Update! Cek Aplikasi Dapodik Versi 2021 NISN PD Sudah Terinput Otomatis


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Dapodik PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN. Pada postingan kali ini, admin akan menjawab pertanyaan dari para rekan sekalian mengenai NISN Peserta Didik Tahun Ajaran 2020/2021. 

Adapun beberapa pertanyaan yang muncul dari rekan sekalian sebagai berikut :
  • Admin, apakah NISN Peserta Didik langsung diisi oleh sekolah?
  • Admin, bagaimana cara mendapatkan NISN Peserta Didik Tahun Ajaran 2020/2021?
  • Admin, bagaimana dengan Peserta Didik yang kembali bersekolah atau mengulang apakah mendapatkan NISN baru?
  • Admin, kenapa pada saat validasi Dapodik di bagian Peserta Didik muncul warning NISN Peserta Didik, bagaimana solusinya ?
Itulah beberapa pertanyaan dari rekan sekalian seputar NISN Peserta Didik Tahun Ajaran 2020/2021.

Baiklah berikut ini admin mencoba menjawab pertanyaan dari rekan sekalian. 

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Peserta Didik secara otomatis akan terisi di Aplikasi Dapodik setelah data peserta didik tersebut di inputkan oleh operator dapodik ke dalam Aplikasi Dapodik dan telah Valid serta Dapodik sudah disinkronkan. Oleh karena itu, bagi rekan sekalian yang bertanya apakah NISN Peserta Didik langsung diisi sekolah? Jawabannya, Tidak. 

Untuk mendapatkan NISN Peserta Didik caranya data Peserta Didik tersebut sudah masuk di aplikasi dapodik dan data tersebut sudah valid. Rekan operator dapodik secara langsung bisa cek NISN Peserta Didik tersebut melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id/.
Bagaimana dengan Peserta Didik yang kembali bersekolah apakah mendapatkan NISN baru? Ini yang perlu di perhatikan oleh operator dapodik, bagi Peserta Didik yang kembali bersekolah, apabila seluruh PD sudah diluluskan atau dikeluarkan, untuk PD Kembali Bersekolah silahkan dibatalkan status kelulusannya. Kenapa? untuk menghindari data PD Ganda. Tidak disarankan rekan operator dapodik untuk meng input kembali data PD Kembali Bersekolah , tapi disarankan untuk memperbaharui atau update data PD Kembali Bersekolah. Jadi, untuk NISN PD Kembali Bersekolah adalah NISN yang sudah ada pada semester lalu. 
Dan ini pertanyaan yang rata-rata dipertanyakan oleh bunda-bunda PAUD ataupun operator dapodik.  Kenapa, pada saat validasi Peserta Didik muncul warning NISN Peserta Didik. Untuk warning NISN Peserta Didik ini rekan sekalian tidak usah khawatir, karena setelah dapodik di sinkronkan otomatis data NISN Peserta Didik akan terisi baik di vervalpd maupun di Aplikasi Dapodik. Dan harus diingat, sinkron NISN Peserta Didik ini butuh waktu juga ya tidak langsung terisi di vervalpd. Untuk di dapodik, agar NISN terisi secara otomatis silahkan sinkron ulang dapodiknya. 


Untuk Aplikasi Dapodik yang telah berhasil Sinkron. Silahkan cek vervalpd dan aplikasi dapodiknya. Apabila NISN PD di vervalpd sudah tersedia, silahkan sinkron ulang dapodik nya dan akan menemukan NISN Peserta Didik sudah terisi otomatis seperti gambar dibawah ini. 

Update! Cek Aplikasi Dapodik Versi 2021 NISN PD Sudah Terinput Otomatis
Gambar. NISN Peserta Didik Tahun Ajaran 2020/2021 Sudah Terisi Otomatis di Dapodik

Baca Juga : Cara Cek dan Cetak NISN Peserta Didik TK/PAUD/KB/RA/TPA/SPS Melalui VervalPD Baru

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.  

Tidak ada komentar untuk "Update! Cek Aplikasi Dapodik Versi 2021 NISN PD Sudah Terinput Otomatis"