Memperbaiki DCFWinService Menggunakan CPU, Memory atau Disk yang Tinggi di Windows 10/11

 


Jika anda menemukan bahwa proses DCFWinService.exe menggunakan CPU, Memory, Disk atau Power yang tinggi, maka artikel kali ini akan menunjukkan kepada anda apa yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan masalah secara efektif di komputer Windows anda.


DFCWinService adalah service dari Dell Foundation Software. Itu ada untuk memberi anda beberapa pesan eksklusif Dell dan fungsi support/dukungan. Jadi, mereka tidak penting untuk komputer anda, dan karenanya, menghapusnya tidak akan menyebabkan masalah apapun pada komputer anda.




Memperbaiki DCFWinService Menggunakan CPU, Memory atau Disk yang Tinggi


Terkadang, saat service Dell Foundation Software aktif, anda akan melihat DFCWinService menghabiskan beberapa resource tetapi jika memakan banyak resource, anda harus segera memperbaikinya. Ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki penggunaan CPU, Memory, Disk atau Power yang tinggi oleh  DCFWinService pada system Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Nonaktifkan DFCWinService


Mari kita mulai pemecahan masalah dengan menonaktifkan penyebab utama kenaikan CPU, Memory, Disk atau Power yang menakutkan ini. Jadi anda harus menonaktifkan DFCWinService untuk menghentikannya agar tidak membebani CPU, Memory, Disk atau Power anda.


Untuk melakukan itu, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.


  • Buka Services dari Start Menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Selanjutnya di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service DCFWinService di panel kanan.
  • Di jendela Properties, ubah Startup typenya ke Disabled dan klik Stop pada bagian Service status.


  • Setelah itu klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, restart system anda.


Setelah booting, buka Task Manager dan lihat apakah masalah terpecahkan atau berlanjut.



2. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Jika menghentikan service tidak memperbaiki masalah, anda perlu memeriksa aplikasi mana yang menyebabkan masalah, untuk itu anda perlu memecahkan masalah di Clean Boot.




3. Uninstall Pelakunya


Jika anda telah menyelesaikan masalah dan anda tahu persis apa yang sebenarnya menyebabkan masalah, anda dapat menghapus pelakunya. Kemungkinan besar, Dell Foundation Services adalah alasan di balik lonjakan CPU, Memory, Disk atau Power ini. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menguninstall aplikasi dan memperbaiki masalah.


  • Luncurkan Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Apps di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Dell Foundation Services di panel kanan dan klik Uninstall.
  • Setelah menyelesaikan proses uninstall, restart komputer anda.


Setelah booting, periksa apakah masalah telah diperbaiki. Mudah-mudahan, masalah anda akan diperbaiki.



4. Scan Virus dan Malware


Jika anda masih melihat service Dell Foundation membebani CPU, Memory, Disk atau Power anda, mungkin ada virus yang menyamar sebagai proses asli. Jadi, anda harus menjalankan scan Microsoft Defender Offline dan melihat apakah itu dapat memperbaiki masalah. Anda juga dapat menggunakan Bootable AntiVirus Rescue Media gratis yang dapat melakukan tugas yang sama.



Penggunaan Disk atau CPU yang tinggi dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk driver yang out of date, file system yang rusak, perlindungan berbasis Cloud. Ini adalah beberapa alasan paling umum untuk masalah ini. Anda dapat memeriksa artikel lain di blog ini untuk mendapatkan perbaikannya.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki penggunaan memory yang tinggi di Windows 10 atau 5 cara menghentikan ''100% Disk Usage'' di Windows.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki DCFWinService menggunakan CPU, Memory atau Disk yang tinggi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki DCFWinService Menggunakan CPU, Memory atau Disk yang Tinggi di Windows 10/11"