Cara Mount iPhone Anda Sebagai Drive Eksternal di Ubuntu

 


Menggunakan iPhone sebagai drive eksternal di Ubuntu dulunya sedikit rumit untuk dilakukan. Dukungan Linux untuk perangkat iOS seperti iPhone, iPad dan iPod dulunya sangat buruk, tetapi situasi itu telah berubah. Inilah cara mount penyimpanan iPhone (dan iPad) anda di Ubuntu dan Linux distribution lainnya menggunakan libimobiledevice library.



Menginstall Perangkat Libimobile


Agar iPhone dan perangkat iOS lainnya dikenali di Ubuntu, anda harus menginstall libimobiledevice library terlebih dahulu. Ini memungkinkan Ubuntu dan system operasi Linux lainnya untuk berinteraksi dengan perangkat iOS ini.


Ini penting, terutama karena langkah-langkah keamanan Apple. Libimobiledevice memungkinkan anda mengakses informasi system untuk perangkat anda serta penyimpanan internal. Website libimobiledevice memiliki daftar fitur yang disertakan saat ini serta fitur yang direncanakan untuk masa mendatang.



Jika anda ingin menggunakan iPhone sebagai drive eksternal, anda harus menginstall libimobildevice terlebih dahulu. Anda tidak perlu menambahkan package repositori ptambahan untuk menginstall libimobiledevice. Untuk melakukannya, buka jendela terminal di system operasi Ubuntu atau Linux distribution lainnya dan jalankan perintah berikut ini.

sudo apt install libimobiledevice6 libimobiledevice-utils

Setelah libimobiledevice terinstall, coba hubungkan iPhone anda. Jika file system iPhone anda tidak dimount secara otomatis saat terhubung, maka anda mungkin perlu melakuka pair iPhone anda. Buka kembali terminal dan jalankan perintah berikut ini.

idevicepair pair

Pesan sukses akan muncul setelah menjalankan perintah ini. Selanjutnya, jalankan perintah yang berikut ini.

usbmuxd -f -v

Perintah ini memungkinkan beberapa koneksi antara iPhone anda dan instalasi Ubuntu anda.

Setelah menjalankan semua perintah ini, jika anda masih tidak dapat terhubung ke iPhone anda, anda harus menginstall dan menggunakan package kedua yang bernama iFuse untuk mount iPhone anda secara manual.


Menginstall iFuse

Package iFuse memungkinkan anda untuk mount iPhone dan mengakses file systemnya di Linux. Kemungkinan iFuse akan menginstall sendiri bersama dengan libimobiledevice, tetapi jika belum, anda harus menginstalnya secara manual.

Seperti libimobiledevice, anda harus menemukan iFuse di package repositori Ubuntu yang biasa.


Untuk menginstall iFuse, buka terminal anda dan jalankan perintah berikut ini.


sudo apt install ifuse

Ini akan menginstall iFuse dan package tambahan apapun yang mungkin diperlukan pada instalasi Ubuntu anda.


Mengakses Penyimpanan iPhone Anda

Jika anda memiliki Ubuntu dengan GNOME desktop environment, maka file system iPhone anda akan dimount secara otomatis setelah anda menghubungkannya. Restart PC anda jika pada contoh pertama, perangkat anda tidak tdi mount secara otomatis. Anda juga harus unlock layar perangkat iPhone anda. Jika tidak, anda tidak akan dapat mengakses penyimpanan internal.

Jika itu tidak berhasil, anda mungkin perlu mount iPhone anda secara manual. Anda mungkin juga perlu melakukan ini jika anda tidak menggunakan instalasi standar Ubuntu dengan GNOME.

Pertama, pair iPhone anda dengan membuka terminal Linux dan menjalankan perintah berikut ini.

idevicepair pair

Anda akan melihat pesan sukses muncul setelah menjalankan perintah ini, atau idevicepair akan memberitahu anda bahwa perangkat iOS anda tidak dapat ditemukan.


Jika itu masalahnya, restart dan coba lagi. Setelah perangkat anda dipair, jalankan perintah berikut ini untuk mount iPhone anda.

sudo mkdir /media/iphone
ifuse /media/iphone

Ganti direktori “/media/iphone” dengan direktori lain pilihan anda. Di direktori tersebut file dan folder iPhone anda akan terlihat di perangkat anda.

Setelah dimount, anda akan dapat melihat file system iPhone di file manager pilihan anda. Anda kemudian dapat menghapus atau menambahkan file ke iPhone sebagai drive eksternal.


Jika anda mount perangkat secara manual dan ingin unmount dengan aman, buka kembali terminal anda dan jalankan perintah berikut ini.

ifuse -u /media/iphone

Ini akan dengan aman unmount penyimpanan iPhone anda. Setelah selesai, anda dapat mencabutnya dari PC atau laptop Ubuntu anda.

Jika kedua package diatas tidak ada yang berfungsi untuk mount iPhone di perangkat anda, maka mungkin saja prosesnya tidak berjalan dengan benar. Untuk memastikan perangkat anda dikenali, buka terminal dan jalankan perintah berikut ini.

ideviceinfo

Selama anda melihat detail tentang perangkat anda, Linux mengenali iPhone anda. Jika anda tidak mendapatkan detail apapun, coba ulangi prosesnya kembali. Merestart Linux juga dapat membantu.

Semoga ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengatur dan menggunakan iCloud Photos di perangkat apapun atau cara install dan menggunakan iCloud di PC Windows.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mount iPhone anda sebagai drive eksternal di Ubuntu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Tidak ada komentar untuk "Cara Mount iPhone Anda Sebagai Drive Eksternal di Ubuntu"