Memperbaiki Ikon Sticky Notes di Taskbar Tidak Digabungkan di Windows 10/11

 


Sepertinya banyak pengguna Windows 10 maupun Windows 11 yang menggunakan aplikasi Sticky Notes secara teratur. Anda mungkin juga terganggu karena terkadang ikon Sticky Notes di taskbar tidak digabungkan menjadi satu. Untuk setiap Sticky Notes yang anda buat, ada ikon atau tab taskbar terpisah yang tersedia, yang pada akhirnya memakan ruang taskbar anda dan menyulitkan untuk menemukan catatan tertentu ketika ada lusinan Sticky Notes. Jika anda ingin menyingkirkan masalah ini, maka artikel ini mungkin akan membantu anda dengan beberapa solusi mudah.


Versi sebelumnya dari Sticky Notes di Windows 10 hanya memiliki satu ikon, tidak peduli berapa banyak Sticky Notes yang dibuka. Namun, versi baru aplikasi Sticky Notes menempatkan ikon/tab terpisah untuk setiap Sticky Notes. Mari kita periksa opsi yang memungkinkan yang dapat menyelesaikan masalah ini.




Cara Menggabungkan Sticky Notes di Taskbar


Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menggabungkan ikon Sticky Notes pada taskbar di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Gabungkan Ikon Sticky Notes di Taskbar Melalui Settings


Windows 10 memiliki fitur bawaan yang memungkinkan anda menggabungkan tombol atau ikon taskbar sehingga tidak akan ada banyak tab/tombol untuk aplikasi yang membuat ikon taskbar terpisah untuk setiap permintaan. Fitur yang sama dapat digunakan sehingga anda tidak akan melihat tombol terpisah untuk aplikasi Sticky Notes. Berikut langkah-langkahnya.


  • Tekan tombol Win + I untuk membuka aplikasi Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization.
  • Kemudian klik Taskbar di panel kiri. 
  • Di panel kanan, geser ke bawah ke bagian Combine taskbar buttons. Disini, gunakan menu drop-down untuk memilih Always, hide labels.



Langkah ini seharusnya akan menyelesaikan masalah anda dan langkah ini dapat anda terapkan untuk semua aplikasi termasuk File Explorer.



2. Gunakan Opsi Notes List


Solusi lain untuk hanya menampilkan satu ikon taskbar untuk Sticky Notes adalah menggunakan opsi atau fitur Notes list. Ini adalah opsi bawaan Sticky Notes yang menunjukkan daftar semua catatan yang anda buat. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk mengakses dan membuka semua catatan yang anda simpan. Untuk menggunakan opsi ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Luncurkan aplikasi Sticky Notes dari Start menu atau kotak Search.
  • Kemudian klik kanan pada ikon Sticky Notes di taskbar dan pilih Notes list dari daftar.


  • Ini akan membuka jendela Notes list dimana semua catatan yang anda buat akan terlihat. Sekarang, anda dapat menutup semua catatan dengan mengklik kanan pada catatan yang dibuka dan pilih Close note.


  • Ini akan menyisakan satu ikon yang terlihat yaitu ikon Notes list di taskbar.


Saat anda harus mengakses/membuka catatan, cukup klik dobel pada catatan yang terlihat di Notes list dan tutup jendela catatan itu jika tidak diperlukan.


Jika anda ingin melihat file Sticky Notes yang anda buat, ada file database bernama plum.sqlite. File database ini membantu untuk membuat backup dan memulihkan Sticky Notes di komputer yang sama atau komputer lain. Banyak pengguna menyimpan salinan file ini jika terjadi sesuatu yang tidak terduga. Jika anda juga ingin mengakses lokasi file Sticky Notes dan mengambil backupnya, anda dapat menemukan file ini di lokasi berikut di bawah.


%UserProfile%\AppData\Local\Packages\Microsoft.MicrosoftStickyNotes_8wekyb3d8bbwe\LocalState


Untuk mempermudah anda mengakses jalur diatas, tekan tombol Win + R, kemudian masukan jalur di atas dan tekan Enter.


Setelah mengakses lokasi tersebut, copy file Sticky Notes plum.sqlite dan simpan di tempat yang aman. Jika Sticky Notes anda terhapus secara tidak sengaja atau anda perlu memindahkannya ke komputer lain, cukup copy file tersebut dan paste file tersebut di lokasi yang sama seperti yang disebutkan di atas.



Terkadang, banyak pengguna juga menghadapi masalah lain seperti Sticky Notes yang tidak berfungsi. Hal ini terjadi karena aplikasi Sticky Notes tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Baik Sticky Notes mengalami stuck saat memuat Sticky Notes atau Sticky Notes crash dan berhenti bekerja. Dalam kasus seperti itu, anda dapat mencoba beberapa perbaikan sederhana dengan membaca tutorial saya tentang memperbaiki Sticky Notes yang stuck saat memuat catatan.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang tips menggunakan Sticky Notes Windows untuk produktivitas lebih baik atau cara mengakses aplikasi dari Lock Screen Windows 10.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki ikon Sticky Notes di taskbar tidak digabungkan di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Ikon Sticky Notes di Taskbar Tidak Digabungkan di Windows 10/11"