Memperbaiki Windows Update Error Code 0x800703ee

 


Windows 10 hadir dengan banyak keanehan dan bug dan bagian yang paling mengganggu adalah gagal menginstall update. Banyak pengguna telah melaporkan error Windows Update dengan error code 0x800703ee, terutama ketika mereka mencoba untuk mengupgrade system Windows mereka. Ini dapat membuat anda frustrasi sebagai pengguna yang hanya ingin komputer mereka berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi jika anda ingin mempercepat PC anda tanpa menunggu Microsoft memperbaiki masalahnya, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan.


Disini, di artikel ini, saya akan menjelaskan semua kemungkinan solusi yang dapat membantu anda memperbaiki error Windows Update dengan error code 0x800703ee ini.




Memperbaiki Error Windows Update dengan Error Code 0x800703ee


Pengguna sering mendapatkan berbagai jenis error code saat mengupdate Windows 10 atau Windows 11. Banyak yang menghadapi masalah ini ketika mencoba menginstal Feature Update berikutnya. Jika anda mengalami masalah yang sama saat mengupdate Windows 10 atau Windows 11 anda, coba beberapa perbaikan yang tercantum di bawah ini.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Jika anda menemukan error Windows Update dengan error code 0x800703ee pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan Windows Update Troubleshooter untuk memperbaiki masalah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.



Setelah anda menyelesaikan proses diatas baik di Windows 10 maupun di Windows 11 dengan sukses, restart komputer anda dan periksa errornya.



2. Periksa Status Windows Update Services


Selanjutnya, anda dapat membuka Services manager dan memeriksa status terkait Windows Update. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela  Services, temukan service yang tercantum di bawah ini di panel kanan, kemudian klik dobel pada masing-masing service dan pastikan Startup typenya seperti yang dibawah ini.
  1. Background Intelligent Transfer Service – Manual
  2. Cryptographic Services – Automatic
  3. DCOM Server Process Launcher – Automatic
  4. RPC Endpoint Mapper – Automatic
  5. Windows Installer – Manual
  6. Windows Update – Manual (Triggered)
  7. Windows Update Medic Services – Manual



Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah diatas, tutup jendela Serices, kemudian jalankan kembali Windows Update dan lihat apakah itu membantu.


3. Instal Update Secara Manual

Jika anda masih menemukan error code ini, maka anda dapat mendownload Windows Update secara manual dari Microsoft Update catalog. Setelah mendownload folder zip, ekstrak di komputer anda dan kemudian jalankan file setup untuk memulai proses isntalasi update.


4 Hapus Isi Folder SoftwareDistribution dan catroot2

Telah dilaporkan bahwa membersihkan folder cache Windows Update secara manual juga dapat membantu menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi saat menginstall update terbaru pada update Windows 10. Jika anda ingin cache Windows Update dihapus sepenuhnya, maka anda harus mengosongkan folder SoftwareDistribution dan Catroot2.



5. Gunakan Media Creation Tool untuk Menginstall Feature Update yang Gagal

Jika tidak ada metode di atas yang membantu anda memperbaiki masalah, maka anda dapat menggunakan Media Creation Tool untuk mendownload update dan kemudian menginstalnya nanti.


Bagaimana jika Windows Update yang rusak?
Untuk memperbaiki Windows Update yang rusak, maka anda perlu mereset Windows Update Component secara manual untuk memperbaiki masalah ini. Anda juga dapat menjalankan Windows Update Troubleshooter.

Semoga membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang masalah update Windows 10 terbaru dan cara memperbaikinya atau memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows 10.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows Update Error Code 0x800703ee di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Windows Update Error Code 0x800703ee"