Mengatasi Tidak Bisa Menghapus Partisi Disk karena Opsi Delete Volume Berwarna Abu-Abu pada Windows 10/11

 


Jika anda kehabisan ruang disk, anda mungkin ingin menghapus partisi/volume hard drive anda yang tidak digunakan untuk mengosongkan sebagian ruang untuk volume yang hampir penuh. Biasanya, anda dapat menggunakan utilitas Disk Management untuk menghapus partisi hard drive di Windows 10 atau Windows 11. Namun, dalam beberapa kasus, opsi Delete Volume berwarna abu-abu yang tidak dapat di klik, sehingga pengguna tidak dapat menghapus partisi.


Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengapa anda mungkin menghadapi masalah ini, serta memberikan cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.




Penyebab Opsi Delete Volume Berwarna Abu-Abu


Jika opsi Delete Volume di Disk Management berwarna abu-abu pada Windows 10 atau Windows 11 anda, maka itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini


  • Ada Page file pada volume/partisi yang anda coba hapus.
  • Ada file system yang ada di volume/partisi yang anda coba hapus.
  • Volume/partisi berisi System Operasi.
  • Jika anda ingin menghapus ruang kosong di extended partition, maka opsi Delete Volume akan berwarna abu-abu di Disk Management.



Mengatasi Tidak Bisa Menghapus Partisi Disk karena Opsi Delete Volume Berwarna Abu-Abu


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba salah satu dari dua solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah ini. Mari kita kedua metode secara terperinci.



1. Kelola Page File di Partisi


Solusi ini mengharuskan anda untuk menonaktifkan page file yang disimpan pada volume yang ingin anda hapus. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan page file yang disimpan pada volume/partisi tertentu.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik sysdm.cpl dan tekan Enter untuk membuka System Properties.
  • Selanjutnya alihkan ke tab Advanced dan klik Settings di bawah bagian Performance.


  • Di jendela Performance Options, alihkan ke tab Advanced dan klik Change.


  • Di jendela Virtual Memory, hapus ceklist pada opsi Automatically manage paging file size for all drives.
  • Selanjutnya, pilih volume yang ingin anda hapus, kemudian pilih No paging file dan klik Set yang berada di sampingnya.



  • Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.


Sekarang, tutup semua jendela System Properties dan jalankan kembali Disk Management. Pilih volume/partisi yang ingin anda hapus dan opsi Delete Volume seharusnya aktif dan bisa di klik. Anda kemudian dapat melanjutkan untuk menghapus volume/partisi yang dipilih.


Jika solusi ini tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat mencoba solusi berikutnya.



2. Gunakan Software Pihak Ketiga


Solusi ini mengharuskan anda untuk menggunakan software partisi pihak ketiga seperti EaseUS Partition Master untuk menghapus partisi.


Setelah anda mendownload dan menginstall EaseUS Partition Master. Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini untuk menghapus partisi/volume menggunakan software ini.


  • Luncurkan aplikasi Master Partisi EaseUS.
  • Setelah dimuat, klik kanan pada partisi yang ingin anda hapus dan pilih Delete.


  • Klik OK ketika meminta anda untuk konfirmasi.


  • Selanjutnya di pojok kiri atas, klik Execute Operation dan klik Apply pada popup yang muncul.


  • System anda kemudian akan restart untuk memulai operasi.


Itu dia! Salah satu dari solusi ini harus bekerja untuk anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mempersiapkan hard disk eksternal dengan sempurna untuk menyimpan video atau memperbaiki kecepatan Read/Write SSD yang lambat di Windows 10.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi tidak bisa menghapus partisi disk karena opsi Delete Volume berwarna abu-abu pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Mengatasi Tidak Bisa Menghapus Partisi Disk karena Opsi Delete Volume Berwarna Abu-Abu pada Windows 10/11"