Memperbaiki Error We can’t find your camera dengan Error Code 0xA00F4289 (0xC00D3EA2) di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba mengakses webcam laptop anda melalui aplikasi Camera bawaan pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan error code 0xA00F4289. Jika demikian maka artikel kali ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang paling sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut ini.


We can’t find your camera

Check to make sure that it’s connected and installed properly, that it isn’t being blocked by anti-virus software, and that your camera drivers are up to date.

If you need it here’s the error code:

0xA00F4289 < ActiveCameraUnplugged > (0xC00D3EA2)



Error ini mengatakan dengan jelas, Active Camera Unplugged. Ini biasanya menunjukkan kamera longgar atau belum terpasang sempurna. Ketika webcam built-in longgar, Windows tidak akan dapat membaca perangkat dengan benar, akibatnya ini akan menampilkan pesan Active Camera Unplugged. Untuk mengatasi masalah ini, tekan perlahan di sekitar kamera. Jika itu tidak berhasil, anda mungkin memerlukan layanan teknisi hardware PC untuk mendiagnosis perangkat anda.


Beberapa penyebab lain yang paling mungkin menyebabkan masalah ini termasuk dibawah ini.

  • Kamera dinonaktifkan.
  • Koneksi kamera longgar.
  • Service Camera Frame Server dinonaktifkan.
  • Aplikasi video conference bermasalah.
  • Gangguan software antivirus.
  • Driver out of date.
  • Camera Off di pengaturan Privacy.



Memperbaiki Error We can’t find your camera dengan Error Code 0xA00F4289 (0xC00D3EA2)


Jika anda menghadapi masalah Webcam dengan error code 0xA00F4289 ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah. Mari kita lihat metode perbaikannya satu per satu secara terperinci.



1. Periksa Pengaturan Privacy Camera


Anda kemungkinan besar akan menemukan error Webcam dengan error code 0xA00F4289 ini jika Camera diatur ke Off di pengaturan Privacy. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah, lakukan hal berikut ini.


  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan pilih Privacy.
  • Kemudian di panel kiri, gulir ke bawah dan klik Camera di panel kiri di bawah bagian App permissions.
  • Sekarang, di panel kanan, alihkan tombol ke On di bawah Allow apps to access your camera.



Setelah melakukannya, lihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



2. Update Driver Camera


Solusi ini mengharuskan anda untuk mengupdate driver Camera secara manual melalui Device Manager atau anda bisa mendapatkan update driver camera di bagian Optional Updates di bawah Windows Update. Anda juga dapat mendownload driver versi terbaru dari website produsen hardware kamera anda.




3. Atur Service Windows Camera Frame Server ke Otomatis


Untuk mengubah pengaturan service ini ke otomatis, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka jendela Services.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service Windows Camera Frame Server di panel kanan.
  • Di jendela properties, klik tombol drop-down pada Startup type dan pilih Automatic.
  • Selanjutnya klik tombol Start di bagian Services status untuk memulai services.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Setelah itu periksa kembali apakah masalah teratasi atau tidak. Jika masalah masih belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.



4. Uninstall Aplikasi Video Conference yang Bermasalah


Jika anda mengalami masalah ini pada salah satu aplikasi video conference seperti Skype, Zoom atau yang lainnya yang diinstal pada system anda, maka anda dapat menguninstall aplikasi yang bermasalah untuk memperbaiki masalah ini.



5. Nonaktifkan Software Security Pihak Ketiga (jika ada)


Firewall dan antivirus penting untuk keamanan system anda, tetapi terkadang program ini dapat mengganggu Windows dan menyebabkan error kamera seperti error yang anda alami ini. Dalam hal ini, anda dapat menonaktifkan software antivirus anda. Temukan ikonnya di area notifikasi atau system trayay di taskbar (biasanya di sudut kanan bawah desktop), kemudian klik kanan ikon dan pilih opsi untuk menonaktifkan atau keluar dari program.


Jika anti virus anda dilengkapi dengan firewallnya sendiri, maka pastikan untuk menonaktifkannya juga.



Salah satu solusi diatas harus bekerja untuk anda! Semoga membantu. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengaktifkan dan menonaktifkan notifikasi Kamera On/Off di Windows 10 atau cara mengetahui aplikasi yang menggunakan Webcam anda untuk memata-matai anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error We can’t find your camera dengan error code 0xA00F4289 (0xC00D3EA2) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Error We can’t find your camera dengan Error Code 0xA00F4289 (0xC00D3EA2) di Windows 10/11"