Memperbaiki Error Can’t read from the source file or disk Saat Mengcopy di Windows 10/11

 


Jika anda mendapatkan error Can’t read from the source file or disk saat mengcopy file di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka saya memiliki beberapa solusi yang dapat digunakan untuk memperbaikinya. Error ini dapat disebabkan oleh banyak alasan seperti file yang rusak, kehilangan koneksi, system file yang tidak kompatibel dan berbagai alasan lainnya. Anda dapat memperbaikinya dengan mudah menggunakan metode yang saya sebutkan di bawah ini.




Memperbaiki Error Can’t read from the source file or disk


Saat anda melihat error saat mencopy, periksa terlebih dahulu apakah perangkat terhubung dengan benar dan merestart PC anda. Kemudian, ketika itu tidak memperbaiki masalah, maka ikuti solusi yang diberikan di bawah ini agar anda dapat menyelesaikan masalah ini. Mari masuk ke detail setiap solusi dan memperbaiki masalahnya.



1. Scan Disk dengan Antivirus


Langkah pertama dalam menyelesaikan masalah ini adalah menscan disk anda dengan antivirus. Dalam proses scan, anda dapat melihat detail file dan menemukan virus atau malware dan antivirus anda akan menangani dan memperbaikinya.



2. Jalankan CHKDSK untuk Menemukan Bad Sector


Bad sector pada disk dapat merusak file dan menyulitkan PC untuk membacanya dan mengcopynya. Anda harus menjalankan CHKDSK untuk menemukan error disk atau bad sector. Anda akan melihat apa yang salah dengan disk dan anda dapat menerapkan solusi yang diperlukan untuk menyelesaikannya.



Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan bad sector pada disk anda.



3. Periksa Nama File yang Tidak Didukung


Ada karakter ( / ? < > \ : * | ” ) yang tidak diizinkan dalam nama file di Windows namun diizinkan di MacOS kecuali titik dua.


Jadi, periksa apakah data yang anda coba copy tersebut memiliki nama file dengan karakter yang tidak diizinkan atau didukung pada OS Windows 10 maupun Windows 11.


Jika ada, maka ganti nama file tersebut tanpa karakter yang tidak diizinkan, kemudian coba copy kembali file tersebut dan semoga masalah anda terpecahkan. Jika tidak, lanjutkan ke solusi berikutnya.



4. Periksa File yang Rusak


Saat kita menghubungkan disk atau USB drive ke system publik seperti di warnet, file yang kita miliki di PC kita menjadi rusak dan dibuat menjadi shortcut karena kemungkinan malware. Ukuran file memang tetap sama tetapi itu tidak dapat diakses. Jadi, pastikan file yang anda coba copy tersebut tidak rusak.


Jika anda mau, anda juga dapat mencoba untuk memperbaiki file yang rusak di PC Windows anda.



5. File System Tidak Kompatibel


Pastikan file system hard drive yang anda copy sinkron dengan file system di PC anda. Jika anda mencoba mengcopy dari disk yang digunakan di Mac, anda mungkin melihat error ini. Ada beberapa tools pihak ketiga yang memungkinkan anda mengakses dan mengcopynya seperti HFS Explorer. Ikuti langkah dibawah ini untuk melakukannya.


HFS Explorer adalah program yang dapat membaca disk berformat Mac serta membaca system file seperti HFS, HFS+ dan HFSX. Perlu juga dicatat bahwa anda akan memerlukan Java runtime environment untuk menggunakan HFS Explorer. Setelah pengaturan siap, HFS Explorer secara otomatis mencari dan menemukan file system HFS+ dan menyediakan akses ke file-file tersebut. Langkah-langkah berikut akan memandu anda dalam menggunakan HFS Explorer untuk Windows 10 atau Windows 11.


  • Download HFS Explorer dan install. Sekarang kita akan memulainya.
  • Buka aplikasi HFS Explorer dari Start menu. Ini akan menampilkan jendela prompt untuk menginstall Java runtime environment. Klik OK untuk menginstall.


  • Setelah instalasi selesai,  restart system anda.
  • Setelah pengaturan siap, hubungkan drive berformat Mac anda ke PC Windows.
  • Setelah itu buka kembali aplikasi HFS Explorer.
  • Di HFS Explorer, klik File dan pilih Load File System From Device untuk membuka drive berformat Mac.


  • Ini akan secara otomatis membuka file system HFS+.


  • Setelah file ditemukan dan dibuka, pengguna dapat mengekstrak file dari HFS Explorer ke drive system.


Itulah beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error Can’t read from the source file or disk saat mengcopy di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika masalah masih belum terpecahkan, pulihkan data dari disk menggunakan data recovery tools atau menggunakan Volume Shadow Copies dan format USB drive atau format hard drive.


Bagaimana saya bisa menggunakan hard drive eksternal dari Mac di Windows?

Anda dapat menggunakan drive eksternal di Windows dan Mac dengan memformatnya di system file exFAT. Jika anda telah mengcopy data dari Mac ke hard drive dan tidak dapat mengaksesnya, anda dapat menggunakan HFS Explorer.


Semoga membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara share file antara Mac dan Windows di jaringan anda atau bagaimana mengamankan USB drive anda dan mencegahnya dari penyebaran virus.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Can’t read from the source file or disk saat mengcopy di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Error Can’t read from the source file or disk Saat Mengcopy di Windows 10/11"