Cara Update Driver Menggunakan Command Prompt di Windows 10/11

 


Command Prompt adalah salah satu utilitas yang disukai banyak pengguna dan utilitas ini terus berkembang. Jika anda belum mengetahuinya, bahwa dimungkinkan juga untuk menjalankan Windows Update dari command line. Demikian pula, anda juga dimungkinkan untuk mengupdate driver menggunakan Command Prompt.


Microsoft menawarkan utilitas bawaan PnPUtil.exe yang memungkinkan administrator untuk menambahkan paket driver, menginstal atau memperbarui dan menghapus driver package dari driver store. Anda juga dapat mengetahui daftar driver package yang saat ini diinstall di driver store. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan bagaimana anda dapat mengupload driver menggunakan Command Prompt.


Jika anda ingin memeriksa apakah anda memilikinya, yang perlu anda lakukan hanyalah membuka command prompt, kemudian ketik PNPUtil.exe dan tekan Enter. Jika tidak ada kesalahan, anda siap melakukannya.




Update Driver Menggunakan Command Prompt


Metode ini tidak akan mendownload driver package dari internet. Anda harus mendownload driver package dari website OEM atau mengcopynya dari USB atau media penyimpanan dan menyalinnya ke komputer.


Setelah selesai, anda dapat menggunakan driver dengan utilitas untuk menginstall atau mengupdate driver. Anda harus memberikan jalur ke file INF yang menyimpan informasi driver yang akan diinstall.


Sintaks PnPUtil


pnputil  [/add-driver <...> | /delete-driver <...> | /export-driver <...> | /enum-drivers | /disable-device <...> | /enable-device <...> | /restart-device <...> | /remove-device <...> | /scan-devices <...> | /enum-devices <...> | /enum-interfaces <...> | /?]

Berikut sintaksnya, seperti yang dinyatakan dalam microsoft.com:

pnputil /add-driver * <filename.inf | .inf> [/subdirs] [/install] [/reboot]

/subdirs - traverse sub directories for driver packages.

/install - install/update drivers on any matching devices.

/reboot - reboot system if needed to complete the operation.


Contoh penggunaan perintah PnPUtil

Anda dapat menggunakan opsi /install untuk menginstall driver baru atau mengupdate yang sudah ada.

Tambahkan driver package

pnputil /install x:\driver.inf

Tambahkan beberapa driver package

pnputil  /install c:\oem\*.inf

Tambahkan dan install driver package

pnputil  /install device.inf /install

Utilitas dapat mengembalikan informasi yang dapat menyarankan jika diperlukan reboot. Jika anda tidak mendapatkan apapun atau nol, semuanya baik-baik saja. Namun, jika anda mendapatkan ERROR SUCCESS REBOOT REQUIRED (3010) maka reboot system diperlukan. Itu terjadi ketika reboot tidak digunakan selama instalasi atau update. Jika diperlukan restart, maka anda akan menerima ERROR SUCCESS REBOOT INITIATED (1641) yang berarti update berhasil dan reboot system sedang berlangsung.

Utilitas juga dapat menemukan atau menghitung driver package yang saat ini ada di driver store. Namun, itu hanya akan mencantumkan driver package yang tidak tercantum dalam kotak package. Driver package dalam kotak adalah package yang disertakan dalam penginstalan default Windows atau service pack-nya.

Ada perintah lain yang disebut Drvload, tetapi hanya berfungsi di Windows PE environment, jadi dari perspektif konsumen atau admin, anda harus menggunakan PnPUtil untuk mengupdate atau menginstall driver baru di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengupdate driver menggunakan Command Prompt di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Tidak ada komentar untuk "Cara Update Driver Menggunakan Command Prompt di Windows 10/11"