Memperbaiki Malwarebytes Menggunakan CPU dan Memory yang Tinggi di Windows 10/11

 


Jika Malwarebytes menyebabkan masalah penggunaan CPU dan memory yang tinggi pada Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti tips dan trik pemecahan masalah pada artikel ini untuk memperbaikinya. Mungkin ada berbagai alasan mengapa Malwarebytes berada dalam kondisi yang tidak biasa.


Pada umumnya, Malwarebytes atau software keamanan lainnya memerlukan CPU dan juga memory untuk menjalankan berbagai proses di background untuk menyediakan lingkungan yang paling aman bagi anda. Ketika sebuah program menjalankan begitu banyak proses, program tersebut secara otomatis mulai menggunakan lebih banyak resource dari biasanya di komputer manapun.


Namun jika anda mulai menyadari bahwa Malwarebytes yang menyebabkan masalah penggunaan CPU dan Memory yang tinggi, maka mungkin ada yang salah pada komputer anda dan oleh karena itu anda patut untuk memeriksa dan memperbaikinya.




Memperbaiki Malwarebytes Menggunakan CPU dan Memory yang Tinggi


Untuk memperbaiki penggunaan CPU dan Memory yang tinggi oleh Malwarebytes di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa metode perbaikan berikut dibawah ini. Mari kita lihat metodenya satu per satu secara terperinci.



1. Tutup Proses Malwarebytes dari Task Manager


Ini bukan solusi permanen, tetapi anda dapat melakukan ini untuk memperbaiki masalah ini untuk sementara waktu. Ketika Malwarebytes menghabiskan banyak resource, anda tidak akan dapat mengakses komputer dengan benar. Itulah mengapa anda harus mengakhiri semua proses Malwarebytes dari Task Manager untuk melanjutkan perbaikan dengan solusi lainnya.


  • Untuk itu, buka Task Manager di komputer anda dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, klik kanan pada proses Malwarebytes satu per satu dan klik End task.
  • Lakukan hal ini untuk semua proses Malwarebytes di Task Manager



2. Nonaktifkan Karantina Malware Atomatis


Malwarebytes secara otomatis mengkarantina malware saat terdeteksi di komputer anda. Ini adalah perilaku standar software anti-malware dan tools keamanan ini mengikuti metode yang sama. Namun, fitur yang sama dapat menyebabkan penggunaan CPU dan Memory yang tinggi di komputer anda dan juga akan membuatnya lebih lambat dari biasanya. Oleh karena itu, lakukan hal berikut ini.



  • Buka Malwarebytes di komputer anda.
  • Selanjutnya buka Settings yang terlihat di sisi kanan atas jendela Malwarebytes.
  • Selanjutnya alihkan ke tab Security.
  • Kemudian nonaktifkan opsi Automatic quarantine.


Menonaktifkan opsi ini mungkin menyelesaikan masalah, tetapi itu membuat komputer anda sebagian rentan karena anda perlu melakukan pekerjaan karantina secara manual.



3. Kembalikan Advanced Exploit Protection ke Default


Malwarebytes menawarkan banyak pilihan, memungkinkan anda untuk mengatur berbagai hal sesuai kebutuhan anda. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tertentu sesuai dengan aplikasi atau filter lainnya. Namun, perubahan ini dapat menyebabkan masalah penggunaan resource yang tinggi di komputer anda. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memulihkan pengaturan default.



  • Buka aplikasi Malwarebytes di PC anda.
  • Di jendela Malwarebytes, klik Settings.
  • Selanjutnya alihkan ke tab Security dan klik Advanced settings.
  • Kemudian klik Restore Default dan klik Apply.


Sekarang ikuti solusi pertama pada daftar ini untuk menutup semua proses Malwarebytes dan memulai kembali.



4. Tingkatkan Waktu Update threat intelligence


Secara default, Malwarebytes mencari update threat intelligence baru setiap jam. Untuk itu, diperlukan sejumlah resource CPU dan koneksi internet di komputer anda. Jika anda menambah interval, itu tidak akan mencari update sesering mungkin sesuai pengaturan default. Untuk informasi anda, anda dapat mengaturnya memulai dari 1 menit hingga 14 hari. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.



  • Buka Malwarebytes dan klik ikon Settings.
  • Kemudian alihkan ke tab Security.
  • Kemudian temukan Update threat intelligence dan pilih waktu dari menu drop-down.
  • Setelah itu, restart Malwarebytes dan periksa apakah masalah teratasi atau tidak.



5. Updates Malwarebytes


Malwarebytes berulang kali mengakui masalah penggunaan CPU yang tinggi di masa lalu. Mereka merilis minor update untuk memperbaiki masalah sebelumnya. Jika hal yang sama terjadi sekarang, maka anda mungkin mendapatkan masalah ini di komputer anda. Karena itu, cari update dan install yang sesuai. Untuk mencari update yang tersedia, lakukan hal berikut ini.



  • Buka Malwarebytes dan klik ikon Settings.
  • Kemudian alihkan ke tab About dan klik ​Check for updates.
  • Jika update tersedia, maka update akan didownload dan diinstal secara otomatis.



6. Restart Malwarebytes Service


Ada Malwarebytes service di jendela Services yang dapat anda restart untuk memeriksa apakah itu menyelesaikan masalah anda atau tidak. Untuk itu, lakukan hal berikut ini.



  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, klik dobel pada Malwarebytes service di panel kanan.
  • Di jendela properties, klik Stop pada bagian Service status.
  • Kemudian klik Start pada bagian yang sama dan klik OK.


Sekarang periksa apakah Malwarebytes menggunakan CPU dan Memory yang sama seperti sebelumnya atau tidak.



7. Install Ulang Malwarebytes


Ini mungkin solusi terakhir yang ingin anda ikuti. Namun, thread yang tak terhitung jumlahnya di forum Malwarebytes resmi menyarankan bahwa melakukan penginstalan ulang telah memperbaiki masalah ini. Namun, anda harus menghapus semua file sisa yang tertinggal sebelum menginstal ulang aplikasi. Meskipun Malwarebytes Clean Uninstall Tool dapat membantu Anda dalam kasus ini, disarankan untuk menggunakan uninstaller software pihak ketiga dibawah ini.


Comodo Programs Manager | IObit Uninstaller | Revo Uninstaller Freeware | CCleaner


Setelah itu, anda dapat mendownload aplikasi dari website resmi dan mengaktifkannya dengan product key anda.


Semoga itu membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara scan file dari virus langsung dari Desktop anda atau cara ''membajak'' Windows Security untuk meningkatkan level perlindungan di Windows 10.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Malwarebytes menggunakan CPU dan Memory yang tinggi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Malwarebytes Menggunakan CPU dan Memory yang Tinggi di Windows 10/11"