Cara Merotasi Video Di Hp 2021

Cara Merotasi Video Di Hp
Cara Merotasi Video Di Hp - Menonton video di Hp memang sangat menyenangkan, terlebih agi video tersebut kesukaan anda, akan tetapi ada beberapa format video yang tidak pas dengan layar alias dalam posisi terbalik.

Sehingga untuk menonton video tersebut terkadang anda harus memutar perangkat smartphone.

Terlebih lagi, masalah ini terkadang muncul disaat kita merekam video menggunakan smartphone dan hasilnya terkadang tidak sesuai dengan harapan.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan merotasi video yang terbalik tersebut agar kita bisa menontonnya.


Apalagi sekarang banyak hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan perangkat smartphone, selain memotret atau berfoto selfie, kamera smartphone juga bisa diandalkan untuk merekam video dalam mengabadikan momen penting.

Bahkan saat ini banyak Vlogger atau Youtuber menggunakan smartphone untuk merekam segala aktifitasnya.


Pembahasan Cara Merotasi Video Di Hp

Jika kita berbicara tentang merekam video menggunakan kamera smartphone, anda mungkin pernah mengalami hal aneh dengan video hasil rekamanmu.

Misalnya posisi atau rotasi video yang tidak sesuai pada saat diputar, video yang seharusnya landscape malah berubah menjadi potrait sehingga tidak nyaman saat anda tonton.

Walaupun bisa diakali menggunakan aplikasi pemutar video tertentu, namun cara ini tidak disarankan karena hanya bersifat sementara.

Apa lagi jika anda ingin meng-upload video tersebut pada sosial media seperti di Youtube, Instagram, atau yang lainnya mau tidak mau anda harus mengedit atau mengubah rotasi video dari potrait menjadi landscape secara permanen.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara merotasi video di Hp yang dapat anda coba lakukan seperti di bawah ini.


Cara Merotasi Video Di Hp


Cara Merotasi Video Di Hp Dan Tutorial Mengubah Video Potrait Menjadi Landscape Dan Sebaliknya Di Android

Cara Merotasi Video Di Hp
Cara Merotasi Video Di Hp Dan Tutorial Mengubah Video Potrait Menjadi Landscape Dan Sebaliknya Di Android
Cara merotasi video di Hp dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Hp Android kesayangan anda yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa didownload secara gratis di Google Play Store.

Nah, pada tutorial kali ini kami akan menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi yang bernama Rotate Video.

Alasan kami menggunakan aplikasi ini antara lain: aplikasinya gratis, tidak ada watermark, dan pastinya sangat mudah digunakan untuk pemula seperti anda.

Berikut ini adalah cara merotasi video di Hp yang bisa anda ikuti, antara lain:
  • Pertama kali yang harus anda lakukan dowload aplikasi Rotate Video di Android langsung dari Google Play Store.
  • Setelah diinstal, langsung anda jalankan aplikasinya.
  • Di halaman awal, pilih menu "Select Video" lalu pilih video yang akan anda ubah rotasinya.
  • Selanjutnya, tekan tombol "Select Rotation" untuk merotasi videonya. Sebagai contoh posisi videonya potrait akan dirubah menjadi landscape.
  • Setelah itu anda mengubah rotasinya, saatnya anda menyimpan atau meng-ekspor video. Caranya tekan tombol "Save" lalu centang pilihan "Original Video" dan jika anda ingin menggunakan suara aslinya, anda tekan "Mute Audio" untuk mematikan suara, atau "Select From Library" untuk mengubah file audio-nya.
  • Terakhir, tunggu proses export video dan audio sampai selesai, lamanya tergantung pada ukuran video yang anda edit.

Nah, cara untuk merotasi video yang terbalik dengan menggunakan Hp dapat anda lakukan juga dengan menggunakan aplikasi inshot.

Selain merotasi video yang terbalik, anda juga bisa mengedit video atau foto menggunakan aplikasi ini dengan menambahkan teks atau font koleksi sendiri sehingga hasil karyamu semakin kece dan beda daripada yang lain.

 Baca Juga : Cara Mengetik Pakai Suara di Android


Akhir Kata

Nah, itulah tutorial bagaimana cara memutar atau merotasi video di Hp Android secara permanen yang bisa anda coba.

Cara diatas bisa membantu anda merubah rotasi video yag ingin anda simpan dari potrait menjadi landscape ataupun sebaliknya.

Jika anda memindahkan video tersebut ke perangkat lain seperti smartphone, PC, atau meng-uploadnya ke Youtube, rotasi video akan tetap menjadi landscape.

Semoga informasi cara merotasi atau memutas video diatas bisa bermanfaat dan jika terasa bermanfaat anda bisa membagikannya ke sosial media lainnya agar teman-teman yang membutuhkannya bisa terbantu.

Apabila ada yang kurang jelas atau yang ingin ditanyakan bisa melalui kolom komentar dibawah ya teman!

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara merotasi video di Hp. Sekian dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merotasi Video Di Hp 2021"