindu, yang berkulit putih, tinggal pada wilayah dataran rendah Hindhustan danlembah sungai yg fertile.
2.bangsaDravida yang berkulit hitam dan tinggal didataran tinggi Dekan, bagian selatan.
3.bangsaMongol, tinggal didaerah Assam, Benggala, dan Lereng pegunungan  Himalaya.
4.BangsaMunda, tinggal pada daerah pegunungan serta kebudayaannya masih sederhana.

Demikian Profil Singkat Negara India, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Sampai jumpa lagi pada artikel tentang-soal.blogspot.com berikutnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Profil Negara India"