Cara Membuat, Melihat dan Mengedit File GEDCOM di Windows 10/11

 


Berikut adalah panduan lengkap bagi anda untuk membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM di PC Windows 10/11 anda. File GEDCOM pada dasarnya adalah file data silsilah yang terdiri dari family tree (pohon keluarga) atau yang kita kenal dengan istilah silsilah keluarga. Ini adalah salah satu format yang paling banyak digunakan untuk menyimpan dan bertukar silsilah keluarga. Ini pertama kali dikembangkan oleh The Church of Jesus Christ of Latter-day Saints (Gereja LDS) untuk membantu dalam penelitian silsilah. File GEDCOM umumnya disimpan dengan ekstensi file .ged.


File GEDCOM pada dasarnya berisi informasi silsilah tentang setiap orang dalam keluarga. Ini menunjukkan pertalian dan hubungan antara anggota keluarga atau keluarga besar. Ini adalah file teks biasa yang terdiri dari bagian header, catatan dan bagian trailer. Ada beberapa versi GEDCOM yang telah dirilis dan yang terbaru adalah versi GEDCOM 7.0.2.


Sekarang, jika anda memiliki file GEDCOM dan anda ingin melihat atau mengeditnya, bagaimana melakukannya? Juga, bagaimana cara membuat file GEDCOM baru dari awal? Jika anda bertanya-tanya hal yang sama, maka artikel ini untuk anda. Disini, kita akan membahas metode untuk membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM di Windows 10 atau Windows 11. Langsung saja ke solusinya sekarang!



Software yang Diperlukan untuk Membuka File GEDCOM


Ada beberapa software yang memungkinkan anda membuka dan melihat file GEDCOM. Jika anda mencari software gratis untuk PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menemukannya di artikel ini. Disini, saya telah menyebutkan saftware gratis yang dapat anda gunakan untuk membuka file GEDCOM. Anda dapat mencoba My Family Tree, GEDkeeper atau Gramps untuk melakukannya. Dan jika anda mencari layanan online gratis, anda dapat menggunakan tools MyHeritage.



Cara Membuat, Melihat dan Mengedit File GEDCOM


Berikut adalah software gratis yang dapat anda gunakan untuk melihat, membuat atau mengedit file GEDCOM di Windows 10 atau Windows 11 anda.



#Menggunakan Aplikasi Desktop Gratis


1. Ahnenblatt


Ahnenblatt adalah software silsilah gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM. Di dalamnya, anda cukup membuka file GEDCOM menggunakan opsi khusus. Kemudian anda akan dapat memvisualisasikan, menganalisis dan memodifikasi silsilah keluarga sesuai kebutuhan anda. Ini juga memungkinkan anda menghasilkan file GEDCOM yang benar-benar baru yang berisi silsilah keluarga.



Anda dapat menambahkan atau mengedit detail seseorang di silsilah keluarga seperti nama, pekerjaan, tanggal lahir, orang tua, saudara kandung, pasangan, anak-anak, catatan, sumber dan lainnya. Bahkan anda dapat menempatkan foto orang tersebut di dalam silsilah. Ini memungkinkan anda menyimpan pohon keluarga yang dibuat atau diedit di GEDCOM dan beberapa format lain termasuk XML, CSV, HTML page, HTML website dan lainnya.


Hal baiknya adalah anda dapat membuat poster pohon keluarga, poster pohon leluhur, poster jam pasir dan lainnya dengan menggunakannya. Selain itu, anda bahkan dapat mencetak daftar keluarga, daftar ulang tahun, daftar leluhur, daftar tempat, lembar pribadi dan lainnya dengan mengklik List. Beberapa tools tambahan yang berguna seperti statistik silsilah keluarga, menampilkan gambar, menemukan nenek moyang yang sama, menampilkan kalender, menyesuaikan data, menyortir keluarga, mencari dan lainnya.


Software ini adalah salah satu software terbaik untuk membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM. Software ini tersedia dalam versi portabel dan installer.



2. My Family Tree


My Family Tree adalah software gratis yang memungkinkan anda melihat, membuat dan mengedit file GEDCOM di Windows 10 atau Windows 11. Ini menyediakan opsi Impor GEDCOM khusus untuk mengimpor file GEDCOM. Anda dapat melihat, menganalisis, serta mengedit silsilah keluarga sesuai kebutuhan anda. Selain itu, bahkan memungkinkan anda membuat file GEDCOM baru dari awal.



Anda dapat mengedit berbagai informasi tentang anggota di pohon keluarga yang diimpor. Rincian ini mungkin termasuk nama, jenis kelamin, tanggal lahir, tempat lahir, foto, genetik, hubungan, fakta dan banyak lagi. Ini memungkinkan anda menghasilkan beberapa laporan untuk pohon keluarga yang diimpor. Misalnya, anda dapat membuat laporan termasuk daftar pernikahan, garis waktu, laporan pribadi, laporan keluarga, garis waktu sesorang, kerabat, kekerabatan dan banyak lagi.


Selain itu, software ini memungkinkan anda untuk memvisualisasikan beberapa bagan silsilah keluarga termasuk bagan keluarga, leluhur dan bagan. Banyak tools tambahan yang bagus juga ditawarkan di dalamnya seperti Date Calculator, Phonetics Calculator, Relationship Calculator, Spellcheck dan banyak lagi.



3. GEDKeeper


Anda juga dapat menggunakan freeware yang bernama GEDKeeper untuk membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM. Anda dapat menggunakan opsi File - New untuk mulai membuat silsilah keluarga baru dan mengekspornya ke format GEDCOM. Atau anda dapat menggunakan opsi File - Open untuk mengimpor file GEDCOM yang ada, lalu melihat dan mengedit silsilah keluarga. Ini memungkinkan anda mengedit catatan seseorang termasuk nama, nama keluarga, tanggal lahir, pasangan, gambar profil, acara dan banyak lagi. Anda bahkan dapat menambahkan audio, kartu, buku, manuskrip, video, peta dan lebih banyak file ke silsilah keluarga anda sebagai referensi.



Ini memungkinkan anda membuat berbagai laporan yang membantu anda memahami silsilah keluarga dengan lebih baik. Anda dapat menghasilkan laporan termasuk Frequency of names, Pedigree report, Personal Events, Phonetics dan Contemporaries. Anda juga dapat melihat peta, statistik silsilah keluarga, silsilah leluhur, silsilah keturunan, dan bagan lainnya. Plus, ini memberi anda fitur yang berguna seperti Relationship Calculator, Slideshow, Organizer, Manage Places, Merge Records dan lainnya.


Untuk lebih meningkatkan fungsinya, anda dapat menggunakan beberapa plugin seperti Data Quality, 3D Visualizer, CalC, Words Cloud, Stream Input maupun lainnya. Ini juga memungkinkan anda mengonversi GEDCOM ke buku kerja Excel.



4. Gramps


Gramps adalah software open-source dan gratis  untuk membuat family tree di Windows 10 atau Windows 11. Dengan menggunakannya, anda dapat membuat file GEDCOM baru serta melihat atau mengedit file GEDCOM yang ada. Anda dapat menambahkan atau mengedit informasi anggota keluarga termasuk gelar, nama, nama keluarga, ID, jenis kelamin, usia, alamat, referensi, dan lainnya. Bahkan memungkinkan anda menambahkan foto setiap anggota keluarga.



Anda dapat menggunakan orang yang ditambahkan saat membuat family tree. Ini juga memungkinkan anda menempatkan acara, tempat, sumber, kutipan, repositori dan catatan di family tree anda. Setelah membuat family tree, anda dapat menyimpannya dalam format GEDCOM aslinya. Selain GEDCOM, ini juga memungkinkan anda membuat silsilah keluarga dalam format seperti GeneWeb, CSV, Gramps XML, Web Family Tree, vCard, vCalendar dan lainnya.


Software ini juga dilengkapi dengan beberapa jenis bagan untuk menganalisis family tree anda. Anda bahkan dapat membuat laporan seperti pohon leluhur, pohon keturunan, kalender, laporan statistik, laporan teks, halaman web dan banyak lagi. Selain itu, ia juga menyediakan tools Analysis and Exploration, Family Tree Processing, Relationship Calculator, Find database loop, Media Manager dan Family Tree Repair.


Secara keseluruhan, ini adalah software family tree gratis yang bagus untuk melihat, membuat atau mengedit file GEDCOM.



5. RootsMagic Essentials


RootsMagic Essentials adalah software gratis yang bagus untuk membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM. Anda dapat mengimpor, melihat dan mengedit GEDCOM dan banyak file silsilah lainnya, misalnya Family Origin, Personal Ancestor File (PAF), TMG, dan lainnya. Setelah mengedit family tree, anda dapat menyimpannya dalam format aslinya yaitu GEDCOM.



Seperti software lain yang terdaftar, ini juga memungkinkan anda menghasilkan laporan seperti laporan silsilah, lembar kelompok keluarga, laporan naratif, daftar, ringkasan individu dan banyak lagi. Anda juga dapat membuat bagan family tree termasuk pohon foto, bagan dinding, bagan kotak, bagan garis waktu dan bagan hubungan. Selain itu, ia juga menawarkan tools seperti Relationship Calculator, Date Calculator, Color Code People, Set Living, Soundex Calculator dan lainnya.



#Mengunakan Cara Online di MyHeritage


Jika anda ingin membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM secara online, maka anda harus mencoba layanan web gratis bernama MyHeritage ini. Ini adalah layanan silsilah online yang memungkinkan anda mengimpor file GEDCOM dan kemudian melihat atau mengeditnya. Anda juga dapat membuat family tree baru dan mengekspornya ke file GEDCOM. Anda dapat mengelola semua family tree anda di akun anda.


Ini memungkinkan anda menambahkan berbagai detail anggota keluarga termasuk foto, tempat lahir, nama gadis, pasangan, orang tua dan banyak lagi. Anda juga dapat melihat beberapa statistik keluarga di dalamnya termasuk tempat lahir, usia, pernikahan, anak dan lainnya. Anda dapat mengubah tampilan family tree ke tampilan pedigree, fan atau list.


Layanan silsilah web ini menyediakan paket gratis. Namun, sebagian besar fitur hanya tersedia dalam paket premiumnya. Anda dapat menggunakannya dan mengetahui lebih banyak tentangnya di myheritage.com.


Semoga bermanfaat! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang aplikasi portabel Windows yang wajib anda bawa kemanapun atau cara reset program ke pengaturan default di Windows.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuat, melihat dan mengedit file GEDCOM di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat, Melihat dan Mengedit File GEDCOM di Windows 10/11"