Memperbaiki Error 0x80004005, Unspecified error di Windows 10/11

 


Saat mengekstrak file dari file archive atau ZIP, anda mungkin mendapatkan Error 0x80004005. Jika itu terjadi pada anda, maka artikel ini akan membantu anda menyelesaikan masalah ini. Masalah ini biasanya terjadi ketika ada masalah permission yang salah dikonfigurasi. Anda mungkin memiliki hak, tetapi pengaturan yang salah dikonfigurasi membuat Windows berpikir anda tidak melakukannya dan karenanya menyebabkan error ini.


Ketika anda mendapatkan masalah ini, itu akan menampilkan pesan error seperti dibawah ini.


An unexpected error is keeping you from copying the file. If you continue to receive this error, you can use the error code to search for help with this problem.

Error 0x80004005: Unspecified error




Memperbaiki Error 0x80004005, Unspecified error


Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, bahwa error ini terkait dengan permission. Alasan lainnya, bisa jadi karena password protection yang diterapkan ke folder atau file apapun di dalamnya.


Anda akan memerlukan permission admin untuk menyelesaikan ini. Sementara System File Checker (SFC) diambil sebagai langkah pendekatan terakhir dimana file yang rusak dapat menjadi alasan untuk menunjukkan error ini.



1. Periksa Password Protection


Jika file archive dilindungi dan anda menggunakan ekstraktor bawaan Windows, maka ini dapat menyebabkan error. Disarankan agar anda menggunakan tools unarchive lain seperti 7-Zip, RAR Expander, WinZip, ExtractNow dan lainnya. Diketahui bahwa tools bawaan Windows tidak memiliki kemampuan untuk mengizinkan entri password sebelum atau saat mencoba ekstrak.




2. Ubah Pengaturan Permission


Jika file yang archive didownload dari internet, biasanya Windows menerapkan batasan tertentu. Ini dilakukan agar program apapun di dalamnya tidak berjalan sendiri. Jika anda tahu bahwa file tersebut tepercaya, anda dapat mengubah permissionnya.



  • Klik kanan pada file dan klik Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Security dan periksa apakah SYSTEM adalah salah satu Owners.
  • Periksa hal yang sama untuk user account, yaitu C:\Users\<username>.
  • Pilih user account anda dan pastikan akun tersebut memiliki full permission atau Full Control sebagai Allow.
  • Pastikan juga permission diterapkan ke semua folder, yaitu subfolder dan file saat anda menerapkannya.


Anda dapat membaca lebih lanjut tentang permission, dimanan anda dapat mereset permission file dan folder ke default atau mengambil alih kepemilikan file atau folder.



3. Jalankan System File Checker Untuk Memperbaiki File yang Rusak


System File Checker (SFC) adalah tools bawaan di Windows yang dapat menscan semua file system yang dilindungi dan mengganti versi yang salah dengan versi yang berfungsi dan benar.


Saat wizard menyelesaikan scan dan menemukan file korup, maka itu akan memberitahu anda tentang perbaikannya. Setelah itu, anda dapat merestart PC anda dan coba kembali untuk mengekstrak file archive anda. Ini harusnya bekerja sekarang.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki file ZIP yang rusak atau cara menangani file RAR di Windows.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0x80004005, Unspecified error di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Error 0x80004005, Unspecified error di Windows 10/11"