Cara Memvalidasi Product Key Windows 10/11

 


Pembajakan software cukup dominan di kalangan pengguna komputer akhir-akhir ini. System operasi Windows tercatat digunakan secara ilegal oleh sekitar 57% pengguna global. Pada tahun 2006, untuk memerangi tingkat pembajakan system operasi Windows, Windows memperkenalkan Windows Genuine Advantage.


Fitur ini akan memeriksa product key komputer anda terhadap ribuan product key yang masuk daftar hitam. Jika milik anda tidak diinginkan, efeknya akan berupa perubahan sesekali pada wallpaper dan background anda setiap 60 menit.


Ini juga akan menambahkan notifikasi Activate Windows di background anda, meminta anda untuk mengktifkan Windows. Sampai anda menggunakan product key genuine/asli, komputer anda akan dibebaskan dari update Windows. Seringkali, pengguna dengan product key asli juga dapat menemukan peringatan ini.


Beberapa mungkin memutuskan untuk menghapus Windows Genuine Advantage setelah diinstall atau mengabaikan validasi online. Jika anda lebih suka memiliki pemeriksaan Windows yang konstan untuk tetap up-to-date atau anda ingin mengetahui mengapa Windows asli anda memberi anda masalah ini, maka Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool (MGADiag) adalah solusinya.



Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool


Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool menjalankan pemeriksaan pada Windows anda dan memberi anda berbagai informasi atau petunjuk tentang mengapa bagian dari system anda tampak asli, seperti yang dilaporkan oleh Windows Genuine Advantage. Ini juga membantu dalam menyelesaikan beberapa masalah dan mengirim error ke Windows (dengan izin anda)


Sebagian besar pengguna menggunakan MGADiag untuk mengkonfirmasi apakah mesin mereka masih dalam masa tenggang. Masa tenggang (Grace period) adalah jumlah waktu luang yang diberikan Microsoft kepada pengguna Windows ilegal sebelum memberikan sanksi kepada komputer mereka.



Selama waktu ini, Microsoft percaya bahwa pengguna yang melanggar hukum akan ketagihan, berubah pikiran dan membeli versi Windows asli. Seperti yang dikatakan Bill Gates, "Mereka akan kecanduan dan kemudian kami akan mengumpulkannya."


Namun, tools ini tampaknya sudah tidak digunakan lagi sekarang dan halaman download tool ini telah dihapus dari website Microsoft. Jika anda ingin menggunakannya anda dapat mendownloadnya disini.


Perlu anda ketahui, alasan orang menggunakan MGADiag.exe adalah untuk mengetahui apakah Windows mereka asli atau tidak. Namun, sayangnya MGADiag tidak dibuat untuk berjalan di Windows 10 atau Windows 11.



Cara Memvalidasi Product Key Windows 10 atau Windows 11


1. Periksa Menggunakan Perintah Slmgr


Untuk memeriksa apakah lisensi Windows 10 anda asli atau tidak menggunakan cara ini, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka jendela Run.
  • Kemudian ketik slmgr.vbs /dli dan tekan Enter atau klik OK.



Anda juga dapat menjalankan perintah ini dari Command Prompt. Istilah dari perintah; slmgr merupakan singkatan dari Software License Manager, sedangkan vbs singkatan dari Visual Basic Script


Di jendela pop-up, jika anda melihat kedaluwarsa aktivasi "Volume_" atau teks apapun di baris ini, ketahuilah bahwa Windows anda di-crack dengan software aktivator dan tidak legal.



2. Periksa Melalui Settings Windows


Anda juga dapat memeriksa apakah Windows asli atau tidak melalui aplikasi Settings Windows.

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security.
  • Kemudian klik bagian Activation di panel kiri.
  • Di panel kanan, jika Windows anda asli, maka anda akan melihat Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft account.




3. Periksa Melalui Command Prompt


Anda juga dapat memeriksa apakah Windows 10 asli atau tidak menggunakan command prompt dengan hak admin.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin. Anda juga dapat membukanya dari Start menu dengan mengklik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.
  • Kemudian di command prompt, masukan slmgr –dlv dan tekan Enter.
  • Periksa detail di jendela pop-up.
  • Untuk melihat tanggal kedaluwarsa Windows, ganti perintah di atas dengan slmgr -xpr dan tekan Enter.




Laporkan Error Aktivasi Windows 10 atau Windows 11


Jika Windows 10 atau Windows 11 anda asli, tetapi anda masih menerima error yang berkaitan dengan keaslian software, maka anda dapat menindaklanjuti dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.


  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas.
  • Kemudian di command prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.


Licensingdiag.exe -report %userprofile%\desktop\report.txt -log %userprofile%\desktop\repfiles.cab


  • Kemudian copy hasilnya dan upload ke One Drive. Selanjutnya cari file txt yang dibuat Windows di desktop anda dan upload keduanya ke One Drive.



Terkadang Windows dapat melaporkan  product key PC anda asli, jika anda menekan cara ini, menggunakan langkah-langkah di atas anda bisa mendapatkan laporan status PC anda dan mengirimkannya ke Microsoft Support.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memulihkan Product Key Windows anda atau mengapa instalasi Windows Not Genuine dan cara mengatasinya.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memvalidasi product key Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Cara Memvalidasi Product Key Windows 10/11"