-->

Cara Aktifkan dan Menggunakan Focus Sessions di Windows 11

 


Jika anda menggunakan versi terbaru Windows 11, anda mungkin sudah melihat fitur baru yang bernama Focus Sessions. Ini termasuk dalam aplikasi Clock dan ini membantu anda fokus pada pekerjaan anda untuk waktu yang lama dan tetap produktif. Berikut adalah bagaimana anda dapat mengaktifkan dan menggunakan Focus Sessions di Windows 11.



Apa itu Focus Sessions di Windows 11


Focus Sessions adalah fitur terintegrasi Alarm & Clock yang tersedia di versi terbaru Windows 11. Fungsionalitas ini membantu anda meningkatkan produktivitas dengan mengikuti teknik Pomodoro. Dengan kata lain, ini memungkinkan anda fokus pada pekerjaan tertentu, melacak waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan tertentu, beristirahat setelah waktu yang telah ditentukan dan lainnya.


Ini membuat dasbor saat anda terus menggunakan fitur ini untuk menemukan tugas yang akan datang, tujuan harian dan lainnya. Yang terakhir tetapi tidak kalah pentingnya adalah memungkinkan anda untuk menyinkronkan palylist Spotify anda, memungkinkan anda mendengarkan musik atau podcast saat bekerja pada sebuah proyek.



Mengaktifkan dan Menggunakan Focus Sessions di Windows 11


Mengaktifkan Focus Sessions di Windows 11 bukanlah hal yang rumit karena anda hanya perlu mengupdate ke versi terbaru Windows 11 dan membuka aplikasi Alarm & Clock di komputer anda. Namun, anda perlu mempelajari cara mengatur dan menggunakan fungsi ini untuk meningkatkan produktivitas anda.


Untuk menggunakan Focus sessions di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Buka aplikasi Alarm & Clock di komputer anda dan memastikan bahwa anda berada di tab Focus Sessions. Jika tidak, klik pada opsi di panel kiri. Setelah itu, klik Get started yang terlihat di jendela aplikasi.



Kemudian, ini akan menunjukkan interface/antarmuka, yang mungkin kurang beberapa opsi lain. Untuk mendapatkan Focus Sessions yang berfungsi secara penuh, anda perlu mengklik Sign in dan memasukkan kredensial Microsoft account anda untuk masuk ke akun anda.


Setelah selesai, anda dapat menemukan jendela seperti gambar dibawah ini.



Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat tugas yang ingin anda selesaikan. Untuk itu, buka bagian Tasks dan tuliskan tugas yang ingin anda selesaikan. Yang penting adalah anda harus menempatkan tugas yang paling diinginkan di bagian atas daftar.


Setelah itu, periksa bagian yang menampilkan waktu. Anda dapat mengatur waktu dari 15 menit hingga 240 menit. Fungsionalitas ini memungkinkan anda beristirahat setelah setiap 30 menit. Anda dapat mengatur waktu yang diperlukan sesuai keinginan anda dengan mengklik panah atas dan bawah.


Setelah anda selesai mengaturnya, klik tombol Start focus session.



Kemudian, itu memulai jam di layar anda yang dapat anda ikuti. Ini menunjukkan kapan anda perlu istirahat dan berapa lama. Meskipun disarankan, jika anda tidak ingin istirahat dan menyelesaikan tugas dalam sekali duduk, anda dapat memberi ceklist pada kotak Skip breaks sebelum mengklik Start focus sessions.


Setelah anda mencapai tanda 30 menit, ia memainkan suara notifikasi, memberitahu anda untuk istirahat selama 5 menit.


Seperti yang disebutkan sebelumnya, anda dapat menghubungkan akun Spotify anda dengan Focus sessions. Namun, anda harus menginstall aplikasi Spotify di komputer anda untuk menggunakan opsi ini.


Hal besar berikutnya adalah anda dapat menemukan tujuan harian anda di panel Daily progress. Disini anda dapat menemukan berapa banyak waktu anda bekerja terus menerus, rentetan terpanjang anda dan lainnya.



Pengaturan dan Opsi Focus Sessions


Focus sessions menawarkan beberapa opsi dan pengaturan untuk menyesuaikan, mengelola dan meningkatkan alur kerja. Anda dapat menemukan opsi berikut di panel Settings Focus Sessions.



  • Focus periods: Anda dapat mengatur atau mengubah periode fokus dan periode istirahat default.
  • End of session sound: Mengaktifkan atau menonaktifkan suara akhir sesi.
  • End of break sound: Mengaktifkan atau menonaktifkan suara akhir istirahat.
  • Spotify: Aktifkan atau nonaktifkan Spotify.
  • To Do: Aktifkan atau nonaktifkan To Do.
  • App theme: Mengatur tema aplikasi.
  • Notifications: Mengelola notifikasi anda.



Tambahkan atau Hapus iItem dari Focus Sessions


Jika anda tidak suka menampilkan item tertentu seperti Spotify, Tasks atau apapun, anda dapat menyembunyikan atau menghapusnya dari antarmuka utama. Untuk itu, anda perlu mengklik ikon tiga titik dan memilih opsi Collapse task list atau Hide Spotify, dan lainnya.



Atau anda juga dapat membuka panel Settings Focus sessions dan melakukan hal yang sama dari sana.



Perbedaan Antara Focus Assist dan Focus Sessions


Secara sederhana, Focus Assist berfungsi di seluruh system, tetapi Focus Sessions hanya berfungsi dengan aplikasi Alarm & Jam. Perbedaan utama antara kedua fungsi ini adalah Focus Assist membantu anda mengelola semua notifikasi dari berbagai aplikasi, sedangkan Focus Sessions membantu anda fokus pada pekerjaan terpenting anda dengan mengikuti teknik (semacam) Pomodoro.



Dengan mempertimbangkan semuanya itu, fitur Focus Sessions terdengar cukup baik bagi mereka yang ingin mencatat seberapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk pekerjaan tertentu atau membantu mereka agar lebih fokus. Meskipun itu tidak menghalangi anda untuk melakukan sesuatu yang khusus, anda setidaknya bisa mengetahui bagaimana anda menghabiskan waktu anda untuk pekerjaan anda.


Itu saja! Semoga membantu. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara ubah format Jam Lock Screen di Windows 10/11 atau cara Set Alarm dan Timer di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan dan menggunakan Focus Sessions di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!