Cara Mudah Mengatur dan Menyesuaikan Windows 11 dengan ThisIsWin11

 


Jika anda memerlukan solusi satu atap untuk menyesuaikan, mengatur dan mengelola berbagai pengaturan di Windows 11, maka ThisIsWin11 memungkinkan anda melakukannya. Berikut adalah bagaimana anda dapat menggunakan ThisIsWin11 untuk menyelesaikan kustomisasi anda di komputer Windows 11.


Terkadang, anda mungkin ingin mengubah banyak pengaturan pada beberapa komputer Windows yang baru diinstal. Dari pada melalui langkah yang sama di setiap komputer, anda dapat menggunakan aplikasi ThisIsWin11 untuk mewujudkannya dalam beberapa saat. Muncul dengan banyak opsi yang memungkinkan anda mengubah pengaturan, menginstall/menguninstall aplikasi dan lainnya sekaligus. Baik anda ingin menggunakan dark theme pada aplikasi atau menonaktifkan Snap Assist, anda dapat melakukan semuanya dalam hitungan detik.



Fitur dan Opsi ThisIsWin11


Beberapa opsi penting ThisIsWin11 adalah sebagai berikut.

  • Gunakan dark theme Aplikasi/Jendela.
  • Aktifkan/nonaktifkan Snap Assist.
  • Memindahkan Taskbar ke kiri.
  • Sembunyikan ikon Search di taskbar.
  • Tampilkan/Sembunyikan file, folder dan drive tersembunyi di File Explorer.
  • Hapus XPS Document Writer.
  • Hapus Microsoft Teams dari Startup.
  • Nonaktifkan fitur DVR Game.
  • Nonaktifkan Diagnostic data.
  • Nonaktifkan Compatibility Telemetry.
  • Nonaktifkan Advertising ID untuk Relevant Ads.
  • Nonaktifkan Suggested Content di aplikasi Settings.
  • Nonaktifkan Windows Hello Biometrics.
  • Nonaktifkan notifikasi aplikasi.
  • Nonaktifkan akses aplikasi ke mikrofon/panggilan/notifikasi dan lainnya.



Ada lebih banyak lagi yang dapat anda temukan di ThisIsWin11. Hal terbaik tentang aplikasi ini adalah anda dapat menemukan bagian yang berbeda dalam tampilan struktur pohon untuk mengelola berbagai pengaturan sesuai kebutuhan anda. Misalnya, ia hadir dengan Personalization, System, Gaming dan lainnya, dimanan kategori tersebut dapat anda perluas dan kelola pengaturannya dengan yang sesuai.


Setelah itu, ThisIsWin11 memungkinkan anda menguninstall aplikasi yang sudah diinstall sebelumnya dari komputer anda. Tidak hanya itu, anda juga dapat menginstall ulang kapanpun diperlukan. Di sisi lain, anda dapat memuat berbagai package aplikasi. Mari kita asumsikan bahwa anda memerlukan beberapa aplikasi di sepuluh komputer di jaringan anda. Dari pada mengunjungi website resmi di setiap komputer untuk mendownload package, anda dapat menggunakan bagian Packages dari aplikasi ini untuk mendownload dan menginstall aplikasi tersebut dengan cepat. Anda mungkin tidak menemukan semua aplikasi yang anda butuhkan, tetapi ia hadir dengan sebagian besar aplikasi standar seperti 7zip, Google Chrome, Firefox, VirtualBox, WinRar, Zoom dan lainnya.



Cara Mengatur dan Menyesuaikan Windows 11 Menggunakan ThisIsWin11


Untuk mengatur dan menyesuaikan Windows 11 menggunakan ThisIsWin11, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Untuk memulai, anda perlu mendownload aplikasi ThisIsWin11 dari GitHub. Setelah itu, ekstrak file dan buka aplikasi dengan mengklik dobel pada file ThisIsWin11.exe. Jika di blok oleh Windows Security maka baca disini untuk mengatasinya.




Tab System


Setelah membuka ThisIsWin11, alihkan ke tab System di paneli kiri. Disini anda dapat menemukan semua opsi yang dapat anda ubah menggunakan aplikasi ini. Jika anda tidak dapat melihat apapun, klik tanda plus yang terlihat sebelum versi Windows 11 untuk memperluas semua bagian dan opsi.



Setelah itu, anda perlu memberi ceklist pada semua kotak yang ingin anda aktifkan. Tergantung pada opsi yang diberikan, anda juga dapat menonaktifkan pengaturan. Setelah pilihan dibuat, klik Fix issues.


Setelah itu, anda dapat segera menemukan perubahannya.



Tab Apps


Tab berikutnya adalah Apps, yang membantu anda menguninstall aplikasi yang sudah diinstall sebelumnya dari Windows 11. Ini namanya Recycle Bin. Untuk menguninstall aplikasi, anda harus memilih dan memindahkannya ke Recycle Bin. Untuk itu, pilih aplikasi yang ingin anda uninstall dan klik Add selected. Jika anda ingin menguninstall semua aplikasi yang disebutkan dalam daftar, maka klik Add all.



Setelah menambahkan aplikasi ke Recycle Bin, anda dapat memulihkannya dari sana. Untuk itu, pilih aplikasi di sisi kanan anda, dan klik Restore atau Restore all untuk semua aplikasi.



Tab Packages


Tab ketiga disebut Packages, yang memungkinkan anda menginstall beberapa aplikasi umum, seperti yang disebutkan sebelumnya. Untuk menggunakan fitur ini, anda harus memberi ceklist pada semua kotak untuk memilih aplikasi dan klik Create Installed terlebih dahulu. Setelah itu, klik tombol Run Installer untuk memulai instalasi.



Yang terbaik adalah anda dapat mengekspor paket aplikasi untuk menjalankan perintah yang sama di banyak komputer. Untuk mengekspor daftar paket aplikasi, anda harus memilih aplikasi, selanjutnya klik Create Package, kemudian klik ikon tiga titik dan pilih opsi Ekspor to PowerShell.




Tab Automate


Tab terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah Automate. Seperti namanya, ini membantu anda menjalankan perintah dalam otomatisasi. Misalnya, anda dapat menginstall aplikasi, menguninstall aplikasi, menginstall ulang semua aplikasi bawaan dan lainnya.



Ada opsi lain, yang memungkinkan anda untuk menambahkan perintah tambahan menggunakan Windows PowerShell ISE. Untuk itu, anda perlu mengklik ikon tiga titik dan memilih opsi Edit. Kemudian, anda dapat membuat semua perubahan yang anda inginkan.



Meskipun ada beberapa cara untuk menyesuaikan Windows 11, panel Pengaturan Windows atau ThisIsWin11 adalah dua opsi terbaik yang anda miliki. Dengan bantuan dua opsi ini, anda dapat mengaktifkan dark mode, menonaktifkan Snap Assist dan lainnya.


Semoga bermanfaat! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menambahkan Settings ke menu konteks klik kanan Desktop di Windows 10/11 atau cara mengubah aplikasi dan browser default di Windows 11.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatur dan menyesuaikan Windows 11 dengan ThisIsWin11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

You may like these posts