-->

Memperbaiki Error Unknown USB Device, Set Address Failed di Windows 10/11

 


Kita semua menggunakan sejumlah perangkat USB setiap hari. Dari mencolokkan ponsel kita untuk mengisi daya hingga menggunakan Pen Drive kita, kita selalu menggunakan USB drive. Namun terkadang, komputer Windows menampilkan error Unknown USB Device. Jika anda menerima pesan error Unknown USB Device, Set Address Failed di Device Manager anda, maka artikel ini akan memberi anda beberapa saran untuk memecahkan masalah ini.



Error Unknown USB Device juga dapat diikuti oleh pesan-pesan error berikut ini, sebagai gantinya.

  • Port reset failed.



Memperbaiki Error Unknown USB Device, Set Address Failed


Kita akan melakukan metode perbaikan berikut untuk menyingkirkan pesan error Unknown USB Device, Set Address Failed pada Windows 10 maupun Windows 11. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Menggunakan Power Options


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


  • Pertama-tama, mulailah dengan menekan Win + R, kemudian ketik powercfg.cpl dan tekan Enter untuk membuka jendela Power Options.
  • Di jendela Power Options, klik Change Plan Settings pada power plan milik anda.


  • Kemudian klik Change advanced power settings di halaman berikutnya.


  • Di jendela baru Power Options yang muncul, perluas opsi USB Settings dan perluas USB selective suspend setting.
  • Selanjutnya, di PC desktop, atur Setting ke Disabled. Sementara di laptop, atur On Battery dan Plugged in ke Disabled.


  • Kemudian klik OK dan restart PC anda agar perubahan diterapkan.



2. Update, Rollback atau Nonaktifkan Driver Pelaku


Driver utama yang mungkin menjadi penyebab error khusus ini akan ditandai dengan ikon tanda seru kuning kecil di dalam jendela Device Manager yang dapat anda buka dengan menekan tombol Win + I dan pilih Device Manager. Jika tidak, cari sub-entri di bawah entri Universal Serial Bus controllers. Saya sarankan anda mengupdate driver ini dan terutama driver Generic USB Hub.


Atau, anda dapat menguninstallnya, kemudian restart komputer anda dan biarkan Windows menginstall ulang driver secara otomatis.


Anda juga dapat menguninstall dan menginstall ulang USB Controller dan melihat apakah itu membantu.



3 Jalankan USB Troubleshooter


Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter dan periksa apakah itu membantu. Tools akan secara otomatis memeriksa hardware atau koneksi USB ke komputer untuk masalah yang diketahui dan memperbaikinya secara otomatis.




4. Nonaktifkan Fast Startup


Fitur ini diaktifkan secara otomatis di Windows anda dimana fitur ini dapat meningkatkan kecepatan waktu booting Windows anda, jadi anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk booting di komputer anda. Namun terkadang, fitur bagus ini dapat menyebabkan beberapa masalah termasuk error ini. Jadi pertimbangkan untuk menonaktifkan fitur Fast Startup ini.




5. Nonaktifkan Enkripsi Drive Bit Locker


Jika anda belum menemukan solusi untuk memperbaiki masalah ini, maka anda dapat mencoba untuk menonaktifkan enkripsi drive Bit Locker dan lihat apakah itu membantu anda.




Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki USB drive yang tidak dapat diformat dan tidak dapat digunakan atau bagaimana mengamankan USB drive anda dan mencegahnya dari penyebaran virus.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Unknown USB Device, Set Address Failed di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!