-->

Memperbaiki Penggunaan Disk dan Memory yang Tinggi Saat Bermain Game di Windows 10/11

 


Ketika bermain game di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mengalami penggunaan Disk dan Memory yang tinggi. Jika itu terjadi pada anda, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan memberikan solusi paling sesuai yang dapat dicoba oleh gamer PC yang terpengaruh untuk berhasil menyelesaikan masalah dan meningkatkan pengalaman dalam bermain game mereka.


Performa game dapat bervariasi tergantung pada jenis media penyimpanan. Hard drive lebih lambat daripada SSD, jadi menggunakan HDD tidak hanya dapat mempengaruhi waktu loading/pemuatan game, tetapi juga performa/kinerja dapat terpukul jika game mengakses konten dari penyimpanan secara teratur. Hard drive tidak dapat mengimbangi itu dan akibatnya mempengaruhi pengalaman bermain game anda.



Penggunaan memory saat bermain game sangat tergantung pada game yang anda mainkan. Secara umum, RAM 16GB akan menjadi pilihan terbaik bagi para gamer yang rajin melakukan streaming game. Tetapi untuk gamer kasual dan hardcore yang tidak menggunakan PC lebih dari sekadar bermain game, 8GB RAM sudah cukup cepat untuk itu.



Memperbaiki Penggunaan Disk dan Memory yang Tinggi Saat Bermain Game


Jika anda dihadapkan dengan penggunaan Disk dan Memory yang tinggi ini saat bermain Game pada system Windows 10 atau Windows 11, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah untuk anda.



1. Jalankan Scan Anti Virus


Infeksi malware/virus berpotensi menimbulkan penggunaan Disk dan Memory yang tinggi ini saat bermain Game di PC Windows anda. Untuk mengesampingkan kemungkinan infeksi malware sebagai biang keladinya, anda dapat menjalankan full scan antivirus untuk system anda.


Anda dapat menjalankan full scan antivirus dengan Windows Defender atau produk AV pihak ketiga yang bereputasi baik atau menjalankan Microsoft Safety Scanner. Juga, dalam kasus yang parah, anda dapat menjalankan scan offline Windows Defender saat booting atau menggunakan AntiVirus Rescue Media bootable untuk memulihkan system anda jika komputer anda gagal melakukan booting.



2. Jalankan CHKDSK


CHKDSK adalah solusi yang layak untuk masalah yang dihadapi yang dapat disebabkan oleh bad sector pada hard drive anda.


Untuk menjalankan CHKDSK di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Command Prompt dengan hak admin dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Anda juga dapat membukanya dari Start menu dengan mengklik kanan padanya dan pilih Run as administrator.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.


chkdsk /x /f /r

  • Ketika anda mendapat pesan Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N), tekan Y dan tekan Enter.



Setelah CHKDSK selesai, periksa untuk melihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


3. Nonaktifkan Windows Search Indexing

Windows Search Indexing berjalan di background dan terus menerus mengindeks file dan folder baru dari jalur atau lokasi yang disebutkan. Oleh karena itu, hal ini juga dapat menyebabkan penggunakan disk dan memory yang tinggi. Jadi salah satu solusi untuk mengatasi ini adalah mengharuskan anda untuk menonaktifkan Windows Search Indexing dan melihat apakah itu membantu.


4. Nonaktifkan Service Superfetch

SuperFetch dirancang untuk membuat pengalaman komputer anda lebih cepat. Secara default, fitur ini berjalan ketika booting Windows dan selalu bekerja di background. Ia akan mengevaluasi aplikasi yang paling sering anda gunakan dan juga berapa banyak RAM yang anda gunakan.

Namun terkadang, fitur ini membuat penggunaan Disk dan Memory yang tinggi. Beberapa gamer PC yang terpengaruh dapat mengatasi masalah ini dengan menonaktifkan service Superfetch di komputer Windows mereka.



5. Nonaktifkan Hibernation

Menonaktifkan Hibernation pada komputer gaming Windows anda juga merupakan perbaikan yang diketahui untuk masalah yang dihadapi. Jadi, jika anda telah mengaktifkan Hibernation di PC Windows anda, maka menonaktifkannya adalah salah satu solusi untuk memperbaiki masalah ini. Jika itu tidak berhasil untuk anda, lanjutkan dengan solusi berikutnya



6. Mainkan Game Dalam Clean Boot

Mungkin ada aplikasi dan service yang saling bertentangan yang mengganggu game atau game engine sehingga meningkatkan penggunaan disk dan memory game. Dalam hal ini, Aanda dapat melakukan Clean Boot dari komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dan kemudian memainkan game dalam mode tersebut. Jika tidak ada masalah yang ditemukan, dalam hal ini penggunaan disk dan memory yang tinggi, maka hal itu dapat disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Temukan aplikasi tersebut dan unisntall.


7. Perbaikan Umum untuk Penggunaan Disk dan Memory yang Tinggi pada PC Windows

Karena ini adalah masalah penggunaan disk dan memory yang tinggi, panduan ini akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat memperbaiki penggunaan Disk 100%, penggunaan CPU yang tinggi, penggunaan Memory yang tinggi di Windows 10 atau Windows 11 anda.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki penggunaan Disk dan Memory yang tinggi saat bermain Game di Windows 10 atau Windows 10 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!