Apa itu IDP.Generic dan Cara Menghapusnya dengan Aman dari Windows 10/11

 


Di Windows, jika anda mendapatkan pesan dari Antivirus tentang pemblokiran ancaman IDP.Generic, maka itu adalah sesuatu yang tidak boleh anda anggap enteng. Ancaman dapat menginfeksi file apapun, baik dari file Spotify ke file Microsoft Word atau file apapun di Windows. Namun, jika software keamanan menangkapnya di komputer anda, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Artikel ini akan membuat anda sadar tentang ancaman IDP.Generic dan bagaimana anda dapat menghapusnya dengan aman dari system Windows 10 atau Windows 11 anda.



Apa itu IDP.Generic virus?


IDP disini merupakan singkatan dari Identity Detection Protection dan merupakan nama yang diberikan untuk jenis ancaman dimana malware atau antivirus mencoba mencuri informasi pribadi yang tersedia di PC anda. Ini juga disebut behavior blocker di beberapa software.



Ancaman bisa dari browser anda atau data yang tersimpan di PC anda atau dimanapun. Bagian umum dalam nama ancaman berarti bahwa hal itu dapat terjadi pada file apapun di komputer anda.



Cara Menghapus IDP.Generic dari Windows


Meskipun anda tidak dapat menangkapnya secara manual kecuali Antivirus melakukannya, namun anda dapat mengikuti apa yang dikatakan software setiap kali anda mendapatkan deteksi suguhan di PC anda. Jika software keamanan meminta anda untuk mengkonfirmasi dan menghapus file, maka lakukanlah. Jika meminta untuk mengkarantina file, maka itu juga harus dilakukan.


Jika anda berencana untuk memeriksa ancaman tersebut secara manual, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti.


  • Pastikan anda terhubung ke internet.
  • Kemudian, update virus definition untuk software Antivirus atau Security anda.


  • Setelah itu, mulailah melakukan full scan PC anda, termasuk drive eksternal apapun.
  • Jika software menemukan ancaman idp.generic, maka pastikan untuk mengikuti apa yang diminta untuk dilakukan.


Menyingkirkan ancaman ini sama seperti ancaman lainnya. Jika virus definition software antivirus anda up to date, maka file dapat dibersihkan atau dihapus. Anda mungkin harus menginstall ulang software jika executable utamanya atau bagian dari program terinfeksi.


Bagaimana saya bisa mencegah ancaman idp.generic?

Pastikan antivirus anda diupdate dan anda tidak mendownload file apapun dari sumber yang tidak tepercaya. Juga, pastikan untuk selalu mengupdate semua software, terutama program yang bergantung pada Java. Ikuti panduan umum untuk menjaga PC anda aman tanpa menggunakan antivirus atau mengatasi serangan virus dan memulihkan file.


Apakah perlu menggunakan Safe Mode untuk menghapus ancaman ini?

Tidak, itu tidak perlu dilakukan. Namun, jika anda ingin memastikan bahwa semuanya baik-baik saja, maka anda dapat me-restart komputer dalam Safe Mode dan kemudian menscan PC untuk ancaman idp.generic.


Bisakah ada false positive?

Bida Ya dan bisa juga Tidak. Jika menurut anda software keamanan telah mengkarantina atau menghapus file yang salah, maka anda dapat menggantinya dengan salinan baru dan menscannya sekali lagi. Karena ini merupakan ancaman potensial, anda selalu dapat melaporkan jika file atau software tidak menjadi masalah. Ini mungkin terjadi dengan software baru yang tidak biasa didownload atau digital signature yang belum dikirimkan dengan sebagian besar software keamanan.


Apakah ada gejala untuk idp.generic?

Biasanya Tidak. Ini adalah potensi ancaman; kemungkinan besar akan otomatis terdeteksi dan dikarantina. Karena virus mengejar detail pribadi, dimana jika terinfeksi, maka dapat mengakibatkan data anda dicuri. Jadi pastikan Antivirus PC anda up to date.


Bagaimana cara kerja IDP?

IDP atau Identity Detection Protection mengawasi setiap gangguan yang dilakukan atau dicoba ketika komputer atau browser melewati data melalui HTTPS. Jika ada program eksternal yang bisa atau yang telah melakukan upaya seperti itu, program itu akan langsung dikarantina dan dihapus.


IDP.Generic bukanlah sesuatu yang perlu anda khawatirkan. Pastikan semuanya diupdate, menscan komputer anda sesuai jadwal dan tidak mendownload file atau membuka website yang tidak aman. Jika anda hanya menggunakan Windows Security atau Windows Defender, anda dapat meningkatkan level perlindungan untuk PC anda.


Anda selanjutnya dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara scan ''Potentially Unwanted Applications'' dengan Windows Security atau bagaimana mengamankan USB drive anda dan mencegahnya dari penyebaran virus.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu IDP.Generic dan cara menghapusnya dengan aman dari Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Apa itu IDP.Generic dan Cara Menghapusnya dengan Aman dari Windows 10/11"