Cara Menemukan Folder Startup Windows untuk Semua Pengguna

 


Setiap kali anda mem-boot PC anda, Windows memuat program startup yang terbuka pada saat yang sama dengan system operasi. Program-program ini dikendalikan melalui folder startup di PC Windows anda. Disini saya akan menunjukkan kepadaanda dimana menemukan Folder Startup Windows dan mengontrol apa yang ada di dalam folder tersebut (untuk semua pengguna serta untuk pengguna yang masuk). Saya juga akan menunjukkan cara menemukan dan menonaktifkan aplikasi startup dari utilitas Windows seperti Task Manager, Command Prompt dan Registry Editor.



Menemukan Folder Startup Windows di Windows 7, 8, 10 dan 11


Ada dua tipe folder startup yang berbeda di Windows, yaitu satu untuk semua pengguna dan yang lainnya untuk pengguna saat ini yang masuk ke perangkat. Kedua jalur folder dapat dengan mudah ditemukan dari jendela File Explorer. Untuk pengguna saat ini, jalur folder startup seperti dibawah ini.


C:\Users\username\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup


Demikian pula, folder Startup Windows 10/11 untuk semua pengguna terletak di jalur dibawah ini.

C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\StartUp


Daripada anda menavigasinya melalui jalur panjang diatas, anda cukup menekan Win + R untuk membuka kotak Run, kemudian ketik shell:common startup dan tekan Enter. Folder di atas akan terbuka untuk anda di lokasi yang sama.


Untuk menemukan folder Startup Windows 10/11 untuk pengguna saat ini, cukup ketik shell:startup di jendela Run .

Setelah anda berada di folder Startup, anda mungkin terkejut menemukan bahwa program yang biasanya dimulai dengan Windows sebenarnya tidak ada disini.

Anda dapat menambahkan shortcut program secara manual disini, dan mereka akan memulai dengan PC anda mulai sekarang, tetapi aplikasi yang telah ditambahkan secara otomatis oleh software pihak ketiga atau Windows 10 dikendalikan dari Task Manager.


1. Menemukan Folder Program Startup Windows dari Task Manager

Folder Startup kosong di Windows karena fungsinya telah digantikan oleh Task Manager, Registry, Command Prompt dan aplikasi system lainnya. Itu sebabnya beberapa program yang biasa anda temui saat startup tidak dapat ditemukan langsung dari File Explorer.

Untuk mengakses ini, anda dapat menggunakan Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Kemudian di jendela Task Manger, alihkan ke tab Startup. Dari sini anda dapat mengontrol sisa program startup anda, mengklik kanannya dan mengaktifkan atau menonaktifkannya sesuka anda.


Untuk beberapa program startup ini di Task Manager, open file location mereka terkadang berwarna abu-abu. Jika anda ingin lokasi yang tepat dari file startup ini, ada metode lain yang akan dijelaskan dibawah ini.


2. Menemukan Folder Program Startup Windows dari Command Prompt

Anda dapat menemukan folder program Startup Windows menggunakan Command Prompt atau Terminal Windows yang baru diluncurkan. Buka salah satu dari program ini dengan hak admin, kemudian masukkan perintah berikut ini dan tekan Enter.

wmic startup get caption,command


Perintah di atas akan memberi anda ringkasan singkat dari semua aplikasi startup anda dan jalur tepat mereka yang menjalankan startup. Setelah lokasi file mereka terungkap, anda dapat dengan mudah mencarinya di File Explorer.



3. Menemukan Folder Program Startup di Registry Editor

Jika anda tidak dapat mengakses program startup yang tidak diinginkan melalui metode di atas, registry Windows adalah salah satu tempat terakhir untuk mencari.

Untuk mengaksesnya, tekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter. Setelah Registry Editor terbuka, ikuti jalur berikut untuk menemukan semua program startup.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run


Meskipun anda bisa, anda tidak boleh menghapus program penting, seperti browser utama yang anda gunakan.

Identifikasi program startup yang tidak dapat anda nonaktifkan dari jendela Task Manager. Klik kanan dan pilih Delete untuk menghapusnya dari AutoStart.

Anda juga dapat mengikuti jalur berikut dibawah ini di jendela registry editor untuk menemukan aplikasi system saat startup, seperti ikon RealTek Audio dan Windows Security notification.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run


Ini jelas merupakan program startup yang sangat penting untuk kesehatan komputer anda. Meskipun sekarang anda dapat menonaktifkannya dari Registry, namun saran saya anda seharusnya tidak melakukannya.

Metode di atas dalam panduan ini akan membantu anda menemukan folder startup di komputer anda, termasuk folder yang tampaknya dinonaktifkan atau tersembunyi dari pandangan. Untuk memastikan anda tidak memiliki program yang rusak dari sumber yang buruk di menu Starup anda, selalu download dari daftar website aman.


Sekarang setelah anda mengetahui cara menemukan folder Startup Windows, anda kemudian dapat memeriksa untuk melihat apakah aplikasi ini memperlambat startup Windows anda. Anda juga dapat membersihkan program Startup Windows agar tidak dimuat saat startup untuk meningkatkan kecepatan booting di PC Windows anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menemukan folder Startup Windows untuk semua pengguna di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menemukan Folder Startup Windows untuk Semua Pengguna"