Memperbaiki Error BSOD EXFAT FILE SYSTEM (volmgr.sys) di Windows 10/11

 


Pemeriksaan bug EXFAT_FILE_SYSTEM (volmgr.sys) memiliki error code 0x0000012C, yang menunjukkan bahwa terjadi masalah dalam system file Extended File Allocation Table (exFAT). Anda dapat memeriksanya di bug check code dari dokumentasi Microsoft. Jika anda mengalami hal yang serupa, maka artikel ini akan memberikan solusi bagi pengguna PC yang mengalami error Blue/Black Screen of Death ini agar dapat menyelesaikan masalah ini dengan sukses.




Apa itu volmgr sys?


File Volume Manager Driver (volmgr.sys) dianggap sebagai jenis file Win64 DLL (Driver). Mereka terkait dengan ekstensi file SYS untuk OS Windows NT 32-bit. Dan berikut ini adalah beberapa varian error lainnya.

  • volmgr.sys could not be found.
  • volmgr.sys failed to load.
  • The file volmgr.sys is missing or corrupt.


Ketika anda menemukan salah satu dari error BSOD yang tercantum di atas, maka anda dapat melakukan System Restore, menguninstall dan menginstal ulang software apapun yang anda instal baru-baru ini. Lihat solusi yang lebih detail di bawah ini.



Memperbaiki Error BSOD EXFAT FILE SYSTEM (volmgr.sys)


Jika anda menghadapi error blue screen atau black screen SISTEM FILE EXFAT (volmgr.sys) ini pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan install bit yang tersedia di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dan lihat apakah error muncul kembali. Juga, cabut semua perangkat penyimpanan eksternal, dock, driver dan hardware lain yang dicolokkan ke PC anda.


Jika anda tidak dapat masuk secara normal, maka anda harus boot ke Safe Mode, masuk ke layar Advanced Startup options atau gunakan Media Instalasi untuk booting agar dapat menjalankan instruksi ini.



1. Jalankan Blue Screen Troubleshooter Online


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Blue Screen Troubleshooter Online dan melihat apakah error blue screen atau black screen EXFAT FILE SYSTEM (volmgr.sys) dapat diatasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.




2. Jalankan Scan SFC


Error BSOD ini menunjukkan kesalahan file system. Jadi, anda dapat menjalankan scan System File Checker (SFC) dan melihat apakah itu membantu. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



3. Jalankan Scan DISM


Anda dapat menjalankan scan DISM dalam kasus kerusakan sistem/image yang parah dimana utilitas System File Checker gagal memulihkan file system yang korup atau rusak.



4. Jalankan CHKDSK


Karena driver yang gagal adalah driver volume manager, maka anda dapat menjalankan CHKDSK untuk memperbaiki bad sector yang dapat memicu error BSOD ini. Anda juga dapat menjalankan SMART check untuk memastikan drive anda sehat. Jika semuanya beres tetapi masalah tetap ada, coba solusi berikutnya.




5. Update Driver


Driver hard disk yang rusak bisa menjadi penyebab error BSOD ini. Dalam hal ini, anda dapat mengupdate driver anda secara manual melalui Device Manager atau anda bisa mendapatkan update driver di bagian Optional Updates di bawah Windows Update. Anda juga dapat mendownload driver versi terbaru dari website produsen hard disk anda.


Jika driver terbaru diinstall, anda dapat me-rollback driver atau mendownload dan menginstal driver versi sebelumnya dan melihat apakah masalah yang dihadapi telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



6. Ganti File volmgr.sys


Untuk melakukan metode ini, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


  • Masuk ke PC Windows 10 atau Windows 11 lain yang berfungsi dengan baik dan baru saja diupdate.
  • Kemudian colokkan USB flash drive anda.
  • Tekan tombol Win + E untuk membuka File Explorer dan arahkan ke jalur folder di bawah ini.


C:\Windows\System32\drivers

  • Di lokasi, copy file volmgr.sys dan paste ke USB flash drive anda.


  • Selanjutnya, hubungkan USB drive tersebut ke PC yang bermasalah.
  • Buka File Explorer di PC yang bermasalah, kemudian copy file volmgr.sys dan paste ke lokasi yang di sebutkan diatas untuk mengganti file yang rusak.

Setelah itu periksa kembali, apakah masalah masih berlanjut atau tidak. Jika masih maka coba solusi berikutnya.


7. Lakukan System Restore

Jika pada titik ini masalahnya masih belum terselesaikan, sangat mungkin bahwa kesalahan dipicu oleh perubahan yang telah dialami system anda baru-baru ini. Dalam hal ini, anda dapat melakukan System Restore  ke titik sebelumnya dimana system masih bekerja dengan benar.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS atau cara format hard drive di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error BSOD EXFAT FILE SYSTEM (volmgr.sys) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Error BSOD EXFAT FILE SYSTEM (volmgr.sys) di Windows 10/11"