-->

Memperbaiki Error 0x800c0006 .NET Framework di Windows 10/11

 


Saat mendownload atau menginstall .NET Framework, anda mungkin mendapatkan pesan error dengan error code 0x800c0006. Jika anda juga mendapatkan pesan error Download failed with error code 0x800c0006 pada Windows 11 atau Windows 11 anda, maka berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki masalah ini. Error ini pada umumnya terjadi saat anda menggunakan installer online .NET Framework di komputer Windows anda.


Ketika anda mengalami masalah ini, pesan error lengkapnya akan ditampilkan seperti dibawah ini.

Installation Did Not Succeed

.NET Framework 4 has not been installed because:

Download failed with error code 0x800c0006




Memperbaiki Error 0x800c0006 .NET Framework


Untuk memperbaiki error 0x800c0006.NET Framework pada Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti beberapa saran berikut ini. Mari kita lihat metode perbaikannya satu per satu secara terperinci.



1. Download Installer Offline


Jika downloader dan installer online menunjukkan error saat menginstall .NET Framework di komputer anda, maka anda dapat menggunakan installer offline. Dengan kata lain, anda dapat mendownload seluruh file executable di komputer anda dari website resmi dan menginstallnya sesuai dengan itu. Hal terbaik tentang metode ini adalah anda dapat mengulangi langkah-langkah di beberapa komputer jika anda mendapatkan error yang sama di lebih dari satu PC. Untuk itu, anda perlu mengunjungi website Microsoft untuk mendownload installer offline atau Standalone dari Microsoft .NET Framework 4. Kemudian, anda dapat menginstallnya seperti program lainnya.



2. Buka Blokir Installer


Setelah mendownload installer offline, anda mungkin perlu membuka blokirnya. Jika tidak, anda akan mendapatkan masalah yang sama saat menjalankan installer offline.



  • Untuk itu, klik kanan pada file yang anda download dari Microsoft dan pilih opsi Properties.
  • Kemudian, beri ceklist pada opsi Unblock dan klik OK.
  • Sekarang anda dapat memulai instalasi .NET Framework anda.



3. Nonaktifkan Driver Signature Enforcement


Windows 10 atau Windows 11 menginstal driver tanpa verified signature. Namun, jika file anda tidak memiliki verified signature, anda mungkin mendapatkan error ini saat menginstall .NET Framework. Oleh karena itu, anda dapat mengikuti panduan terperinci di artikel ini untuk menonaktifkan Drive Signature Enforcement dan cara menginstallnya.



Atau anda dapat menjalankan perintah dibawah ini di Command Prompt dengan hak admin untuk menonaktifkan Driver Signature Enforcement.


bcdedit.exe /set nointegritychecks on


Untuk mengaktifkannya kembali, jalankan perintah berikut ini.

bcdedit.exe /set nointegritychecks off


4. Reset Windows Update Component

Terkadang, anda mungkin perlu mereset Windows Update Component pada Windows 10 atau Windows 11 anda untuk mengabaikan pesan error ini. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menyelesaikannya di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800c0006 .NET Framework di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!