[Penting] Persiapan Sebelum Rilis Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN Tahun Pelajaran 2020/2021


Salam semangat buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan baik jenjang PAUD maupun Dasar dan Menengah. Seperti yang kita ketahui, saat ini organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengalami perubahan, dan salah satu perubahannya adalah bergabungnya Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke dalam Unit Utama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sehingga berubah menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah


Dengan adanya perubahan organisasi dan tata kerja ini, maka Aplikasi Dapodik yang dikelola oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah harus melakukan perubahan dan penyesuaian sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah akan mengembangkan Aplikasi Dapodik Versi Baru untuk satuan pendidikan di semua jenjang. Selain pada aplikasi Dapodik, pengembangan dan penyesuaian juga harus dilakukan pada Manajemen Dapodik untuk Dinas Pendidikan. 

Penting: Ditargetkan Aplikasi Dapodik versi baru akan dirilis pada awal Juni 2020.
Mengingat Sinkronisasi Dapodik PAUD DIKMAS dan Dapodikdasmen telah berakhir pada tanggal 10 Mei 2020, rekan Operator Dapodik khususnya Dapodik PAUD sudah tidak bisa lagi melakukan Sinkronisasi Dapodik.

Berkaitan dengan judul postingan kita pada kali ini yaitu  persiapan sebelum rilis aplikasi dapodik baru semua jenjang tahun pelajaran 2020/2021. Adapun persiapan yang harus dilakukan oleh rekan Operator Dapodik sebagai berikut :

1. Menyimpan Kode Registrasi Dapodik ; dan
2. Menyimpan Akun Login (username dan password) Dapodik Semester Lalu. 

Mengapa admin mengatakan harus dilakukan oleh Operator Dapodik, karena Pemeliharaan/maintanance server akan diberlakukan sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik Versi Baru dan pembaruan Manajemen Dapodik, jadi untuk berjaga-jaga jikalau ada perubahan nantinya di dapodik versi baru kita sudah memiliki Koreg dan akun login dapodik di semester lalu sebelum Manajemen Dapodik juga tidak bisa diakses. Hingga saat ini, Manajemen Dapodik masih bisa diakses. Oleh karena itu, silahkan lakukan simpan koreg dan akun login dapodik di semester lalu. 

Berikut ini admin bagikan Panduan Mendapatkan Kode Registrasi dan Username Dapodik :

Dalam hal ini admin menjelaskan tentang Cara Mendapatkan Kode Registrasi dan Username Dapodik PAUD melalui Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS. 

Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapdik Semester Lalu :


1. Silahkan akses Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS, berikut ini link aksesnya :

Silahkan klik pata tombol Login > Satuan Pendidikan. 

Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapdik Semester Lalu :
Gambar. Halaman Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS


2. Masuk dihlaman Login Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas, silahkan lakukan login terlebih dahulu.

Gambar. Halaman Login Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas

3. Setelah berhasil login, masuk di halaman Dashboard Manajemen, silahkan klik pada "Kode Registrasi"

Gambar. Klik pada Kode Registrasi untuk Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik PAUD DIKMAS
Dan muncullah Kode Registrasi Dapodik lembaga kita masing-masing.

Gambar. Kode Registrasi Dapodik

Selanjutnya, silahkan Copy kode registrasi tersebut, dengan cara block kode registrasi kemudian klik kanan dan pilih Copy

Cara Copy dan Simpan Kode Registrasi Dapodik PAUD DIKMAS
Gambar. Cara Copy dan Simpan Kode Registrasi Dapodik PAUD DIKMAS

Silahkan pastekan kode registrasi tersebut baik di Word ataupun Notepad, terserah mau rekan simpan kode tersebut dimana. 

Itulah cara mendapatkan kode registrasi dapodik paud dan dikmas di semester lalu. 


Cara Mengetahui Username Dapodik pada Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS :

4. Melanjutkan langkah diatas, untuk mengetahui username dapodik lembaga masing-masing, silahkan klik pada tanda silang "X" pada nama Operator.

Cara Mengetahui Username Dapodik pada Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS
Gambar. Cara Mengetahui Username Dapodik
Selanjutnya, masuk dihalaman Reset Pengguna, dihalaman ini kita bisa melihat username dapodik  lembaga kita tepatnya pada bagian "Username".

Gambar. Halaman Reset Pengguna untuk Mengetahui Username Dapodik



Demikianlah informasi mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum rilis Aplikasi Dapodik Baru Semua Jenjang Semester Ganjil 2020/2021. Semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.

 

Tidak ada komentar untuk "[Penting] Persiapan Sebelum Rilis Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN Tahun Pelajaran 2020/2021"