Memperbaiki Repairing disk errors, This might take an hour to complete

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan masalah dimana komputer mereka stuck/macet di layar Repairing disk errors, This might take an hour to complete. Masalah ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada Hard Disk. Error disk dapat terjadi karena beberapa alasan, tetapi umumnya terjadi karena kegagalan fisik, seperti disk yang tergores atau bad sector pada disk. Beberapa pengguna melaporkan mengalami pesan error ini ketika mereka memulai Windows mereka.


Apa itu Repairing disk errors, This might take an hour to complete?

Error disk adalah pengalaman umum pada hard drive anda. Mereka biasanya tidak kritis dan mereka dapat diperbaiki hanya dalam beberapa menit. Namun terkadang anda mungkin perlu memperbaiki error disk yang memakan waktu lama. Ini karena ada masalah lain dengan hard drive anda atau konfigurasi komputer. Tetapi sebelum anda keluar dan membeli hard drive baru, biarkan artikel ini menunjukkan kepada anda cara memperbaiki error disk yang menyatakan akan membutuhkan waktu satu jam untuk menyelesaikan error tersebut.




Memperbaiki Repairing disk errors, This might take an hour to complete


Error ini terjadi karena HDD/SDD yang berpotensi gagal. Kita akan melihat semua solusi secara terperinci untuk memperbaiki error ini. 


Untuk melakukan beberapa operasi perbaikan dibawah ini, anda perlu booting ke Safe Mode (untuk Windows 8 atau untuk Windows 10/11) atau ke Advanced Startup Options.



1. Tunggu Beberapa Jam dan Lihat


Anda harus terlebih dahulu menunggu beberapa jam atau semalam karena terkadang, komputer akan secara otomatis memperbaiki error. Langkah ini jelas seperti yang anda baca di pesan error yang muncul di layar anda. Jadi, walaupun ini adalah hal yang paling membosankan, tetapi anda tetap harus menunggu beberapa saat sebelum pindah ke solusi berikutnya.



2. Lepas Semua Perangkat Eksternal


Ada kemungkinan bahwa Windows dapat mendeteksi drive eksternal sebagai partisi boot system, yang menyebabkan PC anda crash saat booting. Untuk menghindari masalah ini, anda harus terlebih dahulu melepaskan semua drive eksternal yang terpasang ke komputer anda dan kemudian restart komputer anda. Sekarang periksa apakah PC anda dapat booting secara normal setelah dimulai. Jika ini berhasil, hubungkan kembali semua perangkat eksternal anda satu per satu dan periksa mana yang menyebabkan masalah. Ketika anda menemukan perangkat yang rusak, ganti dengan yang baru.



3. Restart dalam Safe Mode dan Gunakan Command Propmt untuk Menjalankan CHKDSK


Jalankan CHKDSK untuk memperbaiki bad sector Hard Drive. Jika anda tahu bahwa ada bad sector di Hard Drive anda, coba gunakan perintah CHKDSK dari Command Prompt untuk memperbaiki masalah.


Karena komputer anda tidak dapat booting, maka saya akan memberikan langkah-langkah berikut untuk menjalankan perintah.

  • Akses Advanced Startup Options. Dari sana pilih Troubleshoot  - Advanced options - Startup Settings dan klik Restart.


  • Setelah itu anda dapat memilih Safe Mode.


  • Buka Command Prompt dan jalankan perintah berikut ini.


chkdsk /f C:


Perhatikan bahwa C adalah drive system. Jika drive system anda bukan C, maka ganti drive letter sesuai drive system anda.


4. Jalankan Perintah Repair-volume

Anda dapat menjalankan perintah repair-volume menggunakan Windows PowerShell dan melihat apakah itu membantu. Ini adalah langkah-langkah yang dapat anda gunakan untuk mencapai ini.

Sebelum anda melanjutkan ke langkah-langkahnya, catat drive letter dari drive eksternal anda.

  • Buka jendela Windows PowerShell dengan hak admin di komputer anda. Anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin, kemudian memilih PowerShell dan menjalankan perintah yang sama.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Jangan lupa ganti drive-letter dengan drive letter drive eksternal anda.

Repair-Volume drive-letter –Scan


  • Sekarang masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.

Repair-Volume drive-letter –OfflineScanAndFix
Repair-Volume drive-letter –SpotFix

  • Setelah anda menyelesaikan langkah-langkahnya, tunggu hingga proses scan selesai.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan lihat apakah masalahnya teratasi.


5. Jalankan System Restore

Jika anda telah membuat system restore point, coba lakukan system restore untuk memperbaiki masalah. Anda dapat mendownload file ISO Windows dan buat bootable USB. Kemudian booting menggunakan media instalasi dan lakukan system restore.


6. Jalankan Automatic Startup Repair

Jika anda tidak memiliki system restore point, anda dapat menjalankan Automatic Startup Repair. Untuk melakukan itu, anda harus terlebih dahulu mematikan komputer anda dengan menekan dan tahan tombol power, kemudian hidupkan kembali. Lakukan ini 2 atau 3 kali dan anda akan melihat layar Preparing Automatic Repair.


Jika Automatic Startup Repair mampu memperbaiki masalah, maka anda akan memperbaiki masalah secara otomatis.


7. Perbaiki OS Menggunakan Media Instalasi

Jika tidak ada yang berhasil, yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki komputer anda menggunakan Media Instalasi. Ini tidak akan menghapus file anda, jadi, anda dapat melakukannya tanpa harus khawatir.

Gunakan bootable USB yang sudah anda buat sebelumnya untuk booting. Kemudian pilih Repair your computer. Di layar berikutnya, anda dapat melakukan reset PC anda atau memilih Advamced options untuk melakukan perbaikan lainnya seperti startup repair atau menjalakan scan SFC dan DISM dari command prompt dan lainnya.


8. Periksa dan Ganti Hard Disk Anda

Jika perbaikan tidak berhasil, coba periksa Hard Disk anda dan lihat apakah itu tidak berfungsi. Sayangnya, jika hard disk anda tidak dapat diperbaiki, maka anda harus mendapatkan yang baru.

Anda dapat menggunakan WMIC untuk memeriksa kesehatan dard disk. Tetapi karena komputer anda tidak dapat boot, anda harus mencolokkan hard disk anda ke system yang lain dan memeriksa kesehatannya.



Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat melanjutkan membaca artikel saya lainnya tentang apa yang harus anda lakukan jika Windows 10 gagal Start atau cara mudah memulihkan Windows Boot Loader anda dengan EasyBCD.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Repairing disk errors, This might take an hour to complete di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Repairing disk errors, This might take an hour to complete"