Memperbaiki Error System error 67 has occurred, The network name cannot be found

 


Saat mencoba menjalankan scan Network Discovery atau ketika mencoba Map Network Drive dari Command Prompt atau PowerShell, anda mungkin mendapatkan error System error 67 has occurred, The network name cannot be found. Dalam artikel ini, saya akan memberikan solusi yang paling sesuai untuk masalah ini.


Penyebab paling umum dari error ini adalah sintaks yang salah. Anda mungkin juga mengalami error ini karena beberapa hal berikut ini.

  • Konfigurasi network component yang salah pada kontroler domain.
  • Driver network adapter out of date atau salah pada kontroler domain.
  • Driver network adapter yang diinstall tidak berfungsi dengan versi Microsoft Windows Server yang sedang anda jalankan.




Memperbaiki The specified network name is no longer available


Pengguna Windows dapat dengan mudah memperbaiki error The specified network name is no longer available di komputer Windows 10 atau Windows 11. Ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, pilih Programs - Programs and Features dan kemudian klik Turn Windows features on or off di panel kiri.
  • Di jendela baru, cukup beri ceklist pada SMB 1.0/CIFS File Sharing Support dan klik OK.


  • Kemudian restart komputer anda.



Memperbaiki Error System error 67 has occurred, The network name cannot be found


Jika anda dihadapkan dengan error System error 67 has occurred, The network name cannot be found, maka anda dapat mencoba solusi di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah anda.



1. Gunakan Sintaks yang Benar (jika ada)


Karena sintaks yang salah adalah penyebab paling umum, maka anda perlu memastikan dalam kasus Map Network Drive, anda menggunakan backslash (\) bukan slash/garis miring (/)pada umumnya digunakan. Ini adalah kesalahan umum dan dengan menggunakan slash/garis miring, terminal akan mengira anda sedang menunjukkan sebuah opsi.


Misalkan seperti contoh dibawah ini. Perhatikan backslash yang berwarna pink.


net use x: \\LOUISE\sharename /P:Yes


2. Update Driver Network Adapter

Solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan bahwa driver Network Adapter sesuai dan bekerja dengan system operasi yang sedang digunakan. Kemudian anda dapat mengupdate driver Network Adapter pada domain controller dan melihat apakah error ini terselesaikan. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


3. Restart Service Distributed File System

Ini lebih merupakan percobaan daripada solusi dan ini mengharuskan anda untuk memerestart service Distributed File System pada domain controller.

Anda dapat melakukannya dari Services atau menggunakan Command Prompt.

Jika menggunakan Services, buka jendela services dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter. Kemudian temukan service Distributed File System atau DFS Replication, klik kanan padanya dan pilih Restart.




Jika menggunakan Command Prompt, maka temukan command prompt di Start menu atau gunakan Search Windows, klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Di jendela command prompt, masukan perintah berikut satu persatu sambil menekan Enter setelah memasukan perintah.

net stop DFS
net start DFS


4. Nonaktifkan Driver IP Network Address Translator (IP NAT)

Jika IP Network Address Translator (IP NAT) diinstal tetapi tidak dikonfigurasi dengan benar, maka error ini kemungkinan besar akan terjadi. Untuk mengatasi masalah tersebut, nonaktifkan driver Internet Protocol (IP) NAT di Device Manager dan kemudian restart komputer. Lakukan hal berikut ini.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, klik menu View dan pilih Show hidden devices.


  • Sekarang, perluas bagian Non-Plug and Play Drivers.
  • Kemudian klik kanan pada IP Network Address Translator dan pilih Disable.
  • Selanjutnya klik Yes dan klik Yes kembali untuk me-restart komputer.


Semoga ini dapat membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara reset Network Settings pada Windows 10 secara lengkap atau cara Reset Network Adapter di Windows 11.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error System error 67 has occurred, The network name cannot be found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Error System error 67 has occurred, The network name cannot be found"