Cara Menggunakan Snap Layout di Windows 11

 


Windows menawarkan kemampuan untuk mengatur aplikasi, file dan browser yang dibuka di layar anda berdasarkan berbagai layout atau tata letak pilihan anda untuk memanfaatkan semua ruang yang tersedia. Tindakan seperti itu disebut snapping window. Di Windows 10, snapping dilakukan secara manual, melalui shortcut keyboard dan opsi menu khusus yang disebut Snap Assist. Dengan Windows 11, ini menjadi lebih mudah menggunakan fitur bantuan visual yang disebut Snap Layout. Artikel ini akan menunjukkan cara mendapatkan snapping!



Snap Layout di Windows 11


Meskipun anda dapat snap window di Windows 10, anda tidak mendapatkan banyak variasi terhadap tampilan akhir jendela. Namun, dengan fitur Snap Layout Windows 11, anda dapat snap jendela yang mencakup layar yang lebih lebar dan lebih banyak kemungkinan. Tidak perlu menyeret atau mengubah ukuran jendela.


Snap Layout Windows 11 adalah satu set template yang telah ditentukan sebelumnya yang mengatur jendela aplikasi di layar berdasarkan pilihan anda dari Snap Navigator. Fitur navigasi ini segera muncul saat anda mengarahkan mouse di sekitar tombol Maximize di pojok kanan atas jendela.



Saat ini, ada enam jenis layout atau tata letak untuk snapping:

  • 50:50 – dua jendela berukuran sama.
  • 80:20 – termasuk layar jendela besar dan kecil.
  • 50:25:25 – untuk tiga layar jendela.
  • 25:25:25:25 – berguna untuk multitasking dengan empat jendela terbuka.
  • Layout tiga kolom yang sama – memerlukan layar laptop/komputer yang sepenuhnya kompatibel dengan HD pada 1080p (1920×1080).
  • Layout tiga kolom yang tidak sama.


Ketersediaan dari tampilan Snap Layout sebenarnya akan bergantung pada ukuran display anda, sehingga anda mungkin akan melihat lebih banyak atau lebih sedikit layout yang di sediakan. Seperti pada gambar dibawah ini, opsi layout tiga kolom tidak tersedia karena layarnya tidak terlalu lebar.




Menggunakan Snap Layout di Windows 11


Tidak seperti Windows 10, snapping jendela sangat mudah dengan Windows 11, karena tidak perlu menyeret atau mengubah ukuran jendela. Anda hanya perlu memindahkan penunjuk ke tombol Maximize di File Explorer, browser atau aplikasi lainnya. Opsi Snap Layout akan diaktifkan secara otomatis. Pilih layout yang anda butuhkan.



Dalam contoh jendela File Explorer dan Settings di atas, layout yang sama 25:25:25:25 dipilih. Ini memastikan jendela File Explorer dan Settings menempati tepat seperempat layar di sebelah kiri dan kanan. Jika ada jendela aplikasi lain yang terbuka pada saat yang sama, mereka juga akan mengatur sendiri ke salah satu tempat.


Untuk mengelola menu Snap Layout di Windows 11, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Multitasking di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, perluas Snap Windows.
  • Sekarang periksa semua opsi yang tersedia untuk hasil terbaik.




Semoga bermanfaat untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memindahkan jendelafullscreen Game ke monitor lain atau cara menggunakan multi Desktop di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan Snap Layout di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menggunakan Snap Layout di Windows 11"