Tutoria Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil


Kenapa iklan AdSense tidak tampil atau unit iklan AdSense hanya sebagian saja yang muncul pada halaman tertentu? Salah satu faktor penyebab iklan AdSense tidak tampil di halaman tertentu yaitu sobat baru mengaktifkan fitur HTTPS yang disediakan Google untuk custom domain di blognya seperti yang pernah saya bagikan di postingan ini Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain.




Ya, untuk perubahan atau migrasi blog dari HTTP ke HTTPS ternyata membutuhkan proses yang berimbas juga pada hilangnya iklan dari unit iklan AdSense yang belum pernah dialami sebelumnya. Ini dikarenakan jenis protokol URL yang tidak sama, yang satu tanpa enkripsi (HTTP) sedangkan yang satunya lagi menggunakan sistem enkripsi (HTTPS). Nah, ini yang membuat sistem jadi bingung untuk membaca 2 protokol yang berbeda dalam satu halaman blog. Namun jangan khawatir, hal ini sudah diatasi oleh Google yang sudah mendukung unit iklan baik itu yang menggunakan HTTP maupun HTTPS. Jika sudah mendukung, lantas kenapa iklan masih tidak tampil di sebagian halaman blog? Untuk mengatasinya silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil

Secara default (sebelum diaktifkan) format untuk robot.txt adalah sebagai berikut


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.arlinadzgn.com/sitemap.xml


Di sini kita hanya perlu mengubah (mengaktifkan) robot.txt agar iklan dapat tampil di semua halaman blog.

Pertama, buka Blogger > Klik menu Setelan > Klik Preferensi penelusuran > Lalu temukan robot.txt khusus seperti pada gambar di bawah ini




Setelah itu isi form kosong di dalamnya dengan format robot.txt ini


User-agent: Mediapartners-Google
Allow: /
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.blogrtrwnet.blogspot.com/sitemap.xml


Ganti www.wikiblog.my.id dengan nama domain blog sobat

Kemudian klik tombol Simpan perubahan dan selesai. Dengan cara ini juga sekaligus akan memperbaiki error Indexed Though Blocked by robots.txt di Search Console.


Tambahan


Setelah menerapkan robot.txt khusus, sobat juga perlu menghapus JS AdSense seperti ini


<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>


dan menggantinya dengan kode ini, terapkan sebelum kode penutup body </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;


<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
//]]>
</script>


Setelah melakukan cara di atas iklan AdSense tidak akan langsung tampil, semuanya butuh proses. Sobat hanya perlu menunggu sampai Google merayapi blog dengan format robot.txt yang baru. Demikian dari Arlina Design tentang Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil. Semoga bermanfaat dan wassalam.



Referensi : https://www.bungfrangki.com/

Tidak ada komentar untuk "Tutoria Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil "