Tutorial Lengkap Cara Mengkoneksikan Mikrotik ke VPN Kantor (PPTP Client)

Hay sobat RT/RW NET Indonesia, kali ini kita akan membahas mengenai VPN nih, pokoknya simak baik-baik ya sob, biar paham, gak salah paham dan tentunya anti gagal paham.. hehe.. :)




Virtual Private Network (VPN) merupakan teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk mengakses jaringan private (lokal) melalui jaringan publik (internet). VPN ini sangat berguna untuk mengakses jaringan kantor yang private dari manapun selama kita ada koneksi internet. Untuk lebih jelasnya silakan lihat ilustrasi PPTP (Point-to- Point Tunneling Protocol) VPN Berikut :



Contoh Topologi PPTP VPN
Saya analogikan ada sebuah kantor cabang yang perlu koneksi ke kantor pusat tetapi kantor cabang itu tidak punya koneksi langsung ke intranet kantor pusat. Yang ada hanya koneksi internet saja, sementara pegawai di kantor cabang yang butuh akses intranet itu cukup banyak, dan akun VPN nya cuma ada satu.


Untuk megatasi hal tersebut, kita bisa manfaatkan Router Mikrotik untuk konek ke VPN server dan memberikan koneksi intranet ke semua client di kantor cabang dengan hanya satu akun VPN saja.


Bagaimana caranya? Mari kita bahas bersama.


Tutorial Cara Mengkoneksikan Mikrotik ke VPN Kantor via PPTP VPN Client


1. Pastikan Router Mikrotik Anda sudah terkoneksi ke Internet. Jika belum silakan baca artikel sebelumnya : Tutorial cara mengkoneksikan Mikrotik ke Internet
Disini saya gunakan koneksi dari MiFi Smartfren Andromax.


2. Buka Winbox Mikrotik --> Klik menu PPP, pada tab interface tambahkan PPTP Client.





3. Beri nama PPTP VPN nya.





4. Masuk ke tab Dial Out --> Connect to : isikan IP Address VPN Server nya --> Masukkan juga user dan password akun VPN nya --> Klik Apply --> OK





5. Cek status koneksi PPTP VPN nya dengan melihat bagian bawah interface pastikan status nya connected dan tanda di depan icon VPN nya "R".





6. Sekarang kita coba ping ke IP address yang ada di Intranet. Hasilnya masih RTO.





7. Supaya bisa konek ke intranet kantor, kita tambahkan tabel routing statis dengan Dst. Address Private Network (intranet kantor) dan gateway nya interface PPTP VPN.

Private Network 10.0.0.0/8





Private Network 172.16.0.0/12




Bisa juga ditambahkan untuk Private Network 192.168.0.0/16


8. Coba test ping lagi, dan hasilnya sudah tidak RTO lagi dan bisa konek ke intranet.






9. Coba tes koneksi ke intranet kantor pusat di client. Bisa dengan cara ping atau buka aplikasi berbasis web.





Nah sekarang client sudah bisa konek ke intranet kantor pusat melalui Mikrotik. Jika client Anda menggunakan laptop, silakan bisa gunakan Hotspot Mikrotik agar akses lebih secure.

Tidak ada komentar untuk "Tutorial Lengkap Cara Mengkoneksikan Mikrotik ke VPN Kantor (PPTP Client)"